Sukses


Macam-Macam Latihan Pernapasan untuk Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Untuk bisa menurunkan berat badan dengan cepat bukan perkara mudah. Beragam cara kerap dilakukan agar memiliki bentuk badan yang ideal.

Hampir setiap orang menginginkan berat badan ideal. Tidak hanya baik bagi kesehatan, memiliki tubuh ideal juga menunjang penampilan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Umumnya, orang-orang menurunkan berat badan dengan cara menjaga pola makan dan olahraga.

Namun, menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan latihan pernapasan. Ada sejumlah penelitian yang membuktikan latihan pernapasan juga efektif membantu menurunkan berat badan.

Mungkin belum banyak yang tahu, latihan pernapasan untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang ingin memiliki badan idel pastinya penting untuk mengetahuinya.

Akan tetapi, jangan hanya bergantung pada latihan pernapasan. Perlu diimbangi dengan pola makan sehat bergizi seimbang dan olahraga pembakar lemak.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam latihan pernapasan untuk menurunkan berat badan, disadur dari Klikdokter, Sabtu (23/7/2022).

2 dari 4 halaman

1. Latihan Pernapasan Dalam

Latihan pernapasan dalam dilakukan cara dengan menghirup napas dalam-dalam. Kemudian, napas ditahan selama beberapa detik, lalu dibuang secara perlahan.

Sebuah studi yang diterbitkan melalui jurnal PLOS ONE mengungkapkan, pernapasan dalam yang dilakukan secara sadar dan perlahan dapat menurunkan stres.

Menurut pelatih pribadi sekaligus ahli nutrisi asal Amerika Serikat, dr. Roger E. Adams, hal ini karena latihan pernapasan yang dilakoni secara fokus dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah, mengoptimalkan proses pencernaan, serta mengurangi ketegangan.

3 dari 4 halaman

2. Latihan Pernapasan Diafragma

Teknik pernapasan diafragma alias pernapasan perut merupakan metode pernapasan yang melibatkan otot perut dan diafragma, yaitu otot besar yang terletak di dasar paru-paru.

Pernapasan diafragma bisa dilakukan dalam posisi berbaring maupun duduk. Lalu, letakkan satu tangan di bawah tulang rusuk, dan satu tangan lainnya di tengah dada bagian atas.

Kemudian, bernapaslah perlahan melalui hidung. Rasakan perut terisi dan mengembang sehingga mendorong tangan. Sementara, dada harus dalam posisi tidak bergerak. Hal ini menandakan pergerakan diafragma ketika menghirup napas.

Selanjutnya, buang napas perlahan, sembari kencangkan otot perut, dan biarkan perut mengempis. Kerucutkan bibir ketika napas diembuskan. Sementara, dada tetap dalam posisi diam.

4 dari 4 halaman

3. Latihan Pernapasan Senobi

Latihan pernapasan yang bermanfaat turunkan berat badan yaitu Senobi. Teknik pernapasan asal Jepang ini dilakukan dalam posisi duduk dan bersandar.

Kemudian, renggangkan tangan di atas kepala, lalu hirup dan embuskan napas perlahan selama beberapa kali.

Sebuah riset yang dimuat jurnal Biomedical Research, Jepang, mengungkapkan individu yang rutin menjalani latihan pernapasan Senobi selama satu bulan mengalami penurunan berat badan signifikan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/2/2022)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer