Sukses


Jenis Minuman Enak dan Aman bagi Pengidap Diabetes

Bola.com, Jakarta - Diabetes satu di antaranya disebabkan karena mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula yang akhirnya menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat tinggi.

Maka itu, pengidap diabetes harus benar-benar memperhatikan asupan yang hendak dikonsumsi setiap harinya. Jika salah memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi bisa menyebabkan gula darah melonjak tinggi.

Namun, ada beberapa minuman enak dan aman diminum oleh pengidap diabetes, sama seperti orang sehat pada umumnya. Hanya, takaran mengonsumsinya harus disesuaikan untuk mencegah kadar gula darah dalam tubuh meningkat.

Lantas, apa saja minuman enak dan aman untuk pengidap diabetes?

Berikut ini jenis minuman enak dan aman bagi pengidap diabetes, dikutip dari laman Healthline dan Webmd, Senin (18/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jenis Minuman Enak dan Aman bagi Pengidap Diabetes

1. Air Putih

Pertama, air putih yang tentunya aman untuk dikonsumsi semua orang termasuk pengidap diabetes. Alasan air putih aman bagi pengidap diabetes adalah karena tidak mengandung kalori, gula, atau karbohidrat seperti kebanyakan minuman.

2. Susu Almond

Di benua Eropa, susu almond sudah lama populer sebagai pengganti susu sapi. Di Indonesia, susu almond mulai banyak dikonsumsi selama beberapa tahun terakhir. Jenis susu ini merupakan alternatif minuman bagi pengidap diabetes yang ingin meminum susu.

Selain kandungan kalorinya yang hanya 30 persen dari susu sapi, susu almond tawar tidak menaikkan gula darah sama sekali. Selain itu, susu almond memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah dan tinggi protein.

Agar susu almond aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes, pastikan bahwa susu almond bebas dari gula. Khususnya jika pengidap diabetes hendak mengonsumsi susu almond yang dijual dalam kemasan, baca dahulu kandungannya baik-baik sebelum meminumnya.

3. Jus Jeruk

Jus jeruk merupakan satu di antara minuman yang aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Satu cangkir jus jeruk mengandung 26 gram karbohidrat dan dinilai lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi jeruk utuh.

Serat dalam jus jeruk pun dapat membantu pengidap diabetes merasa kenyang. Jika ingin minum jus jeruk, sebaiknya usahakan produk dengan kandungan tiga gram karbohidrat dan 15 kalori.

3 dari 4 halaman

Jenis Minuman Enak dan Aman bagi Pengidap Diabetes

4. Cokelat Panas

Cokelat panas bisa jadi satu di antara minuman yang aman untuk pengidap diabetes dengan cara membuat yang tepat. Anda hanya perlu membuat cokelat panas dengan susu rendah lemak, cokelat hitam, vanila, dan sedikit kayu manis.

Campuran ini akan membuat cokelat tetap enak, tetapi tidak terlalu banyak lemak atau karbohidrat yang terlalu tinggi.

5. Smoothie Buah

Selanjutnya, pengidap diabetes dapat memilih smoothie buah menjadi minuman yang enak dan aman untuk dikonsumsi. Satu gelas smoothie mangga atau sekitar 340 gram mengandung 58,5 gram karbohidrat.

Jumlah tersebut setara dengan gabungan apel dan sandwich. Pengidap diabetes juga dapat membuat smoothie dari campuran blueberi, stroberi, dan pisang.

6. Teh Manis

Sama seperti namanya, teh manis merupakan minuman bercita rasa manis. Meski begitu, teh manis tetap aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

Pengidap diabetes dapat mengganti gula pasir dengan gula diet kemasan nol kalori dan merebus teh dengan buah beri.

4 dari 4 halaman

Jenis Minuman Enak dan Aman bagi Pengidap Diabetes

7. Air Seltzer

Minuman selanjutnya yang enak dan aman untuk pengidap diabetes adalah air seltzer. Air seltzer adalah minuman alternatif berkarbonasi yang bebas gula. Seperti air biasa, air seltzer bebas kalori, karbohidrat, dan gula.

8. Kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang biasanya terbuat dari teh hitam atau teh hijau.

Kombucha bagus untuk pengdidap diabetes melitus tipe 2 karena dapat meningkatkan kontrol gula darah. Khasiat itu didapat karena kombucha merupakan sumber probiotik, jenis bakteri menguntungkan yang ditemukan di usus.

Meski kandungan nutrisi yang tepat dapat bervariasi tergantung pada jenis, merek, dan rasa tertentu, porsi satu cangkir kombucha biasanya mengandung sekitar tujuh gram karbohidrat. Hal itu menjadikannya pilihan tepat untuk diet rendah karbohidrat.

9. Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman rehidrasi yang terdiri dari 94 persen air dan kalori yang sangat rendah. Selain itu, air kelapa mengandung vitamin B, potasium, dan asam amino. Meski begitu, air kelapa baiknya tidak dikonsumsi berlebihan setiap harinya.

 

Sumber: Healthline, Webmd

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer