Sukses


Contoh-Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bertema Tumbuhan, Lengkap Sesuai Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks laporan hasil observasi (LHO) adalah jenis teks yang berisi informasi tentang suatu hal secara apa adanya lalu dikelompokkan dan dianalisis secara sistematis sehingga dapat menjelaskan suatu hal secara terperinci dan dari sudut pandang keilmuan.

Teks laporan hasil observasi berisi fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Teks laporan hasil observasi bersifat informatif, komunikatif, dan objektif.

Hal itu berarti isi teks laporan hasil observasi harus memberikan sebuah informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Setiap informasi yang didapat harus disajikan atau ditulis secara objektif dan sesuai fakta yang sebenarnya, tidak dibuat-buat atau tidak menurut opini sang penulis, serta dapat dibuktikan kebenarannya.

Adapun objek pengamatan yang bisa diangkat dalam teks laporan hasil observasi, antara lain keadaan alam, keadaan lingkungan, hewan, tumbuhan, sosial, sebuah peristiwa, kesenian, dan kebudayaan.

Berikut ini beberapa contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan, dilansir dari laman Deckarenas, Jumat (22/7/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

                                                              Lidah Buaya

  • Pernyataan Umum

Lidah buaya merupakan satu di antara tanaman yang sering dijadikan tanaman hias. Tanaman ini tumbuh subur terutama di daerah tropis dengan tanah yang gembur. Tanaman dengan nama latin Aloe Vera ini juga menjadi satu di antara tanaman yang sering digunakan sebagai bahan baku industri obat hingga kosmetik.

  • Deskripsi Bagian

Lidah buaya memiliki daun dengan bentuk tebal dan meruncing. Warna daunnya hijau segar dengan bagian tepinya bergerigi, tetapi tidak terlalu tajam. Di bagian dalam daunnya terdapat cairan berbentuk gel dengan warna bening.

Tanaman ini hidup di daerah tropis dan mampu bertahan di tanah yang kering karena daunnya menyimpan banyak cadangan air. Gel di dalam daun lidah buaya menjadi bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Lebar daunnya antara 2-6 cm dengan bagian bawah yang melebar. Sedangkan tinggi tanaman ini bisa bervariasi tergantung jenisnya, mulai 20cm hingga 36cm. Bentuk akar tanaman ini termasuk akar serabut.

  • Deskripsi Manfaat

Lidah buaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Satu di antara manfaat lidah buaya adalah membantu mempercepat penyembuhan luka bakar. Gel dalam daun lidah buaya memiliki efek mendinginkan sehingga dapat menyembuhkan luka bakar ringan.

Lidah buaya juga memiliki manfaat lain yaitu mengatasi mata panda atau bengkak. Efek dingin dari gel lidah buaya dapat membuat kulit tenang dan meningkatkan aliran darah di sekitar kulit. Gel lidah buaya dapat ditempelkan di sekitar kantong mata untuk mengatasi bengkak atau mata panda.

Lidah buaya juga banyak dimanfaatkan di industri kosmetik. Gel lidah buaya mengandung beragam vitamin, mineral, hingga antioksidan yang bagus untuk kulit. Lidah buaya dapat menjadi pelembap alami untuk mengatasi kulit yang kering.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

                                                                           Cabai

  • Pernyataan Umum

Cabai merupakan satu di antara kerabat dekat dari tumbuhan lada-ladaan. Cabai bisa dikategorikan sebagai tumbuhan sayuran maupun masakan. Cabai dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki curah hujan sedang, seperti di Indonesia. Di Indonesia banyak orang menjumpai cabai dalam berbagai variasi bentuk dan warna.

  • Deskripsi Bagian

Batang tumbuhan cabai tidak tidak berkayu. Biasanya tumbuhan ini ditanam di pekarangan rumah, ladang maupun lahan pertanian. Tinggi tumbuhan cabai bisa mencapai kisaran kurang dari 40 sentimeter dengan bentuk akar serabut.

Bentuk tumbuhan cabai menyerupai sirih yakni merambat, membelit dan melata. Tidak jarang tumbuhan ini juga dikategorikan sebagai tumbuhan sirih-sirihan. Di Indonesia ada begitu banyak variasi tumbuhan cabai, misalnya, cabai hijau, cabai rawit, cabai merah, cabai gendot, cabai jalapeno, paprika, dan cabai cayenne.

  • Deskripsi Manfaat

Cabai memiliki berbagai macam manfaat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Di samping dapat digunakan sebagai bumbu dan bahan masakan, tumbuhan cabai memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut di antaranya ialah dapat meningkatkan imunitas, menurunkan berat tubuh hingga mengatasi diabetes.

Bagi orang yang mengalami permasalahan pencernaan, cabai bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Untuk itu, tumbuhan cabai disarankan untuk ditanam di sekitar rumah maupun pekarangan belakang hunian.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

                                                             Kumis Kucing

  • Pernyataan Umum

Kumis kucing merupakan satu di antara tanaman herbal yang tumbuh di iklim tropis. Termasuk tanaman liar dan mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini berasal dari wilayah tropis di Afrika dan kemudian menyebar hingga Australia dan Asia.

  • Deskripsi Bagian

Kumis kucing mampu tumbuh hingga setinggi 2 meter. Bagian batangnya sedikit berkayu dengan bentuk semak. Pada bagian batang ini juga memiliki bulu-bulu halus.

Bagian dari tanaman ini termasuk daun yang berbentuk bulat telur. Daun kumis kucing memiliki bentuk lonjong dan sedikit memanjang dengan bagian ujungnya yang meruncing. Ujung daun dari tanaman ini agak tajam dengan gerigi-gerigi di tepi daunnya.

Tepi daun dari tanaman ini juga dilapisi sedikit bulu-bulu halus. Bagian lainnya adalah buah yang bentuknya keras dan sedikit berkerut. Kelopak bunganya memiliki bentuk berkelanjar dengan pangkal berbulu pendek.

Bagian bunga dengan bulu pendek dan jarang ini menjadi ciri khas dari tanaman kumis kucing. Warna bunganya yang paling umum adalah berwarna putih.

  • Definisi Manfaat

Tanaman kumis kucing dapat menjadi obat herbal untuk penyakit seperti asam urat. Tanaman ini mengandung kalium yang cukup tinggi dan glikosida yang dapat melarutkan asam urat.

Kumis kucing mengandung senyawa sinensetin yang dapat membantu mengurangi kadar natrium berlebih. Hal tersebut dapat mengurangi tekanan dalam pembuluh darah sehingga kumis kucing bermanfaat untuk membantu mengurangi tekanan darah atau hipertensi.

Tanaman kumis kucing memiliki manfaat lain yaitu untuk mengobati rematik atau asam urat. Mengandung senyawa flavonoid dan fenolik yang dapat menjadi anti radang dan melindungi tulang.

Kumis kucing juga dapat dimanfaatkan sebagai zat alami untuk proses detoks. Senyawa di dalamnya dapat membantu detoksifikasi tubuh sehingga badan akan terasa lebih sehat dan segar.

 

Sumber: deckarenas

Dapatkan artikel teks laporan hasil observasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer