Sukses


Keutamaan Melafalkan Selawat di Hari Jumat, Bisa Jadi Sumber Pahala

Bola.com, Jakarta Membaca selawat Nabi Muhammad saw. bisa menajdi ladang pahala bagi umat muslim, terlebih bagi mereka yang sedang mencari berkah dari Allah swt.

Selawat yang dilafalkan oleh umat muslim juga merupakan hak yang diberikan kepada Nabi Muhammad saw. dan telah diperintahkan oleh Allah Swt.

Melafalkan selawat nabi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, ada satu waktu yang bisa memberikan ganjaran lebih ketika kita berselawat, yaitu pada hari Jumat.

Saat kita melafalkan selawat di hari Jumat, ada banyak keutamaan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat nanti.

Beberapa di antaranya, kita akan mendapat pahala berlebih dan doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah Swt.

Berikut keutamaan melafalkan selawat di hari Jumat, seperti dikutip dari laman Dalamislam, Jumat (22/7/2022)

2 dari 4 halaman

Keutamaan Melafalkan Selawat di Hari Jumat

Mendapatkan Syafaat

Keutamaan berselawat di hari Jumat adalah akan mendapatkan syafaat kelak di hari kiamat. Dari 'Abdullah bin 'Amr, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

"Barang siapa berselawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa'atku pada hari kiamat nanti." (Hadis ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah 'alan Nabiy no. 50, Isma'il bin Ishaq Al Jahdiy. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani)

Menambah Pahala

Keutamaan yang kedua pastinya adalah sebagai cara untuk menambah pahala. Apalagi hari Jumat memiliki makna yang baik dan istimewa bagi umat muslim. Maka itu, untuk mendapatkan ladang pahala yang berlimpah, sebaiknya memperbanyak selawat nabi pada hari Jumat.

Namun, jika ingin melakukan pada hari lainnya akan lebih baik lagi, bahkan dianjurkan setiap hari dapat memanjatkan selawat nabi.

Dibalas Dengan Shalawat Sebanyak 10 Kali

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Perbanyaklah kalian membaca selawat kepadaku pada hari dan malam Jumat, barang siapa yang berselawat kepadaku sekali niscaya Allah berselawat kepadanya sepuluh kali."

3 dari 4 halaman

Keutamaan Melafalkan Selawat di Hari Jumat

Alasan Diampuninya Dosa

Selawat nabi pada hari Jumat merupakan satu di antara alasan di balik diampuninya dosa, sebagaimana doa agar keinginan tercapai.

Maka itu, makin Anda rutin dan banyak mengumandangkan selawat tentunya hal tersebut dapat mengurangi jumlah dosa yang Anda miliki.

Meski demikian tentunya jangan sampai mengabaikan perkara ibadah yang lainnya. Sebab jika dilakukan secara berlebihan, Allah Swt. tidak menghendakinya. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Jauhkanlah diri kalian dari ghuluw (berlebih-lebihan) dalam agama, karena sesungguhnya sikap ghuluw ini telah membinasakan orang-orang sebelum kalian."

Dapat Mengabulkan Do’a

Dalam kitab Nawadirul Hikayah karya Syaikh Syihabuddin bin Salamah Al Qulyuby termaktub hadis:

Artinya: diriwayatkan dari Anas radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah salallahu 'alaihi wasalam bersabda: "Barang siapa bersealawat kepadaku di hari Jumat 100 kali, maka Allah akan mengabulkan baginya 100 hajat (kebutuhan), yang 70 dari kebutuhan akhirat dan 30 dari kebutuhan-kebutuhan duniawi. Dan Allah membebankan selawat tersebut kepada malaikat hingga menghaturkannya ke kuburanku, layaknya (cahaya) hidayah yang masuk kepada kamu sekalian, dan malaikat memberi tahu akan namanya, kemudian aku menetapkannya di sampingku di dalam lembaran yang putih bersih, dan dengan selawatnya, aku mencukupinya (memberi syafaat) kelak di hari kiamat."

Bentuk Ketaatan Kepada Allah

Selawat nabi pada hari Jumat juga menjadi bentuk ketaatan umat manusia kepada Allah Swt. Hal ini merupakan lambang bagaiman setiap umat manusia dapat memuja dan memuji Rasulullah saw. yang turun ke bumi untuk menyampaikan ajaran yang sempurna dan bersumber dari Allah Swt. Apa lagi di hari Jumat yang istimewa maka akan makin menunjukkan ketaatan.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Melafalkan Selawat di Hari Jumat

Pujian Keagungan Terhadap Rasul

Manusia biasanya dipuji melalui pujian dan sanjungan atau bahkan lewat pemberian hadiah. Namun, tentunya pujian yang pantas diberikan kepada Junjungan kita lebih dari itu.

Satu di antara cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyanjungkan pujian melalui selawat. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan hal ini. Cukup meluangkan waktu sejenak pada hari Jumat dan melafalkan puji pujian selawat untuk nabi.

Cara Tepat Untuk Mengingat Rasul 

Selawat nabi merupakan satu di antara cara untuk terus mengingat rasul. Barang siapa yang terus mengingat Rasullullah saw. maka hal tersebut menunjukkan tanda cinta kepadanya dan pengampuanan dari dosa besar dalam Islam.

Meningkatkan Keimanan

Berselawat di hari Jumat merupakan satu di antara cara untuk meningkatkan keimanan. Hal ini tentunya akan membuat iman seseorang makin tebal dan kuat.

Dengan begitu, akan selalu dijauhkan dari berbagai sumber godaan dan maksiat sebagaimana manfaat selawat nariyah. Pada akhirnya akan mendapatkan ganjaran berupa limpahan pahala dan dimasukkan orang-orang yang beruntung di surga kelak.

Berada Paling Dekat Dengan Rasul Saat Hari Kiamat

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Perbanyaklah selawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena selawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak berselawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadis ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-)

 

Sumber: Dalamislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer