Sukses


Manfaat Mengikuti Lomba 17 Agustus bagi Tumbuh Kembang Anak

Bola.com, Jakarta - Memasuki bulan Agustus, banyak hal atau kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyambut dan memperingati hari kemerdekaan, satu di antaranya lomba "agustusan".

Lomba agustusan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya mereka yang sudah dewasa, anak-anak juga bisa mengikutinya.

Kemeriahan yang muncul ketika perlombaan, membuat semua kalangan menjadi gemar dan antusias dalam melakukannya.

Tidak hanya bisa membuat kerukunan antarwarga menjadi lebih erat, perlombaan agustusan ini juga memiliki manfaat tersendiri bagi tumbuh kembang anak.

Bagi Anda yang memiliki anak sedang bertumbuh kembang, bisa mulai mengenalkan berbagai lomba yang ada di perayaan menyambut kemerdekaan ini. Manfaat yang akan paling terasa adalah anak Anda akan menjadi lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. 

Berikut manfaat mengikuti lomba 17 Agustus bagi tumbuh kembang anak, seperti disadur dari Klikdokter, Mnggu (31/7/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengikuti Lomba 17 Agustus untuk Anak

Terkena paparan sinar matahari

Meski terkesan sederhana, paparan sinar matahari baik untuk pertumbuhan anak. Tubuh membutuhkan sinar matahari untuk membuat vitamin D yang penting untuk berbagai proses perkembangan tubuh.

Satu di antaranya pertumbuhan tulang dan perkembangan sistem imun yang baik. Kebanyakan, lomba 17 Agustus akan dilakukan di luar rumah. Mengajak anak mengikutinya tentu akan membuatnya gembira bermain di bawah sinar matahari.

Olahraga

Meski sederhana, berbagai jenis perlombaan 17 Agustus, seperti balap karung dan tarik tambang, dapat menjadi sarana anak Anda untuk melatih kebugaran tubuhnya.

Diharapkan dengan merasakan gembiranya aktivitas pada 17 Agustus, anak akan lebih mudah dan senang saat diajak berolahraga bersama di kemudian hari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengikuti Lomba 17 Agustus untuk Anak

Membantu stimulasi kecerdasan dan motorik anak

Berbagai lomba 17 Agustus, seperti membawa kelereng dengan sendok atau memasukkan pensil ke dalam botol, dapat membantu anak menstimulasi kecerdasan serta koordinasi motorik mata, tangan, dan kaki.

Makin sering distimulasi, anak Anda akan makin cepat memiliki kecerdasan yang optimal.

Mengambil keputusan

Mengikutsertakan anak pada berbagai lomba 17 Agustus akan membantu menstimulasi perkembangan otaknya, termasuk fungsi pengambilan keputusan.

Kemampuan pengambilan keputusan akan membantu anak dalam merencanakan suatu hal. Ini juga akan melatihnya menyusun skala prioritas, memecahkan masalah, bernegosiasi, dan melakukan berbagai hal secara bersamaan.

Dengan mengikuti lomba, anak Anda akan berlatih menentukan strategi untuk menang. Anak juga akan belajar menerima konsekuensi dari keputusannya jika tidak berhasil.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengikuti Lomba 17 Agustus untuk Anak

Menerima tantangan dan menghadapi risiko

Berkaitan dengan kemampuan pengambilan keputusan, dengan mengikuti lomba 17 Agustus maka anak juga akan berlatih untuk menerima tantangan. Misalnya, orang tua mengajak anak untuk memberanikan diri ikut serta dalam lomba menangkap belut sekaligus menghadapi risiko kekalahan.

Lomba 17 Agustus juga dapat menjadi waktu yang tepat bagi orang tua mengajari anak menjadi pribadi yang sportif dan berlapang dada.

Sosialisasi

Anak Anda perlu belajar untuk bekerja sama dalam sebuah tim. Nah, mengikuti lomba 17 Agustus bisa menjadi satu di antara wadahnya.

Berbagai lomba yang menuntut kerja sama seperti tarik tambang atau estafet akan melatih anak bekerja sama dengan teman lain seusianya. Hal ini juga membantunya belajar bagaimana cara berkomunikasi, bergaul, dan menghargai pendapat orang lain.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 9/8/2019)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer