Sukses


Cara Mengatasi Terkilir saat Lomba Panjat Pinang 17 Agustus

Bola.com, Jakarta - Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia sering disemarakkan dengan beragam perlombaan 17 Agustus.

Satu di antara lomba khas 17 Agustus yang dinanti-nanti keseruannya pada perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia adalah lomba panjat pinang.

Biasanya lomba ini dilangsungkan di urutan paling akhir dan pesertanya laki-laki. Di balik keseruan panjat pinang, Anda harus waspada dengan risiko cedera yang bisa mengintai.

Pesertanya mungkin saja mengalami cedera terkilir setelah melakukan perlombaan tersebut. Sebab, dalam perlombaan panjat pinang, Anda bersama tim akan bahu-membahu mencapai puncak untuk mengambil beragam hadiah.

Cara yang dilakukan mencapainya adalah saling menopang, menggendong, dan mengangkat rekan satu tim setinggi mungkin.

Terkilir adalah cedera ligamen akibat robeknya serat-serat ligamen. Terkilir paling sering terjadi pada pergelangan tangan, kaki, dan bahu.

Berikut ini cara mengatasi terkilir saat lomba 17 Agustus panjat pinang yang bisa dipraktikkan di rumah, disadur dari Klikdokter, Selasa (2/8/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Terkilir saat Lomba Panjat Pinang 17 Agustus

1. Rest (Istirahat)

Kurangi aktivitas sebisa mungkin, terutama pada 48 jam pertama setelah terjadinya cedera. Jika sudah merasa lebih baik, secara bertahap daerah yang mengalami keseleo dapat mulai digerakkan sedikit demi sedikit.

2. Ice (Es)

Berikan es atau dinginkan daerah kaki yang terkilir dengan menggunakan es yang dilapisi kain atau handuk. Ini bisa Anda lakukan selama maksimal 20 menit setiap jam pada hari pertama.

Pada hari berikutnya, letakkan es setiap empat jam. Setelah tiga hari, aplikasikan kompres hangat untuk memperlancar peredaran darah.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Terkilir saat Lomba Panjat Pinang 17 Agustus

3. Compression (Penekanan)

Untuk mengurangi pembengkakan lebih lanjut, sebaiknya dilakukan penekanan pada daerah yang cedera. Penekanan dapat dilakukan dengan menggunakan perban elastis atau istilah lainnya, yakni dibebat.

4. Elevation (Angkat)

Jika memungkinkan, pertahankan agar daerah kaki yang mengalami terkilir berada lebih tinggi dari pada jantung agar pembengkakan yang terjadi dapat terjadi.

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer