Sukses


Daftar Tokoh Pengibar Bendera Sang Merah Putih saat Proklamasi Kemerdekaan 1945

Bola.com, Jakarta - Pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus selalu dilaksanakan upacara pengibaran bendera Sang Merah Putih.

Satu di antara yang menyita perhatian warga Indonesia adalah upacara pengibaran bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka, yang disiarkan di layar televisi.

Upacara pengibaran bendera Sang Merah Putih kali pertama dilaksanakan pada pembacaan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Tahukah kamu siapa saja orang yang pertama kali mengibarkan bendera Sang Merah Putih saat proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945?

Ada tiga tokoh penting yang mendapatkan kesempatan pertama kali untuk mengibarkan Sang Merah Putih saat proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Berikut ini daftar tokoh pengibar bendera Sang Merah Putih kali pertama saat proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dikutip dari laman Benderaindonesia, Selasa (2/8/2022).

2 dari 4 halaman

Latief Hendraningrat

Bernama lengkap Raden Mas Abdul Latief Hendraningrat, anggota PETA (Pembela Tanah Air) ini populer karena kelihaiannya di medan juang.

Di masa tugasnya sebagai tentara, Latief pernah menjabat sebagai komandan kompi bergelar Sudanco, yang merupakan pangkat tertinggi kedua yang dimiliki warga pribumi setelah Daidanco (komandan battalion).

Peran Latief dalam perjalanan deklarasi kemerdekaan sangat besar. Ia dipercaya mengamankan Jalan Pegangsaan Timur dengan menempatkan anggotanya di sekitar lokasi. Setelah Proklamasi dibacakan oleh Soekarno, dia menjadi pengibar bendera pertama bersama dengan Suhud Sastro Kusumo.

3 dari 4 halaman

Suhud Sastro Kusumo

Suhud merupakan anggota Barisan Pelopor yang dibentuk oleh Jepang. Pada 14 Agustus 1945, dia mendapatkan mandat untuk menjaga keluarga Soekarno dari segala gangguan sebelum dua hari kemudian, presiden pertama RI itu dibawa ke Rengasdengklok.

Saat Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sudah dipersiapkan dengan matang, Suhud lantas ditugaskan untuk mempersiapkan tiang bendera. Dia kemudian membentangkan Sang Merah Putih untuk kemudian ditarik Latief.

4 dari 4 halaman

Surastri Karma (SK) Trimurti

Di masanya, SK Trimurti berprofesi sebagai seorang guru sekolah dasar. Dia juga aktif menulis dan sempat dipenjara karena mendistribusikan selebaran antikolonial. Dia kemudian menikah dengan Sayuti Melik (yang pada saat kemerdekaan bertugas mengetik teks proklamasi).

Bersama Latief Hendraningrat dan Suhud Sastro Kusumo, tokoh yang aktif dalam organisasi perempuan ini juga berperan penting sebagai pengibar bendera Merah Putih pertama dalam sejarah Indonesia.

 

Sumber: Benderaindonesia

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer