Sukses


Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia, Lengkap dengan Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya. Satu di antara keindahan alam yang dimiliki Indonesia adalah gunung.

Ada banyak gunung yang tersebar di wilayah Indonesia. Setidaknya ada lebih dari 400 gunung dan 100 di antaranya merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia ini menjadi daya tarik pariwisata bagi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Juga bagi kamu yang gemar mendaki gunung, Indonesia adalah surganya. Setiap gunung di Indonesia memiliki tantangan dan pesonanya masing-masing. Itulah sebabnya, tidak sedikit para pendaki ingin menaklukan gunung-gunung di Indonesia.

Dari ratusan gunung di Indonesia itu, ada yang tingginya menjulang hingga 4000-an meter di atas permukaan laut (MDPL).

Lantas, apakah kamu sudah mengetahui mana saja gunung tertinggi di Indonesia?

Berikut ini daftar gunung tertinggi di Indonesia, lengkap dengan penjelasannya, dikutip dari laman Ilmugeografi, Selasa (2/8/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Cartenzs Pyramid di Puncak Jaya, Papua (4.884 MDPL)

Cartenzs Pyramid atau yang sering dikenal dengan nama Puncak Jaya merupakan barisan dari Pegunungan Sudirman yang membentang di Papua, tepatnya di Kabupaten Puncak Jaya.

Cartenzs Pyramid memiliki ketinggian 4.884 MDPL, merupakan gunung tertinggi di Indonesia dan sekaligus menjadi satu di antara seven summit di dunia.

2. Gunung Puncak Mandala di Kabupaten Bintang, Papua (4.760 MDPL)

Gunung yang memiliki ketinggian 4.670 MDPL ini dahulunya memiliki puncak yang tertutp oleh salju. Namun, seiring terjadinya pemanasan global, salju tersebut menghilang.

Nama lain dari gunung ini adalah Juliana Top atau Puncak Juliana yang terkenal di masa penjajahan Belanda.

3. Gunung Puncak Trikora di Papua Barat, Papua (4.750 MDPL)

Gunung Puncak Trikora memiliki nama lain Gunung Wilhelmina ini berada di Papua Barat. Dengan ketinggian mencapai 4.750 MDPL atau 15.584 kaki, gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous, dan Hutan Dipterokarp Atas.

4. Gunung Ngga Pilimsit di Papua (4.717 MDPL)

Gunung Ngga Pilimsit pada zaman kolonial terkenal dengan nama gunung Idenburg. Gunung ini terletak di Propinsi Papua tepatnya di Pegunungan Maoke dengan ketinggian gunung mencapai 4.717 MDPL atau sekitar 15.476 kaki.

3 dari 5 halaman

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

5. Gunung Yamin di Papua (4.595 MDPL)

Gunung ini memiliki struktur bebatuan gamping, klastik, dan karang glaciated. Temperatur suhu di puncak Gunung Yamin ini adalah +/- 5° C.

6. Gunung Kerinci di Jambi, Sumatra (3.805 MDPL)

Gunung Kerinci merupakan gunung tertingi di Pulau Sumatra, tepatnya Provinsi Jambi. Gunung Kerinci termasuk bagian Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan merupakan jajaran dari bukit barisan dengan koordinat letak 1°41'48"LU dan 101°15'56"BT dan termasuk golongan gunung berapi yang masih aktif.

7. Gunung Rinjani di Lombok, NTB (3.726 MDPL)

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi nomor dua di Indonesia yang masih aktif. Di gunung ini terdapat danau kawah yang cukup indah dengan air yang berwarna biru. Danau kawah tersebut berada sekitar 2.000 MDPL atau sekitar 6000 kaki dan diberi nama Segara Anakan.

8. Gunung Semeru di Lumajang, Malang, Jawa Timur (3.676 MDPL)

Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi nomor tiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Gunung Semeru memiliki puncak yang terkenal dengan sebutan Mahameru dan kawah puncak yang bernama Jongring Saloko.

4 dari 5 halaman

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

9. Gunung Sanggar di NTB (3.564 MDPL)

Gunung Sanggar adalah gunung tertinggi kedua di Nusa Tenggara Barat. Gunung Sanggar berada dalam gugusan pegunungan Rinjani, tetapi karena keindahan alamnya yang belum tersentuh, menjadikan pamor dari Gunung Sanggar kalah dari Gunung Rinjani.

10. Gunung Latimojong di Enrekang, Sulawesi Selatan (3.478 MDPL)

Gunung Latimojong ini adalah gunung tertinggi di Pulau Sulawesi yang memiliki pemandangan alam yang cukup menantang dan menarik untuk berwisata alam. Gunung Latimojong memiliki puncak yang terkenal dengan nama Rante Mario.

11. Gunung Slamet di Jawa Tengah (3.428 MDPL)

Gunung Selamet merupakan satu di antara gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini terletak di lima kabupaten Provinsi Jawa Tengah, yaitu kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Pemalang.

Secara Geografis, Gunung Selamet terletak di 7°14'30"LS dan 109°12'30"BT.  Ketinggian Gunung Slamet mencapai 3.428 MDPL atau 11.427 kaki dan memiliki kawah yang masih aktif hingga sekarang.

12. Gunung Sumbing di Jawa Tengah (3.371 MDPL)

Gunung Sumbing adalah satu di antara gunung berapi yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, Temanggung, dan Magelang.

Di kawasan Gunung Sumbing terdapat hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous. Para penduduk yang berada di daerah Lereng Gunung Sumbing memanfaatkan tempat tersebut menjadi lahan pertanian untuk bercocok tanam.

5 dari 5 halaman

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

13. Gunung Raung di Bondowoso, Jawa Timur (3.344 MDPL)

Gunung Raung memiliki Kaldera kering yang merupakan kaldera tertinggi di Jawa Timur dan nomor dua di Indonesia.

14. Gunung Lawu di perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Tengah (3.265 MDPL)

Gunung Lawu adalah gunung berapi yang berada di Pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Magetan di Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Karanganyar di Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Lawu menjadi satu di antara tempat yang populer untuk melakukan pendakian. Rute termudah untuk melakukan kegiatan tersebut adalah dari Cemorokandang di Tawang Mangu Jawa tengah atau dari Cemorosewu di Sarangan Jawa Timur.

15. Gunung Merbabu di Jawa Tengah (3.145 MDPL)

Gunung merbabu merupakan gunung berjenis stratovolcano yang berada di empat kabupaten, yaitu Magelang, Boyolali, Salatiga, dan Semarang. Gunung Merbabu menjadi satu di antara tempat favorit para pendaki untuk melakukan kegiatan pendakian.

 

Sumber: Ilmugeografi

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer