Sukses


Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Indonesia mempunyai sejarah yang panjang demi menggapai kemerdekaan. Ada satu hal yang perlu diingat di balik perayaan kemerdekaan Indonesia, yakni pembacaan teks proklamasi.

Pembacaan teks proklamasi menjadi pernyataan resmi kemerdekaan Indonesia sehingga terbebas dari belenggu penjajah.

Sejarah mencatat, teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta.

Naskah teks proklamasi tersebut diketik oleh Sayuti Melik. Sedangkan penyusunan teks proklamasi dibuat oleh Ir. Soekarno, Ahmad Soebardjo, dan Mohammad Hatta.

Teks proklamasi tersebut ditandatangani di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. Sekarang tempat itu menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, tepatnya di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, teks proklamasi menjadi bagian sejarah kemerdekaan Indonesia. Sebagai warga negara tentu harus mengetahui isi dari teks proklamasi tersebut.

Berikut ini isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan pada 17 Agustus 1945 dan perlu diketahui warga Indonesia menjelang HUT ke-77 RI, dikutip dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, Selasa (26/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

TEKS P R O K L A M A S I

 

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 Atas nama bangsa Indonesia.

 

Soekarno/Hatta.

 

Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer