Sukses


Macam-Macam Keutamaan Sedekah di Hari Jumat yang Luar Biasa

Bola.com, Jakarta - Banyak keberkahan dilimpahkan pada hari Jumat. Bahkan, Rasulullah saw. menganjurkan umat muslim untuk senantiasa memperbanyak amalan ibadah di hari Jumat, termasuk sedekah.

Sedekah merupakan satu di antara amalan ibadah yang sangat dicintai dan disenangi oleh Allah Swt. serta besar ganjaran pahalanya.

Bahkan, Allah Swt. memuji orang yang bersedekah tidak hanya dalam satu ayat, tetapi di beberapa ayat di Al-Qur’an, dan satu di antaranya:

"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka." (QS. Al-Baqarah ayat 3).

Demikian pula di beberapa hadis Rasulullah menyampaikan beberapa keutamaan bersedekah, satu di antaranya:

"Tidaklah seorang hamba memperbaiki sedekahnya kecuali Allah memperbaiki pengganti atas harta tinggalannya." (HR. Ibnu al-Mubarak).

Untuk melakukan sedekah, bisa dalam bentuk apa pun. Tidak selalu harus berbentuk harta atau materi saja, melainkan segala sesuatu yang bersifat nonharta. Hal paling sederhana seperti memberikan sebuah senyuman kepada orang lain, bisa disebut juga sebagai sedekah.

Berikut ini macam-macam keutamaan sedekah di hari Jumat yang luar biasa, dikutip dari laman mui.or.id dan Dalamislam, Jumat (22/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

1. Diberikan Pahala yang Berlimpah

Keutamaan sedekah yang pertama adalah diberikan pahala yang berlimpah. Terlebih lagi jika sedekah dilakukan pada hari Jumat. Hari Jumat merupakan hari yang istimewa terutama bagi umat muslim.

Sebab, hari Jumat merupakan hari terbaik maka semua perbuatan baik yang dilakukan juga pasti akan bernilai kebaikan, terlebih sedekah yang akan menjadi ladang pahala sebagaimana juga sunah Rasulullah.

2. Setara dengan Pahala Sedekah di Bulan Ramadan

Sedekah di hari Juamt memiliki keutamaan lain, yakni sama ataupun setara dengan keutamaan sedekah di bulan Ramadan. Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah sehingga pastinya nilai kebaikan dan amalan yang terkandung di dalamnya akan sangat mulia. Sebagaimana dalam hadis berikut ini:

Ibnu Qayyim berkata, "Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadan dibandingkan sedekah di bulan–bulan selainnya".

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

3. Membuka Pintu Rezeki

Sedekah merupakan satu di antara cara untuk dapat membuka pintu rezeki dan amalan hari Jumat bagi wanita. Sedekah tidak akan mengurangi sedikit pun jumlah harta kekayaan.

Justru sebaliknya sedekah akan makin memperkaya diri. Sebagaimana dalam hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berikut ini:

"Barang siapa yang orientasinya adalah urusan akhirat, niscaya Allah meletakkan kekayaannya di dalam jiwanya. Sebagaimana Allah juga akan menyatukan urusannya dan kekayaan dunia akan menghampirinya dengan mudah.

Namun sebalikya, orang yang orientasinya adalah urusan dunia, niscaya Allah jadikan kemiskinannya ada di depan matanya. Sebagaimana Allah juga mencerai-beraikan urusannya dan tiada kekayaan dunia yang menghampirinya selain yang telah Allah tentukan untuknya." (HR. At Tirmidzi dan lainnya).

4. Hari yang Dianjurkan untuk Melakukan Amalan Saleh

Dianjurkan memperbanyak sedekah dan beramal saleh di hari Jumat atau malam Jumat. Memperbanyak selawat untuk Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam di malam atau siang hari Jumat. Berdasarkan hadis:

"Sesungguhnya hari yang paling afdal adalah hari Jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca selawat untukku. Karena selawat kalian diperlihatan kepadaku." (Al-Iqna', 1/170)

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

5. Memperkuat Tali Silahturahmi

Sebagai makhluk sosial, kita tidak akan pernah mengetahui kapan kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Dengan memperbanyak sedekah khususnya di hari Jumat, bisa dijadikan sebuah cara untuk menambah keluarga baru, kerabat baru atau teman baru.

Sebab, kita tidak akan pernah mengetahui seperti apa kehidupan seseorang kelak dan saat kita membutuhkan bantuan, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan membantu kita.

6. Sedekah Akan Dibalas 700 Kali Lipat

Dalam Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 261,

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Dalam ayat tersebut, Allah sudah dengan jelas menyebutkan perhitungan sistematis atas apa yang sudah kita keluarkan dari harta untuk bersedekah. Apabila dari perhitungan matematis ayat di atas, sedekah yang sudah diberikan khususnya untuk hari Jumat akan dibalas sampai 700 kali lipat dan Allah juga menekankan akan membalas sedekah untuk siapa pun yang Allah Swt. kehendaki.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

7. Mendapatkan Limpahan Karunia

Sedekah di hari Jumat akan mendatangkan limpahan karunia dari Allah Swt. Dalam Islam, hari Jumat merupakan hari yang memiliki nilai yang amat spesial sehingga tidak salah kemudian sedekah pada hari Jumat untuk mendapatkan limpahan karunia dari Allah Swt.

8. Anjuran Rasulullah saw.

Sedekah di hari Jumat merupakan satu di antara anjuran Rasulullah saw. Sebagaimana jenis amalan yang lainnya. Alam Tuhfah al-Habib 'ala Syarh al-Khatib tentang hari Jumat disebutkan jika:

"Disunahkan memperbanyak sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jumat. Juga disunahkan memperbanyak salat atas Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam di siang dan malam harinya berdasarkan khobar."

 

Sumber: mui.or.id, Dalamislam

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer