Sukses


Cara Ikhlas dalam Belajar agar Memiliki Ilmu yang Bermanfaat

Bola.com, Jakarta - Belajar merupakan satu di antara bentuk ibadah menurut agama Islam. Belajar harus dilandasi rasa ikhlas dan berserah diri kepada Allah Swt.

Ikhlas yakni kita tidak mengharapkan apa-apa terkecuali rida dari Allah Swt. Setiap keikhlasan tentunya mempunyai batasan tersendiri. Sama halnya dengan sifat sabar yang ada batasnya.

Namun, ikhlas yang tidak ada batasnya merupakan hal yang sangat dicintai oleh Allah, berkah dari-Nya pun pasti akan selalu mengikuti.

Proses belajar tidak hanya dilakukan di sekolah atau universitas, kita juga bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

Tidak hanya belajar pendidikan formal, tetapi juga berbagai hal yang bisa berguna untuk kehidupan dan kebaikan di dunia.

Ikhlas dalam proses belajar memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun, dengan selalu ikhlas apa pun yang kita hadapi, ilmu yang kita dapat pasti akan menjadi lebih bermanfaat.

Berikut cara ikhlas dalam belajar agar memiliki ilmu yang bermanfaat, seperti dikutip dari laman Dalamislam, Kamis (4/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Ikhlas dalam Belajar agar Memiliki Ilmu yang Bermanfaat

Banyak berdoa

Jika Anda tidak bisa menghadapi lagi masalah yang Anda dapatkan dalam proses Anda menuntut ilmu, saatnya Anda mencari bantuan kepada Sang Pencipta. Perbanyak doa kepada Allah Swt., curahkan kepada-Nya segala kesusahan yang Anda dapatkan.

Kita diajarkan untuk ikhlas dan selalu berdoa jika dalam masalah. Mintalah kepada Allah agar dimudahkan dalam setiap urusan Anda dan agar hati Anda ditenangkan dan diberikan kekuatan dalam menjalani proses yang kita hadapi.

Jangan mudah putus asa

Keputusasaan akan menggiring hati Anda kepada sikap tidak ikhlas karena dengan putus asa, Anda tidak bisa merelakan segala sesuatu dalam diri sendiri.

Rasa putus merupakan satu di antara penyakit hati. Anda harus bisa menyadari bahwa Anda tidak sendiri karena masih banyak di dunia ini yang juga memiliki masalah. Bahkan bisa jadi masalah Anda saat ini belum ada apa-apanya dibandingkan dengan orang lain.

3 dari 4 halaman

Cara Ikhlas dalam Belajar agar Memiliki Ilmu yang Bermanfaat

Perbanyak ibadah

Menjalankan ibadah diharapkan dapat mendekatkan Anda kepada Sang Pencipta. Buat diri Anda lebih dekat dengan Allah Swt. Dengan beribadah membuat Anda hidup dan lebih ikhlas dalam menghadapi masalah.

Akui kekurangan dalam diri

Dalam proses belajar tidak baik jika kita menganggap diri kita serba-bisa, karena pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

Anda diciptakan pasti memiliki kekurangan dan juga memiliki kelebihan. Akui kekurangan Anda dapat membuat anda bisa ikhlas dalam segala aktivitas pembelajaran Anda.

Setelah mengalami kegagalan, Anda bisa menyadari dari awal bahwa Anda memiliki kekurangan dalam diri Anda karena tidak ada manusia yang sempurna.

4 dari 4 halaman

Cara Ikhlas dalam Belajar agar Memiliki Ilmu yang Bermanfaat

Banyak bersabar

Sabar adalah awal dari kita ikhlas. Ketika Anda memiliki sikap sabar, Anda dengan sendirinya merasakan bahwa Anda sudah ikhlas dengan takdir yang sudah ada. Pada dasarnya tidak mudah untuk tahu cara bersikap sabar dalam segala hal, semua tergantung dari diri kita masing-masing.

Tidak mementingkan pandangan orang lain

Dalam hal ini tidak mengejar popularitas adalah cara ikhlas dalam belajar. Jika Anda bekerja atau belajar sesuatu tanpa mengharapkan nama atau pandangan dari orang lain, Anda akan melakukan pekerjaan itu dengan ikhlas demi mendapatkan rida-Nya.

Cara meningkatkan keyakinan diri kita adalah dengan melakukan segala sesuatu secara ikhlas.

Bangun masa depan, jalani proses Anda dengan sebaik-baiknya. Anda juga harus berusaha dalam setiap proses yang Anda pilih. Ikhlas dalam menjalankan dan melakukan tindakan tanpa pamrih. Belajar menjadi satu di antara jalan menuju sukses dunia akhirat menurut Islam.

 

Sumber: Dalamislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer