Sukses


Cara Daftar QRIS untuk Usaha, Mudah dan Cepat

Bola.com, Jakarta - QRIS atau QR Code Indonesia Standard merupakan transformasi digital di Sistem Pembayaran Indonesia yang membantu percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital.

QRIS diluncurkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (HUT RI) oleh Bank Indonesia. Peluncuran tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo, dilakukan di lapangan upacara kompleks BI.

Perry mengatakan peluncuran QR code merupakan wujud dari Indonesia yang berpendapatan lebih tinggi karena telah memiliki sistem pembayaran yang mudah digunakan seluruh lapisan masyarakat sehingga volume transaksi akan meningkat.

Setelah peluncuran tersebut, pembayaran atau transaksi menggunakan QRIS mulai umum dilakukan. Selain mudah, orang jadi tak perlu membawa uang kes secara berlebih.

Bagi Anda pemilik usaha, mendapatkan QRIS pun cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftar secara online dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Berikut ini cara daftar QRIS untuk usaha yang mudah dan cepat, dinukil dari laman qris.id, Sabtu (23/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Cara Daftar QRIS

  • Merchant mengisi semua data, Pembayaran Varian & Mengupload Dokumen lengkap via online.
  • Merchant menandatangani 'Formulir Syarat & Ketentuan QRIS' yang berlaku.
  • Validasi data & dokumen.
  • Apabila data sudah valid, data registrasi didaftarkan secara manual ke PTEN (PT. Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional).
  • Menunggu keluarnya NMID (National Merchant ID) dari PTEN.
  • Setelah NMID keluar maka sistem akan mengirimakan Username dan Password ke Email yang didaftarkan saat Registrasi. Selanjutnya QRIS yang sudah keluar di QC (quality control) oleh team InterActive, apakah sudah dapat di-scan dan dikenali oleh beberapa e-wallet app dan apakah nama usaha yang tampil, sesuai dengan data ter registrasi.
  • Setelah NMID dan QRIS lulus quality control, masuk ke proses design, agar tampilan InterActive QRIS sesuai dengan tampilan standar QRIS yang telah diatur oleh ASPI - Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.
  • Hasil proses design kemudian di posting ke Dashboard dan Merchant bisa mengunduh filenya di Dashboard.

 

Sumber: qris.id

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer