Sukses


Makna Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan yang Perlu Diketahui Bangsa Indonesia

Bola.com, Jakarta - Peristiwa pembacaan teks proklamasi kemerdekaan menjadi momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada Jumat, 17 Agustus 1945.

Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno, didampingi Mohammad Hatta membacakan teks proklamasi kemerdekaan di halaman rumahnya di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta Pusat.

Peristiwa bersejarah tersebut menandai berakhirnya masa penjajahan dan dimulainya kehidupan bangsa Indonesia yang merdeka.

Perjuangan yang dilakukan dalam melawan penjajah hingga pembacaan proklamasi sangat panjang, sehingga proklamasi memiliki makna yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia.

Makna pembacaan teks proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia tidak sekadar melepaskan diri dari belenggu kolonialisme. Momen tersebut harus dijadikan sebagai titik balik pembaruan kehidupan bangsa Indonesia yang lebih baik.

Itulah mengapa, penting bagi warga Indonesia untuk mengetahui makna pembacaan teks proklamasi kemerdekaan agar jiwa nasionalisme tidak pudar.

Berikut rangkuman tentang makna peristiwa proklamasi kemerdekaan yang perlu diketahui rakyat Indonesia, dilansir dari laman ditsmp.kemdikbud.go.id, Rabu (27/7/2022).

2 dari 4 halaman

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam Berbagai Aspek

- Politik

Dalam aspek politik, Indonesia memiliki kedaulatan rakyat, yaitu pengakuan dari segenap rakyat Indonesia bahwa pemerintahan Indonesia sebagai kekuasaan pemerintahan tertinggi, terlepas dari segala bentuk penjajahan. Inilah yang diperjuangkan oleh rakyat Indonesia sejak dulu.

- Sosial

Segala bentuk diskriminasi rasial dihapuskan dari bumi Indonesia. Selain itu, semua warga negara Indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang. Tidak ada perbedaan suku, agama, dan sebagainya. Hanya ada satu kata, yakni Indonesia.

- Ekonomi

Dalam aspek ekonomi, ada kewenangan bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat sejahtera dengan kekuasaan menguasai dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi secara mandiri. Tidak ada lagi monopoli-monopoli dan perampasan hak kekayaan negara oleh bangsa asing.

3 dari 4 halaman

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam Berbagai Aspek

- Budaya

Makna proklamasi dalam aspek budaya bagi adalah negara Indonesia memiliki kepribadian nasional yang berasal dari kebudayaan bangsa indonesia itu sendiri.

Nilai-nilai kepribadian bangsa ini tecermin dalam Pancasila mulai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, hingga keadilan sosial.

- Pendidikan

Dalam aspek yang terakhir ini, pendidikan di Indonesia dapat merdeka seutuhnya, baik untuk wanita maupun pria, baik yang miskin maupun yang kaya, dapat menempuh pendidikan yang sesuai. 

Standar kualitas setiap lembaga pendidikan mempunyai kesamaan taraf guna membangun generasi yang berkualitas.

4 dari 4 halaman

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi Bangsa Indonesia

Sementara itu, makna proklamasi bagi bangsa Indonesia yang terkandung dalam naskah proklamasi yaitu:

  • Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah untuk mendapatkan hak sebagai bangsa yang merdeka dan tidak ditindas oleh bangsa dan negara lain serta memiliki kedudukan yang sederajat.
  • Secara hukum, proklamasi merupakan lahirnya negara Indonesia yang berarti bahwa hukum kolonial (penjajah) sudah tidak berlaku lagi dan diganti dengan hukum nasional.
  • Proklamasi merupakan amanat rakyat untuk mewujudkan negara yang melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.
  • Proklamasi merupakan jembatan emas bagi bangsa Indonesia untuk mengisi kemerdekaan Indonesia, membentuk pemerintahan negara yang diakui oleh rakyatnya sehinga dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

 

Sumber: ditsmp.kemdikbud.go.id

Dapatkan artikel edukasi dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer