Sukses


10 Manfaat Berzikir dalam Islam, Bisa Menghapus Dosa dan Menenangkan Hati

Bola.com, Jakarta - Zikir merupakan satu di antara bentuk ibadah yang bisa dilakukan oleh umat Islam. Dalam setiap kalimat zikir berisikan makna mengagungkan dan memuji Allah Swt.

BACA JUGA: Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu Berjamaah Lengkap Dengan Manfaatnya

Itulah mengapa zikir kepada Allah Swt. dapat mendatangkan keberkahan hidup di dunia dan akhirat yang melimpah bagi setiap umat Islam yang melakukannya.

Allah Swt. ingin kita mengingat-Nya dalam setiap keadaan, baik dalam situasi bahagia atau sedih sekalipun, dan caranya adalah dengan berzikir.

Allah Swt. dalam Al-Qur’an surat Al-Lahab ayat 41, memerintahkan hamba-Nya untuk berzikir sebanyak-banyaknya. Zikir setelah salat, zikir pagi petang, dan lain sebagainya.

"Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dengan zikir yang sebanyak-banyaknya." (QS. Al-Ahzab :41)

Berikut manfaat berzikir dalam Islam, yang bisa menenangkan hati, disadur dari Merdeka, Selasa (26/7/2022). 

2 dari 4 halaman

Manfaat Berzikir dalam Islam

1. Mendapat perlindungan Allah

Orang yang senantiasa memuji kebesaran Allah Swt. akan selalu terlindung dari keburukan. Zikir juga bisa membuka pintu keselamatan dunia akhirat.

Dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu disebutkan bahwa, "Barang siapa yang mengucapkan zikir ini di sore hari sebanyak tiga kali maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut." (HR. Ahmad 2/290).

2. Mendekatkan Diri pada Allah

Berzikir merupakan satu di antara amalan yang paling disukai Allah Swt. Ini tertuang dalam hadis yang berbunyi:

"Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Rajamu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: "Mau (wahai Rasulullah)!" Beliau bersabda: "Zikir kepada Allah Yang Mahatinggi." (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

Berzikir juga bisa mengingatkan diri pada kehidupan setelah kematian dan membuat selalu ingat akan kebesaran-Nya.

3. Dicukupi Kebutuhannya

Manfaat berzikir selanjutnya yaitu bisa membuka pintu rezeki. Hal ini membuat segala urusan dunia maupun akhirat terasa lancar dan mudah dilalui.

Saat berzikir, Anda akan merasa selalu bersyukur dengan segala apa yang telah dimiliki. Ini membuat hati selalu merasa cukup serta jauh dari perasaan tamak dan serakah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Berzikir dalam Islam

4. Dijanjikan surga

Sebagai satu di antara amalan yang disukai Allah Swt., berzikir tentunya memiliki ganjaran yang luar biasa. Siapa pun yang berzikir setiap harinya akan dijanjikan surga oleh Allah.

Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa mengucapkan zikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barang siapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

5. Amalan yang disukai Rasulullah

Berzikir juga merupakan amalan yang disukai Rasulullah. Rasulullah tidak pernah melewatkan zikirnya setiap hari. Inilah mengapa zikir menjadi satu di antara sunah rasul yang dianjurkan untuk dikerjakan umat muslim.

Hal ini tentu termasuk meneladani sifat-sifat Rasulullah yang dapat mendekatkan diri kita kepadanya.

6. Memberi Ketenangan

Berzikir juga bisa membuat seorang umat muslim merasa tenang hatinya. Saat berada di dekat Allah Swt., hati akan selalu merasa tenang dan damai. Hal ini sesuai dengan ayat Al-Qur'an yang berbunyi:

"Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang." (QS. Ar-Ra’d: 28).

4 dari 4 halaman

Manfaat Berzikir dalam Islam

7. Menyehatkan Otak

Selain beribadah, manfaat berzikir juga baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian Universitas Washington, yang dimuat dalam majalah Scientific American edisi Desember 1993, menyebutkan bahwa, berzikir bisa mengaktifkan syaraf-syaraf otak.

Apabila seorang itu berzikir dengan mengulangi kalimat-kalimat Allah, seperti Subhanallah, beberapa kawasan otak yang terlibat menjadi aktif.

8. Zikir sebagai Pembersih Hati

Allah menciptakan manusia dari tanah, yang merupakan lambang dari kehinaan dan kekotoran. Al-Qur'an menyebutkan sebagai nutfah atau saripati tanah. Setelah proses penciptaan dari tanah tersebut, kemudian Allah menyatakan:

"Lalu aku titipkan kedalamnya ruh ku." - (QS. Al-Hijr : 29)

Lantaran tercipta dari tanah maka sifat kemanusiaan (basyariyyah) manusia menjadi selalu kotor. Maka itu, manusia tentu ingin menafikan kekotorannya tersebut dengan mendekatkan diri kepada Allah melalui zikir.

9. Menghapus Dosa

Manfaat berzikir selanjutnya adalah mencegah seseorang melakukan dosa, menghapus dosa, dan menyelamatkan seseorang dari siksa Allah. Mu adh Ibn Jabal r.a, berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda:

"Anak Adam tidak pernah melakukan perbuatan yang membawa jaminan keselamatan kepadanya, dari hukuman Allah lebih dari mengingat Allah Swt." (Shahih Al-Jaami 5633).

10. Dijauhkan dari Jin

Berzikir kepada Allah Swt. menjadikan seorang muslim dijauhkan dari godaan jin dan setan. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Imran ayat 176 yang berbunyi:

"Sesungguhnya mereka adalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 14/1/2021)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer