Sukses


6 Macam Bacaan Selawat Nabi dan Arti, Ketahui Manfaat bagi yang Melafalkannya

Bola.com, Jakarta Membaca Selawat Nabi Muhammad saw memiliki banyak manfaat bagi kehidupan umat Islam, terlebih bagi mereka yang sedang mencari berkah dari Allah swt.

Nabi Muhammad adalah junjungan bagi setiap muslim yang beriman, sehingga tak salah jika dalam melafalkan selawat nabi secara rutin akan mendatangkan berkah.

Selawat Nabi juga merupakan bentuk penghormatan kepada Baginda Rasulullah saw, seperti yang tercantum dalam ayat Al-Qur'an pada surat An-Nisa ayat 86 yang artinya:

"Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu."

Selain itu, ada pula hadis nabi tentang selawat. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, berselawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan selawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada." (HR. Abu Daud)

Itulah mengapa umit muslim yang dimuliakan oleh Allah perlu menyadari bahwa selawat nabi bukanlah sebuah pelafalan saja, tapi juga bisa mendatangkan berbagai manfaat untuk kehidupan di dunia dan akhirat.

Berikut enam macam bacaan selawat Nabi beserta arti dan manfaat melafalkannya, disadur dari Merdeka, Selasa (19/7/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Bacaan Selawat Nabi

Selawat Fatih

Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.

Artinya:

"Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada Nabi Muhammad saw., sebagai pemuka sesuatu yang terkunci dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung".

 

Selawat Nariyah

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah selawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan embusan napas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

 

Selawat Matsurah

Allaahumma sholli alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aalihi wasallim.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah selawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya."

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Bacaan Selawat Nabi

Selawat Mukafaah

Allohumma sholli ala sayidina muhammadin wa ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu,addi biha anna haqqohul adzim.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam, dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw. yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah Swt., yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya."

 

Selawat Ibrahimiyah

Allahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad waalaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita alaa sayyidinaa ibraahiima waalaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta alaa sayyidinaa alaa sayyidinaa ibraahima wa alaa aali sayyidina ibraahima, fil aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya:

"Ya Allah, berilah kasih sayang kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayang-Mu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya di antara makhluk makhluk-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia."

 

Selawat Nur Al-Anwar

Allahumma Shalli Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari Adada Niamillaahi Wa Ifdhaalih.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Maha Kuasa dan karunia-Nya."

4 dari 4 halaman

Manfaat Membaca Selawat Nabi

Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, "Barangsiapa yang berselawat kepadaku satu kali maka Allah akan berselawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya."

Bila mendamba hidup penuh berkah maka membaca selawat adalah kuncinya. Hidup akan lebih bermakna, mendapat ketenangan, dan mendapat berkah dari Nabi Muhammad saw.

Berikut sejumlah manfaat dan keutamaan selawat kepada Nabi Muhammad saw:

- Menghilangkan Kesedihan

Hidup tidak bisa luput dari persoalan, mulai dari masalah yang ringan hingga berat. Namun, bila menyertai keseharian dengan membaca selawat maka hidup akan lebih bahagia.

- Rasa Cinta kepada Nabi Muhammad

Membaca selawat termasuk hak yang harus ditunaikan oleh umat Islam kepada junjungannya, Nabi Muhammad saw.

- Mendapat Kebahagiaan dan Ketenangan Hati

Siapa yang ingin mendapat kebahagiaan dalam hidup maka bacalah selawat dalam hari-hari sehingga mendapat ketenangan jiwa dan merasakan manisnya imam kepada Allah.

Selain itu ketenangan batin serta hati menjadi jaminan wajib yang didapatkan bagi mereka yang selalu senantiasa membaca selawat nabi.

- Memudahkan Terkabulnya Doa

Bila ingin doanya cepat dikabulkan oleh Allah, bacaan selawat harus dibaca sebelum memanjatkan keinginan kepada Allah.

- Menyembuhkan Penyakit

Barang siapa yang sedang terkena suatu penyakit maka berdoalah kepada Allah Swt. dan membaca selawat. Dengan itu Allah akan memberikan kemudahan dalam mengangkat penyakitnya.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana. Published: 20/4/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer