Sukses


Contoh-Contoh Teks Argumentasi yang Bisa Diperhatikan dan Dipahami

Bola.com, Jakarta - Teks argumentasi merupakan satu di antara bentuk tulisan yang cukup persuasif terhadap pembaca, terutama yang menyukai fakta dan data.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks argumentasi adalah alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian atau gagasan.

Jadi, teks argumentasi sebuah landasan untuk memperkuat ide atau pendapat disertakan data pendukung yang ditulis berdasarkan alasan, bukti, dan fakta yang terjadi.

Adapun tujuan teks argumentasi untuk membuat atau memengaruhi pembaca agar menerima data dan fakta yang disajikan serta sependapat dengan penulis.

Biasanya, teks argumentasi dikembangkan dengan pola penalaran sebab akibat. Dengan kata lain, teks argumentasi menyampaikan sebab-sebabnya terlebih dahulu, kemudian diakhiri dengan pernyataan.

Bentuk dari teks argumentasi bisa berupa pernyataan umum atau generalisasi berupa data hasil temuan penelitian, pernyataan ahli, atau fakta dari referensi yang bisa dipercayai.

Untuk memudahkan menulis teks argumentasi, kamu bisa memahami setiap contoh-contohnya. Ada banyak contoh teks argumentasi yang bisa diperhatikan.

Berikut ini kumpulan contoh teks argumentasi, seperti dikutip dari laman Sekolahnesia dan Pengajar, Selasa (19/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Teks Argumentasi tentang Pendidikan

Menurut Dzulfikar, saat ini masyarakat harus sudah dapat mengubah pandangan bahwa setiap lulusan SMP harus masuk ke SMA. Padahal, apabila seorang anak memiliki bakat tertentu maka jalur profesi yang seharusnya dipilih sehingga akan lebih baik anak tersebut masuk SMK.

Dalam paparannya, Dzulfikar juga mengatakan bahwa akan berisiko apabila siswa lulusan SMP sembarangan dalam memilih sekolah lanjutan. Contohnya, apabila siswa lulusan SMP yang tidak memiliki bakat dalam bidang akademik, tetapi terpaksa harus masuk SMA, siswa tersebut akan sulit untuk lulus karena dalam mengikuti pelajaran mengalami kesulitan.

Apabila tidak lulus dari jenjang SMA, mustahil siswa tersebut bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Kemudian pada akhirnya, siswa tersebut hanya akan menjadi pengangguran. Hal ini disebabkan karena pelajaran yang didapat sewaktu SMA tidak memberikan bekal untuk terjun ke dunia kerja.

3 dari 6 halaman

Contoh Teks Argumentasi tentang Kesehatan

Banyak zat berbahaya yang terdapat di dalam sebatang rokok. Ketika Anda mengisap rokok, memang terasa nikmat. Akan tetapi, sebenarnya rokok justru merusak tubuh secara perlahan-lahan karena racun dari zat berbahaya yang ada di dalamnya.

Di dalam rokok terdapat banyak zat yang dapat membuat ketagihan atau disebut dengan zat adiktif. Zat yang dapat membuat ketagihan yang terkandung di dalam rokok yaitu aceton. Aceton merupakan suatu zat yang sering kali digunakan sebagai zat pembersih kuku.

Bau dari zat aceton ini sebenarnya sangat memabukkan, akan tetapi karena di dalam rokok bercampur dengan zat lain sehingga baunya hilang.

4 dari 6 halaman

Contoh Teks Argumentasi tentang Cinta

Semua orang memang memiliki hak akan cinta. Setiap orang juga berhak untuk mencintai sesuatu yang memang dicintainya, akan tetapi bagi pandangan dari sedikit orang mungkin berpendapat bahwa apabila terdapat cinta di antara sahabat maka yang harus dipilih adalah sahabat. Tentu hal tersebut tidak memandang sebesar apa cinta yang ada.

Apabila melihat orang yang dicintai bergandengan dengan orang lain, rasanya mungkin sangat sakit, tetapi perlu diingat bahwa rasa sakit tersebut jangan sampai menimbulkan rasa benci apalagi kepada sahabat sendiri.

Bagi orang yang memiliki anggapan seperti itu, tentu dia menganggap bahwa sahabat lebih penting dari apa pun, bahkan cinta tidak mengalahkan persahabatan. Hal itu membuat sebagian orang rela kehilangan cinta dibandingkan kehilangan sahabatnya.

5 dari 6 halaman

Contoh Teks Argumentasi tentang Lingkungan

Musim kemarau pada tahun ini merupakan kemarau terparah dalam kurun 10 tahun terakhir. Hujan tak turun selama enam bulan mengakibatkan tanah dan sumber air menjadi kering. Menurut BMKG, tahun ini hujan diprediksi turun pada bulan depan.

Jika hal itu terjadi, bisa dipastikan bahwa kemarau tahun ini bukanlah kemarau yang biasa, dikarenakan terjadi selama tujuh bulan. Padahal, berdasarkan data yang diberi tahu oleh BMKG tahun lalu, kemarau biasanya cuma terjadi selama lima bulan.

Dengan demikian, petani banyak yang merugi karena gagal panen akibat tidak ada air yang mengairi sawah mereka.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Argumentasi tentang Lalu Lintas

Ada banyak kasus tilang bulan ini. Inilah yang dikatakan POLRI di wilayah Sumatera Selatan.I tu artinya terdapat berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh penduduk.

Menurut data kasus tilang lalu lintas, kebanyakan dari mereka tidak memakai helm. Penting memakai helm bagi pengemudi karena ia perlu berjaga-jaga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat mengemudi.

Kebanyakan mereka tidak peduli dengan keamanan dan meremehkan sehingga terus melakukan pelanggaran ini. Kami pikir mereka akan berjalan dengan baik dalam lalu lintas. Namun buktinya tidak, masih banyak kecelakaan di Indonesia.

Maka itu, penting untuk tetap waspada terhadap masalah ini. Polisi juga harus terus menghindari warga yang terus membandel. Demi kebaikan mereka sendiri sehingga hal-hal kecil yang tidak diinginkan tidak terjadi.

 

Sumber: Sekolahnesia, Pengajar

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer