Sukses


Macam-Macam Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

Bola.com, Jakarta - Macam-macam makanan dan minuman pemicu batu ginjal perlu Anda sebagai satu di antara langkah pencegahan. Dengan mengetahuinya, Anda juga akan lebih bijak dalam mengonsumsinya.

Penyakit batu ginjal adalah kondisi ketika di dalam ginjal terbentuk material keras menyerupai batu.

Material ini terbentuk dari limbah zat-zat dalam darah yang disaring ginjal, kemudian mengendap dan lama-kelamaan mengkristal.

Pengendapan biasanya terjadi karena Anda tidak mengonsumsi air sesuai anjuran, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau memiliki kondisi medis yang bisa memengaruhi kadar senyawa tertentu dalam urine.

Batu ginjal juga dapat dipicu akibat konsumsi makanan dan minuman tertentu. Maka itu, Anda perlu memperhatikan konsumsinya agar tidak terlalu berlebihan.

Berikut ini macam-macam makanan dan minuman pemicu batu ginjal, disadur dari Klikdokter, Rabu (3/8/2022).

2 dari 5 halaman

Makanan Pemicu Batu Ginjal

Makanan Asin

Makanan asin termasuk makanan penyebab batu ginjal karena memiliki kadar sodium yang tinggi. Peningkatan kadar natrium di dalam urine dapat menghambat absorpsi kalsium ke dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan penumpukan kalsium di dalam urine. 

Jadi, sebaiknya jauhkan segala camilan asin dari keseharian Anda. Gantilah makanan tersebut dengan kudapan yang lebih sehat, seperti buah atau kacang-kacangan.

Makanan Olahan

Makanan penyebab batu ginjal berikutnya adalah makanan olahan (processed food), seperti makanan cepat saji, makanan kalengan, dan makanan dalam kemasan.

Batasi konsumsi makanan olahan sebagai menu makanan Anda sehari-hari. 

Makanan cepat saji dan makanan kalengan juga memiliki kandungan sodium yang tinggi, yang dapat memicu terbentuknya batu. 

 

 

Makanan Tinggi Oksalat

Bayam, kacang kedelai, ubi, tempe, dan tahu sebenarnya makanan yang sehat Apabila dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Meski demikian, apabila dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan tinggi oksalat tersebut dapat menyebabkan batu ginjal. 

3 dari 5 halaman

Makanan Pemicu Batu Ginjal

 

Makanan berlemak

Makanan berlemak memicu obesitas. Dari penelitian diketahui bahwa obesitas dan penambahan berat badan meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

Besarnya peningkatan risiko mungkin lebih besar pada wanita daripada pria.

Daging

Daging mengandung protein hewani yang memiliki manfaat bagi tubuh. Namun, bila dikonsumsi berlebih, daging bisa menjadi makanan penyebab batu ginjal.

Terlalu banyak mengonsumsi daging bisa membuat urine Anda menjadi asam. Kondisi ini kemudian dapat membuat Anda rentan untuk terkena batu ginjal jenis asam urat.

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein hewani ini. Namun, asupan daging juga perlu dibatasi, terlebih jika Anda sudah memiliki riwayat batu ginjal.

 

 

Telur

Telur juga bisa menjadi makanan penyebab batu ginjal jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Hal ini karena protein tinggi hewani umumnya tinggi purin. 

4 dari 5 halaman

Minuman Pemicu Batu Ginjal

 

Teh Hitam

Makanan tidak menjadi penyebab utama batu ginjal. Minuman tertentu juga berpotensi memicu penyakit ini.

Batu ginjal terbentuk ketika urine mengandung banyak kalsium oksalat dan asam urat, yang kemudian dapat membentuk batu di dalam ginjal. Bahkan, sebanyak 80 persen batu ginjal terbentuk dari kalsium oksalat. 

Ternyata kalsium oksalat ini banyak ditemukan pada teh hitam. Maka itu, konsumsi teh hitam berlebihan dapat mencetuskan batu ginjal. 

Kopi

Kopi mengandung zat oksalat sehingga berpotensi menyebabkan batu ginjal. Selain itu, kopi bersifat diuretik yang bisa membuat tubuh berisiko mengalami dehidrasi.

 

5 dari 5 halaman

Minuman Pemicu Batu Ginjal

Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung asam fosfat tinggi sehingga membuat ginjal bekerja ekstra untuk mengolahnya. Asam fosfat juga dapat bereaksi dengan kalsium dan memicu batu ginjal.

Bagi Anda yang sering mengonsumsi minuman bersoda, segera ubah kebiasaan tersebut. Mulailah menjalankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi lebih banyak air mineral setiap hari demi mencegah terjadinya batu ginjal.

Pemanis Buatan

Pemanis buatan membuat ginjal Anda bekerja lebih keras saat diolah. Hal ini yang berisiko membentuk batu.

Selain bisa memicu batu ginjal, pemanis buatan juga dapat dengan cepat meningkatkan berat badan Anda dan menyebabkan diabetes.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 24/1/2022)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer