Sukses


FIBA Asia Cup 2022: Timnas Basket Indonesia Tantang China di Playoff, Laga Hidup-Mati

Bola.com, Jakarta - Timnas basket Indonesia dipastikan menantang China pada pertandingan playoff FIBA Asia Cup 2022. Ini menjadi laga hidup mati bagi tuan rumah Indonesia untuk memperebutkan tiket ke perempat final. 

Pertandingan playoff Indonesia kontra China di FIBA Asia Cup 2022 tersebut bakal digelar di Istora Senayan, Jakarta, Senin (18/7/2022). 

China melangkah ke playoff sebagai tim peringkat kedua Grup B setelah mengalahkan Chinese Taipei 95-80 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (16/7/2022) malam. Di perempat final nanti, pemenang laga Indonesia kontra China sudah dinanti Lebanon yang lolos langsung sebagai juara Grup D.

Timnas Indonesia besutan Milos Pejic harus mengalahkan China bila ingin lolos ke delapan besar FIBA Asia Cup 2022.

Hanya dengan lolos delapan besar FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket Indonesia baru bisa bermain di putaran final FIBA World Cup 2023. Jika gagal, Indonesia gagal, Indonesia hanya bisa menjadi penonton saat menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. 

 

2 dari 5 halaman

China Taklukkan Chinese Taipei

Pertandingan China kontra Chinese Taipei berjalan ketat sejak awal. Center China Wang Zelin membuka skor yang dibalas satu free throw masuk William Artino.

Setelahnya, China melesat dengan keunggulan 9-1 lewat tembakan Wang Zelin saat pertandingan baru berjalan 2 menit 20 detik. Chiese Taipei berusaha keras mengejar, tapi masih tertinggal 19-28 di kuarter pertama.

Kuarter kedua, Chinese Taipei bermain lebih taktis. Meskipun relatif bisa mengimbangi, China berhasil menjaga keunggulan dari kuarter pertama dan menambahnya dengan tipis di akhir kuarter kedua untuk unggul 54-43 di halftime.

Chinese Taipei kemudian menggebrak di awal kuarter tiga dengan mencetak lima poin beruntun yang memaksa pelatih Cina Du Feng mengambil time out. Chinese Taipei mengejar tapi kesulitan menempel dengan mengakhiri kuarter ketiga dengan skor 74-65. China yang lebih bertenaga karena merotasi pemain dengan baik kemudian melesat pada kuarter akhir untuk menutup skor 95-80.

 

3 dari 5 halaman

Komentar China tentang Laga Kontra Indonesia

Enam pemain China mencetak dobel digit, yakni Wang Zhelin (17 poin), Sun Minghui (16 poin), Zhao Rui (15 poin), Xu Jie (13 poin), dan Zhou Qi dan Hu Mingxuan yang sama-sama mencetak 10 angka.

"Dibandingkan pertandingan game pertama dan kedua, permainan kami lebih baik karena banyak pemain yang sudah pulih dan bisa memperkuat tim," kata guard China, Zhao Rui. 

"Indonesia bermain bagus, akan susah untuk melawan mereka. Ini tantangan untuk kami agar bermain lebih tenang dengan atmosfer seperti ini dan menjalankan strategi pelatih," imbuhnya. 

4 dari 5 halaman

Pertandingan Penting bagi Indonesia

Sementara itu, Indonesia mengaku senang akan menjalani duel playoff melawan China di FIBA Asia Cup 2022. Itu menjadi salah satu pertandingan penting dalam sejarah bola basket Indonesia, seperti dikatakan pelatih Indonesia Milos Pejic.

"Saya senang dengan permainan kami meskipun kalah. Kami punya dua hari menuju salah satu pertandingan terbesar dalam sejarah bola basket Indonesia," ujar Milos Pejic. 

"Setelah konferensi pers ini, kami hanya memikirkan tentang pertandingan tersebut," imbuh Pejic.

 

5 dari 5 halaman

Siapkan Mental

Indonesia belum pernah memainkan pertandingan sepenting ini sebelumnya. Namun menurut dia, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Kami tidak bisa memilih siapa lawannya. Siapa pun tidak akan berbeda, tekanan pasti sangat besar. Kita lihat saja nanti. Menghadapi lawan nanti, yang pertama saya harus menyiapkan mental. Yang jelas, saya yakin kami akan siap memainkan pertandingan itu," kata Milos, seperti dikutip dari rilis Perbasi. 

 

Video Populer

Foto Populer