Sukses


Bacaan Doa Awal Muharam beserta Artinya, Membawa Berkah dan Ketenangan

Bola.com, Jakarta - Muharam menjadi bulan pertama dalam kalender Islam atau Hijriah. Pada bulan ini banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan.

Di antara amalan yang dianjurkan untuk dilakukan adalah melakukan puasa Muharam dan berdoa sepanjang waktu memohon berkah kepada Allah Swt.

Pada saat memasuki tahun yang baru ini, umat muslim diharapkan untuk terus berbenah dan berdoa mengharap yang terbaik dari Allah Swt.

Sebagai umat Islam yang beriman, kita juga diharapkan untuk bermuhasabah diri atau becermin dengan segala hal yang sudah kita lakukan di dunia.

Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan ketika memasuki bulan Muharram. Dengan memanjatkan doa tersebut diharapkan ketenangan hati, kebaikan, dan berkah selalu menyertai kita.

Berikut bacaan doa awal Muharram, yang bisa membawa berkah dan kedamaian, dikutip dari laman Dalamislam, Jumat (29/7/2022).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Awal Muharram

Doa ini dibaca tiga kali saat memasuki tanggal 1 Muharram. Adapun praktiknya bisa dilakukan selepas maghrib atau sesudahnya. Dengan membaca doa doa ini, kita sebagai mukmin memohon pada Allah Swt. supaya saat memasuki tahun baru ini bisa meningkatkan amal kebaikan dan ketakwaan.

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Alhamdulillahirabbil alamiin. Wa shallallaahu ‘alaa (sayyidinaa) Muhammadin asrofil mursaaliin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii ajmain.

Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-‘azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni  ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa (sayyidina) Muhammadin wa ‘ alaa ‘ aalihi wa shahbihii wa sallam. Walhamdulillahirrablil alamiin.

Arti:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw., beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya, dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Zat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw., beserta para keluarganya dan sahabatnya. Dan segala puji milik Allah, Tuhan seluruh alam. Amin yaa rabbal ‘alamin Semoga Allah Swt. mengijabah doa-doa kita.

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Awal Muharram

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Alhamdulillahirabbil alamiin. Wa shallallaahu ‘alaa (sayyidinaa) Muhammadin asrofil mursaaliin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii ajmain.

Antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa’alaa fadhikal-azhimi, wujuudikal-mu awwali, wa haddza ‘aamun jadidun qad agbala ilaina. Nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi, wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isyitighaala, bimaa yuqarribuni olaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa, arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil, ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.

Arti:

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) pada junjungan dan penghulu kita Muhammad saw. beserta keluarga dan sahabat Beliau.

Ya Allah, Engkau Zat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (pertama) dan atas kemurahan-Mu yang agung dan kedermawanan-Mu yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba. Kami mohon kepada-Mu pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan setan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya) dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya. Wahai Zat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Zat Yang Maha Belas Kasih.

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Awal Muharram

Diceritakan dari Imam Hijatul Islam Muhammad Al Ghazali qaddasallaahu Ta'ala sirrahuu, beliau berkata, "Aku berada di Makkah Musyarrafah pada awal tahun baru hijriah dalam keadaan aku melakukan thawaf, maka terbisik di hatiku ingin melihat Nabi Khadhir 'alaihissalam pada hari itu. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala mengilhamkan kepadaku sebuah doa, maka akupun berdoa kepada Allah Ta'ala agar mengumpulkan diriku dengan beliau pada hari itu."

Belum selesai aku berdoa, muncullah kepadaku Nabi Jhadhir 'alaihissalam di tempat tawaf dan aku pun bertawaf bersama belaiau usai dari tawafnya lalu aku duduk sambil memandangi Baitullah yang mulia. Beliau menoleh kepadaku seraya berkata, "Wahai Muhammad, apa gerangan yang mendorongmu memohon kepada Allah 'Azza wa jall agar mengumpulkan aku denganmu pada hari ini di tanah haram yang mulia ini?". Maka aku pun menjawab, "Wahai tuanku ini adalah tahun baru, aku ingin agar bisa megikutimu dalam menyambutnya dengan sebagian dari ta’abbud dan tadharru’mu".

Beliau berkata lagi, "Salatlah dengan sempurna". Dan aku pun berdiri melakukan salat sebagaimana yang beliau perintahkan kepadaku. Ketika aku usai dengan semuanya, beliau berkata, "Berdoalah dengan doa ma’tsur ini, doa yang mengumpulkan kebaikan dan keberkahan.

Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin, allaahuma innii as’aluka bika an tushalliya wa tusallima ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa saa’iril anbiyaa’i wal mursaliin wa ‘alaa aalihim wa shahbihim ajma’iin.

Wa an taghfira lii maa madhaa wa tahfazhanii fiima baqiyayaa arhamarraahimiin. Allahumma haadzihii sanatun jadiidatun muqbilatun lam a’mal fibtidaa’ihaa amalan yuqarribunii ilaika zulfaa ghaira tadharru’ii ilaika. Fa asaluka an tuwaffiqanii limaa yurdhiika ‘anni minal qiyaami bimaa laka ‘alayya min thaa’atika. Wa alzimniyal ikhlaasha fiihi liwajhikal kariimi fii ‘ibaadatika wa as’aluka itmaama dzaalika ‘alayya bifadhlika wa rahmatika. Allaahumma inni as’aluka khaira haadzihissanatil muqbilati yumnahaa wa yusrahaa wa amaanahaa wa salaamatahaa, wa a’uudzu bika min syuruurihaa wa shuduurihaa wa ‘usrihaa wa khaufihaa wa halakatihaa

Wa arghabu ilaika an tahfazha ‘alayya fiihaa diiniyalladzii huwa ‘ishmatu amrii. Wa dunyaayallatii fiihaa ma’aasyii, wa tuwaffiqanii fiihaa ilaa maa yurdhiika ‘annii fii ma’akadii, yaa akramal akramiin wa yaa arhamarraahimiin, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

 

Arti:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Ya Allah, aku memohon-Mu dengan-Mu supaya Engkau mencurahkan rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad dan semua para Nabi dan para Rasul keluarga mereka dan sahabat mereka semuanya. Dan supaya Engkau mengampuniku dosa yang telah lalu dan menjagaku dari apa yang tersisa. Wahai Zat Yang mengasihi di antara yang mengasihi.

Ya Allah, ini adalah tahun yang baru datang, sementara aku pada awal tahun tersebut sama sekali tidak melakukan amal yang dapat mendekatkan diriku kepada-Mu sedekat-dekatnya kecuali permohonanku kepada-Mu. Maka aku bermohon kepada-Mu agar supaya Engkau berkenan menolongku kepada apa apa yang menjadikan keridaan-Mu kepadaku yaitu menjalankan kewajiban taat kepada-Mu. Dan tetapkanlah aku ikhlas dalam menjalankannya hanya karena Zat-Mu yang mulia di dalam beribadah kepada-Mu.

Dan aku memohon kepada-Mu dapat meyelesaikannya dengan anugerah dan rahmat Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan ini tahun yang datang, kanan dan kirinya, keamanan, dan keselamatannya. Dan aku berlindung dengan-Mu dari keburukan, permulaan, kesulitan, ketakutan, dan kerusakan tahun ini.

Aku bersungguh sungguh memohon kepada-Mu agar Engkau menjaga untukku pada tahun ini agamaku yang merupakan penjaga urusanku dan duniaku yang menjadi tempat mata pencaharianku. Dan Engkau menolongku di dalam tahun ini apa apa yang meridakan-Mu terhadapku di tempat kembaliku. Wahai Zat Yang paling Mulia di antara yang mulia, Wahai Zat Yang mengasihi di antara yang mengasihi, semoga Allah mencurahkan rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabat beliau.

 

Sumber: Dalamislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer