Sukses


Contoh Susunan Acara Peringatan 17 Agustus yang Bisa Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Melaksanakan acara 17 Agustus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 tahun harus dipersiapkan secara matang.

Satu di antara aspek penting yang perlu dipersiapkan dengan baik adalah membuat susunan acara peringatan 17 Agustus.

Dengan mempersiapkan susunan acara 17 Agustus tentu semua rangkaian kegiatan tersebut dapat berjalan dengan runtut.

Bagi Anda yang masih kebingungan membuat susunan acara 17 Agustus, tidak perlu khawatir.

Di bawah ini ada beberapa contoh, yang bisa membantu Anda untuk memandu acara 17 Agustus dengan rapi dan lancar tanpa ada yang terlewat satu pun.

Berikut ini contoh susunan acara 17 Agustus dapat dijadikan referensi, dikutip dari laman Yosefpedia dan Maxtrimus, Selasa (2/8/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Susunan Acara 17 Agustus 1

Assalamualaikum wr. wb.

Yang terhormat, Bapak Kepala Desa (...) beserta jajaran,

Yang kami hormati, Bapak Ketua karang taruna (...),

Yang kami hormati para hadirin upacara Hari Kemerdekaan Indonesia.

 

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. karena hanya atas rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara perayaan HUT ke-77 RI ini. Kami ucapkan terima kasih kepada para hadirin yang telah menghadiri undangan dari kami, dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI.

Para hadirin yang saya hormati, saya (...), selaku pembawa acara akan memandu acara pada pagi ini. Namun, sebelum dimulai, izinkan saya membacakan susunan acara HUT ke-77 RI. Adapun susunan acara pada pagi ini, sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Pembacaan doa
  • Menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya
  • Sambutan Ketua Panitia dan sambutan Bapak Kepala Desa
  • Acara Inti (potong tumpeng)
  • Pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah
  • Penutupan

Hadirin yang terhormat, langsung saja kita masuk pada acara yang pertama, yaitu pembukaan. Marilah kita buka acara pada pagi hari ini dengan bacaan basmalah (Bismillahirahmannirrahim).

Acara selanjutnya yaitu pembacaan doa. Bapak/Ibu hadirin yang berbahagia. Marilah kita memanjatkan doa kepada Allah Swt. yang akan dipimpin oleh Bapak (...). Kepada Bapak (...) kami persilakan. Terima kasih.

Acara yang ketiga yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hadirin kami mohon berdiri. Terima kasih. Hadirin kami persilakan duduk kembali.

Acara yang keempat yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh ketua panitia. Kepada Bapak (...) kami persilakan. Terima kasih.

Selanjutnya sambutan Bapak Kepala Desa (...), waktu dan tempat dipersilakan. Demikian sambutan Bapak Kepala Desa (...). Semoga kita mampu melaksanakan pesan dan arahan yang disampaikan Bapak Kepala Desa (...) dalam sambutan tadi.

Para hadirin yang berbahagia, tibalah kita memasuki acara inti yakni, pemotongan tumpeng oleh Bapak Kepala Desa (...). Untuk itu, kepada Bapak Kepala Desa (....) kami persilakan.

Hadirin yang kami hormati, saatnya acara yang kita tunggu-tunggu, yakni acara hiburan yang akan ditampilkan oleh adik-adik kita, di bawah bimbingan  Karang Taruna (.....). Untuk itu acara sepenuhnya kami serahkan pada pemandu acara lomba (....). Beri tepuk tangan yang meriah untuk (....), waktu dan tempat dipersilakan.

Acara selanjutnya yaitu penutupan. Demikianlah Bapak, Ibu, dan saudara-saudari acara HUT ke-77 RI pada hari ini tanggal 17 Agustus 2022. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersedia membantu pelaksanaan kegiatan ini sehingga berlangsung dengan lancar.

Saya selaku pembawa acara, mewakili seluruh panitia penyelenggara. Kami memohon maaf apabila ada kata-kata atau candaan kami yang kurang berkenan. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

3 dari 4 halaman

Contoh Susunan Acara 17 Agustus

- Pembukaan, Salam Pembuka

Marilah pertama-tama kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt. atas limpahan berkat-Nyasehingga kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apa pun.

Di kesempatan kali ini, kita berkumpul di tempat ini untuk ikut serta memperingati dan memeriahkan acara Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-77. Terima kasih kami ucapkan kepada Gunawan Sani, yakni Bapak Kepala Desa, serta para donatur dan sponsor yang telah membantu untuk keberlangsungan acara ini.

Terima kasih juga untuk panitia serta seluruh warga desa yang hadir. Semoga acara hari ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Sebelum dimulai, izinkan kami membacakan terlebih dahulu susunan acara yang akan kita lewati bersama. Berikut susunan acara Peringatan HUT Republik Indonesia Desa Sukamaju:

  • Pembukaan
  • Pembacaan doa
  • Menyanyian lagu Indonesia raya
  • Mengheningkan cipta
  • Sambutan-sambutan
  • Acara inti (Doa bersama dan potong tumpeng)
  • Pembagian hadiah
  • Panggung hiburan
  • Istirahat
  • Penutup dan doa

- Pembacaan Doa

Marilah kita berdoa menurut agama dan kepercayaan kita masing-masing. Berdoa akan dipandu oleh saudara Ilham, kepada saudara Ilham waktu dan tempat kami persilahkan.

- Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Terima kasih kepada saudara Ilham yang telah bersedia memimpin doa. Semoga dengan doa-doa yang telah kita panjatkan, acara hari ini dapat berjalan dengan lancar. Acara berikutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Hadirin dipersilahkan untuk berdiri (lagu dinyanyikan).

- Mengheningkan Cipta

Selanjutnya, untuk mengenang akan jasa para pahlawan. Mengheningkan cipta, mulai. Selesai. Hadirin diperkenankan duduk kembali.

- Sambutan-sambutan

Menginjak acara selanjutnya, akan ada sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh saudara Jonas, selaku ketua panitia. Dilanjutkan oleh Bapak Gunawan, selaku Kepala Desa Sukamaju. Terakhir, sambutan akan disampaikan oleh Bapak Budiana, selaku Lurah Desa Gumul. Kepada saudara Jonas, waktu dan tempat kami persilahkan.

( Dalam acara sambutan. Etikanya dimulai dari lingkup yang terkecil terlebih dahulu, yakni dari koordinator acara, dilanjutkan dari penanggung jawab di atasnya yakni kepala desa, barulah sambutan tamu undangan dari luar desa. Dalam hal ini adalah jabatan lurah)  

- Doa Bersama

Terima kasih kepada saudara Jonas, Bapak Gunawan serta Bapak Budi yang telah memberikan sepatah dua patah kata pada kesempatan kali ini. Acara hari ini dilanjutkan dengan doa bersama yang akan dipimpin oleh Bapak Abdul Gofur, Lc. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dipimpin oleh Bapak Gunawan sebagai kepala desa Sukamaju. Kepada Bapak Abdul Gofur waktu dan tempat kami persilahkan.

- Pemotongan Tumpeng

Terima kasih kepada Bapak Abdul Gofur, Lc. yang telah bersedia memimpin doa. Selanjutnya, acara pemotongan tumpeng sebagai rasa ungkapan syukur kita atas kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia telah kita nikmati sampai dengan hari ini.

Kepada Bapak Abdul Gofur, selaku Kepala Desa Sukamaju serta kepada saudari Nuraini saya persilahkan untuk maju ke panggung. Secara simbolis, tumpeng  akan diberikan kepada generasi muda sebagai simbol bahwa perjuangan kita dalam menjaga kemerdekaan akan senantiasa berlanjut dari generasi ke generasi. Waktu dan tempat kami persilahkan.

- Pembagian Hadiah

Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk para pemenang dari lomba yang telah dilaksanakan pada siang hari ini. Pembagian hadiah akan dipimpin oleh saudara Andri, sebagai koordinator lomba dibantu oleh saudari Dian. Waktu dan tempat kami persilahkan. (Nama/jenis lomba disebutkan dan kepada para pemenang yang telah disebutkan, diharapkan untuk maju ke depan)

- Penutup dan Doa

Demikian tadi rangkaian acara peringatan HUT ke-77 RI di Desa Sukamaju. Acara demi acara telah kita lewati bersama dan pada akhirnya, sampailah kita di pengujung acara.

Marilah kita tutup acara pada malam hari ini dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing. Saya, Aditya Krisna, selaku pembawa acara mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dari Bapak, Ibu, saudara-saudari warga Desa Sukamaju, kepada tamu undangan, dan kepada panitia yang telah mempersiapkan acara hari ini dengan baik.

Saya juga mohon maaf apabila dalam memimpin dan membawakan acara, banyak sekali perkataan dan tingkah laku saya yang menyinggung para hadirin sekalian. Terima kasih atas perhatiannya. Merdeka!!

Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarokatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Susunan Acara 17 Agustus 3

1. Pembukaan oleh MC.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Om swastiastu.

Yang terhormat, Bapak Lurah ... beserta jajaran,

Yang kami hormati, Bapak Ketua Karang Taruna ...,

Bapak/Ibu, hadirin sekalian yang berbahagia,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas perkenan-Nya kita dapat hadir pada acara perayaan HUT ke-77 RI, di tanggal 17 Agustus ini. Kami ucapkan terima kasih kepada para hadirin yang telah menghadiri undangan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI.

Para hadirin yang kami hormati, saya ... akan memandu acara pada pagi ini. Namun, sebelum dimulai, izinkan saya membacakan susunan acara HUT ke-77 RI. Adapun susunan acara pada malam ini adalah sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Pembacaan doa
  • Menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya
  • Sambutan Ketua Panitia dan Bapak Lurah
  • Acara inti (potong tumpeng)
  • Pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah
  • Penutupan

Demikianlah susunan acara yang akan kita lalui, pada hari ini. Selanjutnya marilah kita sama-sama membuka acara pada kesempatan malam hari ini dengan bacaan basmalah (Bismillahirahmanirahim).

2. Bapak/Ibu hadirin yang berbahagia, sebelum kita lanjut ke sesi selanjutnya, marilah kita memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pembacaan doa akan dipimpin oleh ...

3. Acara selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hadirin kami mohon berdiri. Terima kasih, hadirin kami persilakan duduk kembali.

4. Menginjak acara yang ketiga, yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh ketua panitia. Untuk itu kami persilakan yang terhormat ... untuk memberikan sambutan.

Terima kasih, kami sampaikan kepada panitia ... .Selanjutnya adalah, sambutan Bapak Lurah ... . Untuk itu segera kami persilakan kepada Bapak Lurah.

Demikian sambutan Bapak. Lurah ..., semoga kita mampu melaksanakan pesan dan arahan yang disampaikan Bapak Lurah dalam sambutan tadi.

5. Para hadirin yang berbahagia, tibalah kita memasuki acara inti, yakni pemotongan tumpeng oleh Bapak Lurah ... . Untuk itu, kepada Bapak Lurah kami persilakan.

6. Hadirin yang kami hormati, saatnya acara yang kita tunggu-tunggu, yakni acara hiburan yang akan ditampilan oleh adik-adik kita, di bawah bimbingan Karang Taruna ... Untuk itu acara sepenuhnya kami serahkan pada pemandu acara lomba ... .Beri tepuk tangan yang meriah untuk saudara/i ...

7. Penutupan oleh MC

Bapak/Ibu yang kami hormati, akhirnya sampailah kita ke pengujung acara HUT ke-77 RI pada hari ini, tanggal 17 Agustus 2022 di kelurahan..... . Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi Bapak/Ibu.

Atas nama ...... sebagai MC, mewakili seluruh panitia penyelenggara, kami memohon maaf bila ada kalimat atau candaan kami yang kurang berkenan.

Terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: Yosefpedia, Maxtrimus

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer