Sukses


Kumpulan Contoh Teks Berita, Lengkap Sesuai Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Penyampaian informasi dapat dilakukan melalui berbagai media.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita mempunyai arti cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwan yang hangat. Jadi, bisa disimpulkan, berita merupakan teks berisi informasi yang baru atau sedang terjadi.

Ada juga yang mengatakan, berita adalah informasi baru yang disajikan dalam pembacaan dan penulisan yang jelas, aktual, dan menarik. Berita ditulis berdasarkan fakta, tetapi tidak semua fakta dapat dijadikan berita.

Hanya kejadian yang baru, penting, dan bermakna yang berpengaruh pada para pendengar atau pembacanya serta relevan dan layak dinikmati oleh mereka, yang biasanya dijadikan berita.

Dalam menyusun teks berita diperlukan keterampilan serta penguasaan dasar penulisan agar pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti serta tersampaikan dengan baik pada masyarakat.

Setelah kamu memahami pengertian teks berita tersebut, cobalah perhatikan contohnya. Ada banyak contoh teks berita yang bisa dipahami.

Berikut ini beberapa contoh teks berita yang bisa dipahami, dilansir dari sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id, Rabu (20/7/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Berita

Riko Simanjuntak Bawa Kemenangan Persija atas TIRA Persikabo

Persija Jakarta berhasil mengalahkan TIRA Persikabo pada pertandingan uji coba di Lapangan PSNN, Depok, Selasa 15/9, pekan ini. Riko Simanjutak disebut menjadi pahlawan kemenangan Macan Kemayoran lewat satu gol yang dicetaknya.

Dalam pertandingan tersebut Persija menurunkan komposisi pemain terbaiknya, termasuk Riko Simanjuntak. Berkali-kali Macan Kemayoran terus merepotkan lini pertahanan TIRA Persikabo. Hingga akhirnya pada menit ketujuh, Persija mampu memecah kebuntuan. Riko mencatatkan namanya di papan skor setelah membobol barisan pertahanan TIRA Persikabo.

Usai gol tersebut pertandingan makin menarik karena Persija dan TIRA Persikabo tak berhenti saling melancarkan serangan satu sama lain. Belum lagi ditambah dengan hujan deras yang turun sejak menit ke-20 membuat laga makin menegangkan.

Sayangnya hujan deras itu tak kunjung mereda dan wasit memutuskan menghentikan pertandingan pada menit ke-30 karena genangan air membuat bola sulit untuk bergulir. Persija akhirnya dinyatakan memenangkan pertandingan dengan skor 1-0.

Sudirman, pelatih Persija, mengungkapkan merasa senang dengan permainan yang diperlihatkan anak asuhnya. Ia mengapresiasi seluruh pemain yang telah menunjukkan kemampuan bermain luar biasa dan tampil sangat baik.

TIRA Persikabo merupakan klub Liga 1 pertama yang diajak oleh Persija untuk melakukan pertandingan uji coba. Sebelumnya, Ismed Sofyan dan kawan-kawan mengalahkan Persija Elite Pro Academy dengan skor 3-1.

Uji coba melawan TIRA Persikabo ini diadakan sebagai persiapan Persija jelang berjalannya kembali lanjutan Liga 1 musim ini. Juara Piala Presiden 2018 ini sudah berlatih sejak beberapa pekan lalu. 

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Berita

Rio Haryanto Resmi Jadi Pembalap F1

Rio Haryanto, pembalap muda asal Indonesia, boleh tersenyum bangga. Halangan yang sempat merintang akhirnya secara bertahap bisa disingkirkan. Impiannya menjadi pembalap di Formula One(F1) terwujud.

Tim asal Inggris, Manor Racing, telah mengumumkan, Kamis (18/2), untuk menjadikan Rio sebagai pembalap kedua. Kesempatan itu membuat Rio akan bersaing dengan pembalap beken dunia, seperti Louis Hamilton, Fernando Alonso, dan Kimi Raikonnen, pada seri balapan F1 2016.

Bagaimana pembalap kelahiran Solo itu merintis kariernya di dunia balapan? Karier itu ia mulai ketika tampil pada balapan tingkat Asia. Ia memperkuat Asia Racing Team pada 2008.

Pada seri ini, Rio ikut untuk tiga seri, yaitu Asian Formula Renault Challenge, Formula Asia 2.0, dan Formula BMW Pacific. Pembalap kelahiran 22 Januari 1993 itu meraih prestasi perdannya di pentas Formula Asia 2.0. Di situ, ia meraih juara tiga usai memenangkan dua balapan.

Terpicu dengan pencapaian pada tahun perdana, Rio kian semangat. Ia terus memperlihatkan kebolehannya di balik kemudi roda empat. Pada 2009, ia mengikuti Australian Drivers Championship dan Asian Formula Renault Challenge Formula BMW Pacific.

Saat itu Rio memprioritaskan ajang Formula BMW Pasific. Alasannya, ajang itu sangat bagus untuk loncatan kariernya. Pada seri ini, ia memperkuat Questnet Team Qi-Meritus. Hasilnya fantastis. Rio memenangkan 11 dari 15 kali balapan. Hasil itu membuat Rio menjadi juara dengan raihan 250 poin pada klasemen akhir.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Berita

Nadiem Makarim Mendirikan GoJek

Banyak entrepreneur di Indonesia yang mulai bermunculan, satu di antaranya Nadiem Makarim. Harus diakui, Indonesia belum memiliki entrepreneur yang memiliki bisnis sekelas Mark Zuckerberg pendiri Facebook atau Drew Houston pendiri DropBox. Satu hal yang harus diapresiasi, entrepreneur di Indonesia sudah mulai tumbuh dan bisnis modelnya menjadi sangat kreatif.

PT GoJek Indonesia merupakan penyedia jasa transportasi ojek di Indonesia yang berkembang pesat setelah meluncurkan aplikasi di ponsel pada awal 2015. Pada awalnya, Nadiem Makarim adalah seorang pengguna jasa ojek. Ia melihat permasalahan utama tukang ojek adalah waktu tidak produktif yang besar, seperti mangkal dan menunggu penumpang. Saat di pangkalan ojek, pengemudi ojek harus bergiliran dengan pengemudi ojek lainnya. Di sisi lain, para pengguna ojek juga merasa malas untuk berjalan mencari pangkalan ojek.

Berdasarkan riset tersebut, Nadiem mendapatkan ide awal untuk melakukan inovasi bagaimana cara menghubungkan pengendara ojek dengan calon pembelinya. Satu di antara solusinya adalah dengan menggunakan ponsel. GoJek dirintis pada 2011 dengan menggunakan sistem yang masih sederhana, yaitu calon penumpang menghubungi melalui telepon, atau kirim sms.

Saat ini Nadiem telah membuktikan prestasi yang luar biasa, setidaknya ada lebih 10 ribu sopir ojek yang tergabung dalam GoJek. Satu di antara sumber peningkatan yang drastis karena adanya aplikasi berbasiskan Android.

Model bisnis yang diterapkan GoJek adalah skema bagi hasil dengan sopir ojek. GoJek hanya mengambil bagian 20 persen dan sisianya 80 persen adalah bagian pengendara ojek. GoJek memberikan fasilitas kepada sopir berupa jaket, helm, dan HP Android. Terakhir terdapat pemberitaan GoJek juga memberikan perlindungan asuransi kesehatan dan kecelakaan kepada supir.

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer