Sukses


Jenis-Jenis Senam yang Efektif Bantu Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Senam merupakan satu di antara cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh serta membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik.

Senam dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan, serta menanamkan nilai mental spiritual kepada individu yang melakukannya.

Tidak hanya itu, senam membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Jika dilakukan secara rutin, senam bisa membuat tubuh lebih ideal sehingga dapat membuat seorang tampil lebih percaya diri.

Anda bisa memilih senam berdasarkan tujuan, manfaat yang ingin dicapai, serta kebutuhan tubuh seseorang. Bahkan, ada senam yang cocok dipraktikkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan ideal, ada beberapa jenis senam untuk menurunkan berat badan. Apa saja jenis senamnya?

Berikut ini jenis-jenis senam yang efektif bantu turunkan berat badan, disadur dari Liputan6, Rabu (3/8/2022).

2 dari 4 halaman

1. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan jenis senam yang menggabungkan rangkaian gerak dengan irama musik berkesinambungan dalam durasi waktu tertentu. Senam aerobik bertujuan untuk meningkatkan masuknya oksigen ke tubuh.

Senam aerobik melibatkan serakan tubuh yang lincah sehingga memacu jantung pesenam. Olahraga jenis ini juga mengharuskan seseorang untuk menampilkan gerakan yang kompleks dan berintensitas tinggi sesuai alunan musik.

Senam aerobik secara umum bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan daya tahan jantung. Pasalnya, gerakan dalam senam aerobik mampu meningkatkan kinerja jantung serta melancarkan aliran darah di seluruh tubuh.

Tak hanya baik bagi jantung, senam aerobik juga memberi dampak positif bagi tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari modul resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), senam aerobik kerap dipilih masyarakat lantaran dinilai mampu menjaga kebugaran. Di samping itu, senam ini cocok diterapkan oleh seseorang yang ingin aktif membakar lemak.

3 dari 4 halaman

2. Senam Ritmik

Senam ritmik adalah disiplin senam yang rangkaian gerakannya dilakukan dengan mengikuti iringan musik. Senam ritmik umumnya dapat dibagi menjadi dua kategori, yakni individu (dilakukan oleh pesenam tunggal) dan kelompok.

Dilansir dari Liputan6, senam ritmik yang dilakukan secara teratur dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Alasannya, gerakan dalam disiplin senam ini berguna untuk membakar lapisan lemak dalam tubuh.

Lebih lanjut, olahraga senam ritmik juga diklaim bermanfaat untuk menjaga massa otot dalam tubuh. Rangkaian gerakan dan aktivitas dalam disiplin senam ini mampu meningkatkan massa otot jika dipraktikkan dengan rutin dan berkala.

4 dari 4 halaman

3. Senam Zumba

Zumba merupakan satu  di antara jenis senam yang populer di kalangan masyarakat. Olahraga ini cocok dipraktikkan oleh seseorang yang ingin membakar kalori secara efektif.

Latihan zumba yang dilakukan secara rutin dapat membakar 500–800 kalori per jam. Senam ini cocok dijadikan sarana untuk membantu melancarkan program diet.

Zumba dikategorikan sebagai senam kebugaran dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Zumba terdiri atas gerakan yang sejalan dengan iringan musik.

Rangkaian gerak tersebut dilakukan dalam durasi waktu tertentu sehingga dapat memberi efek positif bagi otot dan denyut jantung pesenam.

Zumba adalah jenis senam yang tergolong baru. Menurut laman resmi MediaKom Kementerian Kesehatan RI, senam zumba diciptakan pada 2002 oleh koreografer asal Kolombia bernama Alberto Beto Perez.

Adapun istilah "zumba" diambil dari kata zum-zum, yang berarti gerakan cepat dalam bahasa Kolombia.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Theresia Melinda Indrasari. Published: 19/4/2022)

Dapatkan artikel bertema senam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer