Sukses


Pengertian Teks Argumentasi, Kenali Tujuan, Struktur, Ciri, dan Langkah Menyusunnya

Bola.com, Jakarta - Teks argumentasi adalah satu di antara materi yang dibahas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Lantas, apa yang dimaksud dengan teks argumentasi?

Teks argumentasi adalah sebuah tulisan yang membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data atau fakta sebagai alasan/bukti.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks argumentasi adalah teks yang berisi mengenai alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan.

Biasanya teks argumentasi menjadi landasan dalam teks debat. Pasalnya, di dalam jenis teks ini menyajikan suatu bentuk retorika yang memengaruhi sikap atau pendapat orang lain.

Di sisi lain, teks argumentasi juga bisa disebut sebagai teks yang berisi pendapat disertai dengan data dan fakta sebagai alasan atau bukti nyata untuk membuktikan kebenaran dari suatu pendapat.

Adapun tujuannya agar pembaca menjadi yakin atas kebenaran yang disampaikan penulis. Dengan begitu, teks argumentasi bukan hanya sebuah omong kosong atau opini dari penulis saja. Pembaca akan merasa yakin hingga pada akhirnya sependapat dengan sang penulis.

Nah, untuk lebih memahaminya, berikut pembahasan mengenai teks argumentasi, seperti dikutip dari laman Gurupendidikan dan Sobatsekolah, Rabu (20/7/2022).

2 dari 5 halaman

Tujuan Teks Argumentasi

Teks argumentasi memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca agar bisa menerima, mengambil, atau terpengaruh oleh isi atau pernyataan yang ada di dalam teks argumentasi.

Teks argumentasi juga biasanya memilki tujuan untuk membuktikan suatu kebenaran yang dilengkapi dengan data atau fakta sebagai alasan atau pembenaran pendapatnya dari pembaca.

Teks argumentasi bersifat nonfiksi sehingga hal yang disampaikan selain logis juga menggunakan bahasa yang baku dan tidak ambigu.

Kalimat yang terdapat di dalam teks argumentasi berbentuk kalimat tunggal yang bertujuan untuk membuktikan suatu kebenaran sehingga dapat meyakinkan pembaca mengenai kebenaran tersebut.

Meski bersifat meyakinkan pembaca, teks argumentasi tidak berarti mengajak orang lain untuk mengikuti opini di dalam teksnya.

3 dari 5 halaman

Struktur Teks Argumentasi

  • Pendahuluan; Bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, memusatkan perhatian pembaca kepada argumen yang akan disampaikan, atau menunjukkan dasar-dasar mengapa argumentasi dikemukakan.
  • Tubuh Argumen; Ditujukan untuk membuktikan kebenaran yang disampaikan dalam argumen. Kebenaran yang disajikan dalam tubuh argumen harus dianalisis, disusun, dan disajikan melalui observasi, eksperimen, penyusun fakta dan cara pikir yang logis.
  • Kesimpulan atau Ringkasan; Bertujuan untuk membuktikan kepada pembaca bahwa kebenaran yang disampaikan melalui proses penalaran memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.
4 dari 5 halaman

Ciri-ciri Teks Argumentasi

  • Isi teks argumentasi memberikan penjelasan mengenai gagasan, pendapat, atau keyakinan yang ditulis penulis.
  • Teks argumentasi memerlukan fakta yang dilengkapi dengan data-data yang valid.
  • Teks argumentasi berisi mengenai teks yang memberikan pendapat, tetapi juga disertai data yang jelas. Data yang terdapat di teks argumentasi biasanya berupa angka, peta, grafik, atau gambar.
  • Dalam membuat teks argumentasi diperlukan sumber atau sintesis, yang artinya rangkuman baru yang dibutuhkan di dalam suatu teks.
  • Teks argumentasi juga harus mendapat sumber dari pengalaman, hasil penelitian, dan bahan bacaan yang memang sudah tervalidasi.
  • Analisis yang dilakukan atau terdapat di dalam teks argumentasi dilakukan dengan cara membedakan atau memisahkan dan menggolongkan sesuatu. Kemudian, hasil dari analisis yang sudah ditemukan dapat dirangkum dan disusun menjadi tulisan baru sesuai dengan topik bahasan. Sintesis di sini harus dilakukan secara objektif dan kritis.
  • Teks argumentasi biasanya diakhiri dengan menulis simpulan dan kalimat penutup yang digunakan untuk memperkuat argumentasi.
5 dari 5 halaman

Langkah Menyusun Teks Argumentasi

  • Menentukan topik atau tema yang akan dibahas dalam sebuah teks argumentasi.
  • Menentukan tujuan dari penulisan, untuk meyakinkan atau mencari dukungan.
  • Mengumpulkan berbagai data yang dijadikan sebagai bukti dalam penulisan.
  • Memilih jenis pola pengembangan untuk setiap paragraf dalam tulisan.
  • Membuat kerangka paragraf, isinya dari gagasan utama dan gagasan pendukung.
  • Melengakpi dan mengembangkan paragraf menjadi serangkaian yang utuh.

 

Sumber: Gurupendidikan, Sobatsekolah

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer