Sukses


Contoh Teks MC Acara 17 Agustus, Singkat dan Mudah Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Agustus merupakan bulan sukacita bagi bangsa Indonesia. Di bulan inilah, tepatnya tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan.

Pada saat hari kemerdekaan, tentu saja akan ada berbagai macam acara untuk memeriahkan Hari Ulang Republik Indonesia. Tahun ini, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan ke-77.

Biasanya dalam acara 17 Agustus dibutuhkan seorang MC (Master of Ceremony) atau seorang pembawa acara. Tugasnya sebagai pemandu serta mengatur jalannya sebuah acara.

Tanpa MC, rasanya acara 17 Agustus tidak lengkap dan bisa jadi tak akan berjalan dengan lancar.

Sebelum seorang MC membawa acara 17 Agustus, sebaiknya mempersiapkan teks dengan baik dan benar. Tujuannya untuk meminimalkan kesalahan dalam menyampaikan susunan acara dan memandu kegiatan tersebut.

Berikut ini contoh teks MC acara 17 Agustus yang bisa digunakan untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia, dikutip dari laman Majalahpendidikan dan Dosenpintar, Senin (1/8/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Acara 17 Agustus 1

Assalaamu 'alaikum Wr. Wb.

Bapak dan Ibu Lurah beserta staf yang kami hormati,

Para Ketua RW, Ketua RT, serta tokoh masyarakat yang kami banggakan,

Serta teman–teman ku Panitia Agustusan dan hadirin yang kami cintai.

 

Syukur Alhamdulillah, kita semua dapat berkumpul bersama–sama di pagi yang cerah ini, untuk merayakan dan memperingati hari kemerdekaan yang ke-77 tahun Republik Indonesia.

Kami atas nama panitia penyelenggaraan, mengucapkan banyak–banyak terima kasih kepada Bapak-bapak serta Ibu-ibu dan semua yang sudah menyempatkan dirinya hadir di sini di pagi yang cerah ini untuk merayakan dan memperingati hari kemerdekaan yang ke-77 tahun Republik Indonesia.

Adapun susunan acara yang akan kita lalui dan ikuti dalam Perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia ini, sebagai berikut:

  • Pembukaan.
  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
  • Sambutan dari Bapak Lurah Durian Payung.
  • Perayaan lomba–lomba.
  • Penyerahan hadiah.
  • Penutupan.

 

Demikian acara yang akan kita lalui bersama, marilah bersama–sama kita buka acara ini dengan lafat basmalah, Bismillahirrahmanirrahim.

................ .................. ....................

Dan sampailah kita di pengujung acara, saya selaku MC yang bertugas, mohon dimaafkan atas salah-salah kata dan perbuatan. Wassalamualaikum Wr. Wb.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Acara 17 Agustus 2

Assalaamu 'alaikum Wr. Wb.

Bapak dan Ibu Lurah beserta panitia yang saya hormati,

Para Ketua RW, Ketua RT, Bapak kepala desa serta tokoh masyarakat yang kami sangat hormati,

Serta rekan-rekan dan adik adik tercinta.

 

Alhamdulillah, kita semua dapat berkumpul bersama pada pagi yang cerah ini, dalam rangka memperingati serta merayakan hari kemerdekaan ke-77 tahun di Republik Indonesia.

Hadirin sebelum menginjak acara selanjutnya, saya berdiri di sini akan membacakan susunan acaranya.

Berikut ini susunan acara pada peringatan hari kemerdekaan kali ini:

  • Pembukaan.
  • Menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya.
  • Sambutan-sambutan dari berbagai pihak bersangkutan.
  • Perayaan berbagai lomba-lomba.
  • Penyerahan hadiah pemenang.
  • Penutupan.
  • Hiburan penutup.

 

Demikian acara yang akan kita lalui bersama, marilah bersama–sama kita buka acara ini dengan lafat basmalah, Bismillahirrahmanirrahim.

................ ..................... .......................

Dalam kesempatan ini pula kembali saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para hadirin telah menyimak acara dari awal sampai akhir.

Saya selaku pembawa acara mengucap maaf atas salah-salah kata dan perbuatan. Saya pamit undur diri. Billahi taufik wal hidayah, wassalamu'alaikum Wr. Wb.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Acara 17 Agustus 3

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Yang kami hormati Bapak Camat Rimbo Bujang,

Bapak kepala Dusun  Desa Perintis,

Serta para hadirin yang dimuliakan Allah Swt.

 

Selamat malam dan selamat sejahtera buat kita semua, dengan mengucapkan Alhamdulillah, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt. karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita bisa hadir dan berkumpul di tempat ini tanpa suatu halangan apa pun.

Selawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita yakni baginda Nabi Muhammad saw. yang telah memberikan ajaran-ajaran yang menuntun kita menjadi manusia yang selalu berada di jalan yang benar serta untuk selalu bersyukur, dan semoga kita termasuk orang–orang yang dicintai Nabi Muhammad saw. Amin.

Atas nama perwakilan panitia peringatan HUT RI yang ke-77 kami menyampaikan banyak terima kasih kepada para hadirin yang mana telah tulus ikhlas menghadiri undangan dari kami dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Kemerdekaan RI yang ke-77 ini.

Para hadirin yang kami hormati, untuk menyingkat waktu maka langsung saja kami bacakan susunan acara ulang tahun Kemerdekaan RI ke-77 yang akan berlangsung pada malam hari ini, di antaranya:

  • Pembukaan
  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  • Mengheningkan cipta
  • Sambutan dari Ketua Panitia Oleh Bapak Yono
  • Sambutan dari Bapak Camat
  • Pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah
  • Istirahat
  • Pembacaan doa
  • Lain-lain (Hiburan pentas seni Oleh Karang Taruna Desa Perintis)
  • Penutup

 

Demikianlah serangkaian acara yang akan berlangsung pada malam hari ini, marilah kita bersama-sama membuka acara pada kesempatan malam hari ini dengan bacaan basmalah. Bismillahirrohmaanirrohiim.

................. .................. ...................

Dan sampailah kita di pengujung acara, saya selaku MC yang bertugas, mohon dimaafkan atas salah-salah kata dan perbuatan. Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Sumber: Majalahpendidikan, Dosenpintar

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer