Sukses


ASEAN Para Games 2022: Setiawan Sumbang Emas Pertama untuk Indonesia dari Parapanahan

Bola.com, Solo - Setiawan sukses menyumbangkan medali emas pertama dari cabor para archery (parapanahan) untuk Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2022, Rabu (3/8/2022) pagi WIB.

Setiawan menjadi juara di kelas individual recurve men open. Cabang olahraga parapanahan ASEAN Para Games 2022 ini digelar di Lapangan Kota Barat, Solo, Jawa Tengah. Setiawan sukses mengalahkan paralympian asal Thailand, Henreuchai Netsiri.

Setelah dinyatakan menang dan meraih medali emas, tangis haru pecah. Setiawan mendapatkna pelukan dari rekan-rekannya. Setiawan pun mengungkapkan rasa senangnya.

"Senang sekali, karena ini penantian dari 2019. Untuk kali pertama saya turun di ASEAN Para Games," terang Setiawan.

 

 

 

 
2 dari 4 halaman

Sempat Ragu

Setiawan mengakui lawan yang dihadapi di final ASEAN Para Games 2022 ini memang tidak mudah. Beberapa kali ia mengaku sempat mengalami keraguan.

"Tadi sempat ingin cancel melakukan tembakan, karena ada keraguan. Akhirnya saya lanjutkan, ketimbang waktunya habis. Bersyukur bisa menuntaskan pertandingan ini dengan kemenangan," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Mudah Menang Lawan Thailand

Sementara itu, di kelas individual recurve open, wakil Indonesia lainnya, yaitu Kholidin, sukses mengalahkan pepanah asal Malaysia, Suresh Salvatamby. Hasil tersebut membuat Kholidin berhak atas medali perunggu di kelas individual recurve open.

"Sebenarnya di kelas individual recurve ini, kami menargetkan hanya satu perak, itu pun atas nama Kholidin. Tak mudah mendapatkan emas karena di sini ada atlet Thailand yang sering ikut Paralimpic. Bahkan di kejuaraan dunia juga dia sempat mendapatkan medali perak," ujar pelatih para archery Indonesia, Dedi Deco.

"Cukup bangga ketika Setiawan bisa memberikan emas dan bisa mengalahkan unggulan dari Thailand," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Hanya Perak di Kategori Putri

Sementara di final recurve women open, wakil Indonesia, Mahda Aulia, juga lolos ke partai puncak. Namun, Mahda ternyata harus legawa karena hanya bisa menyumbangkan medali perak.

Dia kalah dari Wakil Thailand, Phattharaphon Pattawaeo. Atlet Thailand itu pun berhak mendapatkan medali emas.

Sementara untuk perunggu di kelas ini diraih wakil Indonesia lain, Wahyu Retno Wulandari, yang berhasil menang atas atlet Thailand, Tpat Chatyotsakorn.

Video Populer

Foto Populer