Sukses


Cara Menangkal Kolesterol Tinggi, Hindari Penyakit Berbahaya

Bola.com, Jakarta - Cara menangkal kolesterol tinggi perlu diketahui agar Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit, seperti serangan jantung dan stroke. 

Kolesterol tinggi atau dislipidemia adalah ketakseimbangan kolesterol akibat tingginya kadar kolesterol. 

Kolesterol merupakan senyawa yang ditemukan pada lemak/ lipid dalam darah Anda.

Pada dasarnya tubuh memerlukan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan deposit/ simpanan lemak dalam pembuluh darah.

Deposit lemak tersebut akan menyebabkan kesulitan aliran darah yang dalam pembuluh darah arteri. Akibat dari terhambatnya aliran darah tersebut, jantung tidak mendapat darah yang kaya akan oksigen. 

Hal inilah yang akhirnya meningkatkan risiko serangan jantung. Selain itu penurunan aliran darah dalam otak juga dapat menyebabkan stroke.

Namun, Anda bisa mencegah kolesterol tinggi tersebut. Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda lakukan.

Berikut cara menangkal kolesterol tinggi, yang bisa Anda terapkan, disadur dari Klikdokter, Kamis (4/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Menangkal Kolesterol Tinggi

1. Pilih Makanan Sehat

Makanan yang sehat untuk jantung meliputi buah-buahan dan sayuran, gandum atau oat, ikan laut, rendah garam serta lemak. 

Makanan fungsional yang mengandung plant stanol ester, telah terbukti secara ilmiah mampu menurunkan kolesterol jahat hingga 11 persen dalam waktu dua minggu.

2. Aktif Bergerak

Meski sibuk, Anda harus menyediakan waktu untuk melakukan olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. American Heart Association menganjurkan untuk berenang, bersepeda ataupun joging, berlari dan berjalan kaki.

Berolahragalah setidaknya 30 menit sehari sebanyak lima kali seminggu. Tentu saja akan lebih baik jika Anda berolahraga setiap hari.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas berhubungan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Maka itu, pastikan Anda menjaga berat badan tetap ideal, tidak terlalu kurus ataupun gemuk. 

Caranya dengan makan makanan sehat secara teratur dan tentunya berolahraga. Diet ketat saja mungkin membuat Anda lebih kurus tapi tidak menggantikan manfaat olahraga.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menangkal Kolesterol Tinggi

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Minuman beralkohol atau minuman manis dalam kemasan dan makanan cepat saji merupakan jenis makanan yang turut berperan meningkatkan berat badan, kolesterol jahat dan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Rokok juga efektif dalam mempercepat penyempitan akibat plak pembuluh darah jantung dan otak. 

Sementara stres dalam pekerjaan atau kehidupan memang kadang tak terhindarkan, tetapi Anda bisa menyiasatinya. Manajemen stres dan respons Anda dalam menghadapi masalah adalah kunci untuk menyiasati stres.

5. Cek Kesehatan secara Berkala

Dengan periksa dan konsultasi kesehatan ke dokter secara berkala, kondisi penyakit yang mungkin Anda alami dapat diketahui sedini mungkin. 

Dengan ini, tindakan pencegahan atau pengobatan juga dapat segera dilakukan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer