Sukses


Upacara Pembukaan ASEAN Para Games 2022, Kental Budaya Jawa dan Dihadiri Wapres Ma'ruf Amin

Bola.com, Solo - Penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 sudah di depan mata, dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya. Upacara pembukaan akan dipusatkan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7/2022).

Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan dan dimatangkan untuk upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022. Budaya Jawa bakal kental mewarnai upcara pembukaannya nanti.

Kultur Jawa akan lebih ditonjolkan. Mulai dari musik, seni tari, hingga kostum yang akan digunakan peserta acara. Kebudayan seperti pewayangan, hingga musik Jawa akan terlihat dalam pertunjukan teatrikal yang telah disiapkan.

“Opening memang Jawa semua temanya. Dari wayang, punokawan, hingga musiknya. Tapi kalo pas closing, semua serba Nusantara,” beber Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka.

2 dari 5 halaman

Wapres Ma'ruf Amin Hadir

Dalam rangkaian acara pembukaan nanti, Ketua INASPOC dan Presiden ASEAN Para Sport Federation (APSF) Osoth Bhavilai akan memberikan sambutan. Dan pada pembukaan kali ini akan dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Pembukaan akan dihadiri pak Wapres. Saya belum tahu apakah pak Presiden (Joko Widodo) akan hadir saat penutupan nanti,” terang pria yang juga Wali Kota Surakarta ini.

3 dari 5 halaman

Pembawa Obor

Pada wacana awal, mantan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo juga akan dilibatkan menjadi salah satu sosok yang membawa obor dalam cara opening tersebut, namun sepertinya batal.

“Rencana memang mau menghidupkan obor, tapi Pak Rudy tidak jadi. Tapi nanti akan ada beberapa atlet yang membawa obor,” tutur Gibran.

4 dari 5 halaman

Persiapan Matang

Panitia ASEAN Para Games 2022 telah mempersiapkan dengan matang untuk konsep pembukaannya. Mengingat opening ceremony nanti bakal ikut menjadi sorotan publik tidak hanya Indonesia namun negara lain, terutama para peserta.

“Semua Kami matangkan termasuk pencahayaan dan video mapping-nya. Kalau di pertandingan beberapa venue juga sudah siap digunakan, dan atlet sudah berlatih juga. Semoga sukses semuanya,” tuturnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Kota Solo jadi tuan rumah ajang ASEAN Para Games 2022, yang akan digelar 30 Juli hingga 6 Agustus. Dimana ada ribuan peserta akan memeriahkan multi event untuk atlet berkebutuhan khusus ini.

5 dari 5 halaman

Target Tinggi

Tuan rumah Indonesia berkekuatan total 539 orang, yang terdiri dari 324 atlet, 14 manajer, 83 orang pelatih. Termasuk 69 tenaga pendukung, satu chef de mission (CdM), dua wakil CdM, 16 anggota CdM, 10 psikolog, empat psikiater, enam dokter, dan 10 orang fisioterapi.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyatakan Indonesia mengejar target menjadi juara umum di ajang ASEAN Para Games 2022. Amali menyatakan minimal Indonesia meraih 104 emas dari ajang ini.

"Kami menargetkan jadi juara umum, yakni minimal dapat torehan 104 medali emas. Atlet sehat semua, dan siap bertanding. Siap optimal mengharumkan nama bangsa, dan mengibarkan bendera merah putih setinggi-tingginya,” terang Andi Herman, CdM Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games XI 2022.

Video Populer

Foto Populer