Sukses


Daftar Makanan dan Minuman untuk Bantu Sembuhkan Pilek

Bola.com, Jakarta - Daftar makanan dan minuman yang dapat membantu mempercepat kesembuhan pilek perlu Anda ketahui. Hal ini karena pilek menjadi satu di antara gangguan kesehatan yang kerap kita alami.

Dilansir dari Klikdokter, pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas atas. Selain itu juga bisa ditandai dengan keluarnya cairan akibat dari infeksi virus maupun bakteri.

Pilek termasuk jenis penyakit yang dapat sembuh sendiri, meski tanpa pengobatan. Biasanya berlangsung kurang dari tujuh hari. 

Anda bisa melakukan upaya agar lekas sembuh dari pilek dengan minum obat dan beristirahat dengan cukup. Cara lain, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan.

Bahkan, ada makanan dan minuman tertentu yang tepat sekali dikonsumsi ketika Anda sedang pilek. Makanan dan minuman tersebut dapat meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh sehingga membantu mempercepat kesembuhan.

Apa saja makanan dan minuman tersebut? Berikut daftar makanan dan minuman untuk bantu sembuhkan pilek Anda, disadur dari Klikdokter, Selasa (26/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Makanan dan Minuman untuk Bantu Sembuhkan Pilek

1. Sup ayam

Konsumsi semangkuk sup ayam memberikan manfaat lebih dari sekadar efek menenangkan. 

Pada 2000, sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh American College of Chest Physicians membuktikan bahwa sup ayam mengandung efekanti peradangan yang dapat meredakan gejala flu dan meningkatkan imunitas tubuh.

2. Susu dan makanan kaya vitamin D

Makanan yang kaya vitamin D seperti susu dan sereal dapat membantu memerangi flu. 

Pada suatu studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital pada 2009, mereka yang mengkonsumsi makanan yang kaya vitam D cenderung jarang mengalami flu dibandingkan dengan yang tidak.

3. Wortel dan makanan kaya vitamin A

Vitamin A merupakan kunci utama dalam sistem imunitas. Ketika Anda sedang mengalami pilek, coba untuk mengkonsumsi wortel, ubi, bayam dan sayuran kaya vitamin A lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Makanan dan Minuman untuk Bantu Sembuhkan Pilek

4. Bawang putih

Bawang putih dapat mencegah flu termasuk pilek jika dikonsumsi secara rutin dikarenakan kandungan allicin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Cobalah untuk mengonsumsinya secara mentah.

5. Ikan

Ikan, terlebih ikan yang berlemak seperti salmon dan tuna, kaya akan asam lemak omega 3. Substansi ini dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

6. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh saat Anda sedang sakit. Coba konsumsi teh hijau yang dingin dibandingkan yang hangat karena level anti-oksidan lebih tinggi dibandingkan teh hijau dengan yang dibuat dengan air panas. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer