Sukses


12 Manfaat Sedekah dalam Islam, Bisa Mendatangkan Kebaikan

Bola.com, Jakarta - Sedekah merupakan tindakan yang sangat mulia. Sedekah termasuk satu di antara sunah yang dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya bagi umat Islam.

Sedekah merupakan perbuatan memberi kepada orang lain secara cuma-cuma dengan penuh rasa ikhlas, tanpa melihat jumlah serta mengharapkan imbalan.

Tidak hanya berbentuk harta benda saja, bersedekah juga bisa dengan bentuk lain, seperti bantuan secara fisik atau nonmaterial.

Sedekah merupakan satu di antara ibadah yang sangat dicintai oleh Allah. Itulah mengapa saat kita bersedekah, akan mendatangkan segudang manfaat untuk kehidupan di dunia maupun akhirat.

Manfaat bersedekah tidak hanya bisa diambil oleh penerimannya saja, bagi mereka yang memberi juga akan diberikan berbagai manfaat.

Manfaat bersedekah merupakan balasan dari Allah Swt. Meski terkadang tidak bisa dirasakan secara langsung, pasti akan ada saatnya balasan itu datang.

Berikut 12 manfaat sedekah dalam Islam yang bisa mendatangkan kebaikan, disadur dari Liputan6, Selasa (2/8/2022).

2 dari 6 halaman

Manfaat Sedekah dalam Islam

1. Melipatgandakan Pahala

Manfaat sedekah dalam Islam akan memberikan banyak keistimewaan kepada para pelakunya. Satu di antaranya, Allah Swt. akan memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang mau bersedekah.

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak." (Q.S. A-l-Hadid ayat 18).

2. Melipatgandakan Harta

Dalam sebuah hadis dijelaskan manfaat sedekah dalam Islam dapat melipatgandakan harta. Bersedekah tidak akan memengaruhi atau mengurangi harta yang dimiliki.

Hal ini sesuai sabda Rasulullah saw. Rasulullah saw. bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, "Sedekah tidaklah mengurangi harta." (HR Muslim).

Meski secara kenyataan harta terlihat berkurang karena sedekah, kekurangan tersebut akan ditutupi dengan pahala di sisi Allah Swt. dan akan terus bertambah menjadi lebih banyak.

Allah Swt. telah menjanjikan manfaat sedekah dalam Islam tersebut sesuai dengan firman-Nya dalam Al-Qur'an surat Saba' yang artinya:

"Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki sebaik-baiknya." (Q.S. Saba ayat 39)

3 dari 6 halaman

Manfaat Sedekah dalam Islam

3. Menghapus Dosa

Sebagai manusia, pastinya selalu diliputi dosa-dosa. Namun, umat Islam senantiasa diberikan jalan untuk menghapus dosa-dosanya melalui sedekah.

Sedekah adalah ibadah yang istimewa karena bisa memudahkan umat Islam untuk menghapus dosa-dosa. R

asulullah saw. bersabda, "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api". (HR. Tirmidzi)

4. Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah saw. bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, "Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana". (HR. Ath-Thabrani).

Dengan melakukan sesuatu hal yang positif, seperti bersedekah, akan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) sehingga tubuh lebih kuat menghadapi penyakit.

4 dari 6 halaman

Manfaat Sedekah dalam Islam

5. Memberi Naungan di Hari Kiamat

Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, "Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya".

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah, umat Islam dianjurkan untuk gemar bersedekah.

6. Menciptakan Kebahagiaan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor University of Oregon dan timnya menemukan bahwa manfaat sedekah mampu menciptakan rasa bahagia.

Hal itu karena otak melepaskan dopamin dan endorfin sehingga diri sendiri merasa lebih gembira. Penelitian dari Jerman juga menemukan manfaat sedekah menciptakan rasa puas dan bangga terhadap diri sendiri karena Anda tahu telah melakukan hal yang baik dan berguna untuk orang lain.

7. Menguatkan Tali Silaturahmi

Berbagi dengan cara sedekah akan menguatkan ikatan sosial dengan sesama. Anda tidak pernah tahu seberapa besar Anda membutuhkan bantuan orang lain kelak.

Manfaat sedekah dalam Islam akan membuat Anda menambah keluarga, teman baru atau kerabat baru. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan membantu Anda suatu saat. Kalaupun tidak, Tuhan tidak pernah menutup mata bagi mereka yang ikhlas bersedekah.

5 dari 6 halaman

Manfaat Sedekah dalam Islam

8. Mendatangkan Keberkahan

Manfaat sedekah dalam Islam dikatakan dapat membersihkan harta sehingga mendatangkan berkah. Sebagaimana yang dicatatkan dalam firman Allah Swt, "Ambillah (sebagian) dari harta menjadi sedekah (zakat), supaya dengannya engkau membersihkan harta itu (dari dosa) dan mensucikan mereka (dari akhlak yang buruk)." (QS at-Taubah [9]: 103)

9. Memudahkan Jalan ke Surga

Dari Ali r.a. berkata, Nabi Muhammad saw. bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam:

"Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya." Lantas seorang Arab baduwi berdiri sambil berkata, "Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?" Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan salat pada malam hari di waktu manusia pada tidur". (HR. Tirmidzi)

6 dari 6 halaman

Manfaat Sedekah dalam Islam

10. Mendapat rida Allah Swt.

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menyatakan tentang manfaat sedekah dalam Islam:

"Puasa, salat, dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, salat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja." (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298).

11. Dikabulkan Permintaannya

Bersedekah yang diiringi doa dapat membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat penyakit, hingga memudahkan segala urusan.

Rasulullah bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam:

"Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah'. Malaikat yang satu berkata, 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil'. (HR. Bukhari dan Muslin, dari Abu Hurairah).

Dari hadis tersebut, barang siapa yang memutuskan untuk memberikan hartanya akan didoakan oleh malaikat agar rezekinya makin lancar dan berkah. Sedangkan mereka yang enggan, akan didoakan agar ditahan pula rezekinya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Rizky Mandasari. Published: 18/8/2021)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer