Sukses


Manfaat Sikap Lilin dalam Olahraga Senam Lantai yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Senam lantai merupakan kegiatan olahraga yang gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai. Senam lantai merupakan satu di antara jenis cabang olahraga senam yang cukup populer di dunia.

Jenis senam ini cocok dan bisa dilakukan siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Sesuai namanya, senam lantai dilakukan di atas permukaan lantai dengan menggunakan alas berupa sebuah matras.

Penggunaan matras ebagai alat bantu utama yang berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya cedera yang tidak diinginkan. Seperti diketahui, saat melakukan gerakan senam ini, seseorang akan bersentuhan dengan lantai.

Bagi Anda yang ingin mencoba senam lantai, ada beberapa macam gerakan yang bisa dicoba. Satu di antara gerakan senam lantai yang cukup populer adalah sikap lilin.

Gerakan sikap lilin diawali dengan posisi terlentang, lalu kaki diangkat secara perlahan dengan bantuan otot perut dan tangan. Untuk melakukan gerakan ini, pesenam perlu bertumpu pada siku dan punggung bagian atas, serta menahan pinggul dengan tangan.

Jika dilakukan secara tepat dan rutin, sikap lilin dapat memberi manfaat. Apa saja manfaat sikap lilin dalam olahraga senam lantai?

Berikut ini beberapa manfaat sikap lilin dalam olahraga senam lantai yang perlu diketahui, disadur dari Liputan6, Senin (1/8/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Sikap Lilin dalam Olahraga Senam Lantai

1. Membangun Keseimbangan Tubuh

Satu di antara manfaat paling nyata dari melakukan sikap lilin adalah membangun keseimbangan tubuh. Pasalnya, gerakan sikap lilin menuntut Anda untuk menjaga konsentrasi dan mempertahankan tubuh pada posisi tertentu.

2. Membentuk Otot Perut

Ketika melakukan sikap lilin, Anda perlu mengandalkan kekuatan otot perut agar mampu menahan posisi kaki yang mengarah ke atas.

Tak heran, otot perut dapat terbentuk setelah melakukan gerakan ini dilakukan secara konsisten. Di samping itu, sikap lilin bermanfaat untuk melatih otot punggung dan leher.

3. Melenturkan Otot Pinggang

Sebagai satu di antara bagian dari senam lantai, sikap lilin mendorong seseorang untuk menggerakkan dan menekuk tubuhnya dengan baik. Hal ini akan berdampak pada terjaganya kelenturan otot pinggang sehingga mampu menunjang aktivitas sehari-hari.

3 dari 3 halaman

Gerakan Lain dalam Senam Lantai

Selain sikap lilin, pesenam lantai juga dapat mempraktikkan gerakan-gerakan lain seperti forward roll, back roll, hand stand, dan headstand. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Forward Roll

Forward roll merupakan gerak dasar senam lantai yang mengharuskan pesenam berguling ke depan dengan memanfaatkan tubuh bagian atas belakang, seperti tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul belakang.

Gerakan guling depan (forward roll) dapat dilakukan dengan dua awalan, yakni awalan berdiri dan awalan jongkok.

2. Back Roll

Kebalikan dari forward roll, back roll merupakan gerak dasar menggulingkan badan ke belakang. Ketika melakukan gerakan ini, usahakan tubuh berada dalam posisi membulat dengan kaki yang terlipat, lutut melekat pada dada, dan kepala tunduk hingga dagu menyentuh dada.

3. Hand Stand

Hand stand dalam senam lantai dapat diartikan sebagai gerakan berdiri menggunakan tangan sebagai tumpuan. Saat melakukan teknik ini, pesenam perlu memastikan siku berada pada posisi lurus ke atas

Landasan yang keras juga harus digunakan ketika melakukan hand stand. Hal tersebut bakal berguna untuk memudahkan pesenam saat hendak mengambil tumpuan yang seimbang.

4. Head Stand

Head stand merupakan gerak dasar senam lantai yang mengharuskan pesenam mengambil sikap tegak dengan bertumpu pada kepala, telapak tangan, dan siku yang tertekuk.

Mirip dengan hand stand, gerakan ini juga idealnya dilakukan di atas landasan, sehingga memudahkan pesenam saat mengambil tumpuan.

 

Disadur dari: Liputan 6.com (Reporter: Theresia Melinda Indrasari. Editor: Harley Ikhsan. Published: 2/5/2022)

Dapatkan artikel senam lantai lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer