Sukses


Ciri dan Fungsi Norma Kesopanan beserta Contohnya

Bola.com, Jakarta - Norma kesopanan merupakan ketentuan atau batasan perilaku hidup bermasyarakat yang menunjukkan suatu tindakan dapat dikategorikan sopan atau tidak sopan.

Maka itu, dalam bermasyarakat kita perlu memahami bahwa kenyataan sosial pada kehidupan menunjukkan acuan-acuan nilai kesopanan yang relevan. Hal ini terkait makna apabila sesuatu dapat dibedakan ke dalam istilah sopan atau tidak, serta kecenderungan pada dimensi ruang dan waktu tertentu.

Norma kesopanan juga bisa diartikan sebagai sebagai suatu serangkaian peraturan mengenai tingkah laku yang bersumber dari unsur kebudayaan, adat istiadat, atau tradisi yang berkembang di suatu wilayah, diajarkan melalui lingkungan pergaulan anggota masyarakat dan menjadi pedoman dalam berinteraksi antarsesama manusia.

Norma kesopanan bersifat relatif dikarenakan setiap tempat, wilayah, lingkungan sosial, dan waktu memiliki kategori norma kesopanannya yang beraneka ragam dengan pemaknaan yang berlainan.

Dalam penerapan kehidupan masyarakat sehari-hari, norma ini wajib diterapkan untuk mencapai tujuan yang diharapkan yaitu keteraturan sosial di dalam kehidupan masyarakat.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman terkait norma kesopanan dan contohnya, dilansir dari laman dosensosiologi.com, Senin (25/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ciri Norma Kesopanan

Berikut ini beberapa ciri norma kesopanan:

1. Norma kesopanan tercipta dari pergaulan atau interaksi sosial antaranggota masyarakat

Adanya beragam macam interaksi sosial yang terjalin antarmasyarakat satu dengan masyarakat lainnya, serta hubungan pergaulan yang terjalin pada kenyataan sosial yang dijumpai mampu menciptakan norma kesopanan dalam kehidupan.

2. Norma kesopanan relatif bersifat lokal atau kedaerahan, tidak berlaku di tempat yang berlainan

Pada suatu wilayah atau daerah tertentu terkonstruksikan norma kesopanan, yang tidak dijumpai norma yang serupa di wilayah atau tempat lain. Dalam hal ini, norma kesopanan relatif bersifat lokal, yang bergantung pada daerah tertentu.

3. Keberadaan sanksi meliputi celaan, kritikan, atau dikucilkan dari masyarakat setempat

Satu di antara ciri yang melekat pada norma kesopanan adalah terdapatnya makna sanksi yang didapatkan adalah relatif bersifat ringan atau tidak memberatkan jika terjadi pelanggaran terhadap sejumlah norma atau peraturan.

Sanksi yang akan didapatkan berupa celaan, kritikan, atau dikucilkan dari masyarakat setempat.

3 dari 4 halaman

Fungsi Norma Kesopanan

Norma kesopanan berfungsi, di antaranya:

1. Sebagai serangkaian peraturan yang dijadikan pedoman dalam berperilaku pada suatu lingkungan kelompok masyarakat

Keberadaan norma kesopanan yang berlandaskan pada aspek etika atau sikap sopan santun, berfungsi sebagai pedoman dalam bertingkah laku pada suatu contoh lingkungan kelompok sosial masyarakat agar menaati segala peraturan yang ada, serta bertingkah laku sebagaimana mestinya.

2. Sebagai acuan dalam pemberian sanksi bagi setiap pelanggaran

Dalam norma kesopanan terdapat sanksi-sanksi bagi aksi pelanggaran sehingga dalam hal ini norma kesopanan berfungsi sebagai pedoman atau acuan yang menjadi indikasi agar masyarakat tidak melakukan pelanggaran terhadap serangkaian peraturan.

3. Untuk menciptakan keselarasan dalam suatu kelompok masyarakat

Dalam realitas sosial yang dijumpai dalam dinamika kehidupan, keberadaan norma kesopanan berfungsi menciptakan suatu kelompok masyarakat yang selaras sehingga terciptanya rasa nyaman dan tenteram di masyarakat tersebut.

4 dari 4 halaman

Sanksi dan Contoh Norma Kesopanan

- Sanksi Norma Kesopanan

Sanksi norma kesopanan pada dasarnya relatif bersifat ringan. Orang yang melanggar akan mendapatkan sanksi berupa pandangan sinis atau tidak suka, labeling "tidak tahu sopan santun", angagapan atau cemoohan yang mengatakan tidak menghargai kebudayaan setempat, dan sebagainya.

Pemegang kekuasaan yang dominan dalam menerapkan sanksi adalah masyarakat itu sendiri. Tindakan masyarakat dalam memberi sanksi biasanya terwujud dalam teguran terhadap orang yang bersangkutan.

 

- Contoh Norma Kesopanan

Norma kesopanan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari- hari yang dapat dilihat dari beberapa contoh berikut ini:

1. Tidak bicara atau tertawa dengan nada yang terlalu keras saat bekerja

Dalam dunia kerja sering kali diterapkan seperangkat aturan oleh kantor agar tidak berbicara atau tertawa dengan nada yang terlalu keras karena dapat mengganggu sesama pekerja saat jam kerja berlangsung.

Terlebih apabila hal ini dilakukan oleh pekerja yang masih muda kepada pekerja yang lebih tua, akan mengindikasikan adanya ketaksopanan, yang tidak sesuai dengan norma kesopanan yang berlaku dalam kehidupan.

2. Menghormati orang lain yang lebih tua

Menghormati orang lain yang lebih tua, dapat dicontohkan dalam berbagai kejadian. Misalnya ketika sedang berjalanan bertemu tetangga yang lebih tua usianya, sedikit membungkuk sebagai bentuk sopan santun dalam lingkungan masyarakat.

Contoh lain, apabila seorang anak memanggil bapaknya dengan namanya saja, tanpa embel-embel sebutan, "Pak" ,"Yah", dan lain sebagainya, akan memunculkan stigma tidak sopan karena tidak sesuai dengan etika yang berlaku.

 

Sumber: dosensosiologi.com

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer