Sukses


Jenis-Jenis Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Ginjal merupakan sepasang organ yang ada di dalam tubuh manusia dan memiliki peran penting dalam menyaring limbah, racun, dan cairan berlebih yang ada di dalam darah, lalu mengeluarkannya melalui urine.

Jika ginjal berhenti bekerja, kotoran dan racun bisa menumpuk di dalam tubuh. Kondisi ini disebut sebagai gagal ginjal.

Itulah mengapa, kita wajib dalam menjaga kesehatan organ ginjal agar tidak terjadi gangguan kesehatan yang tidak diinginkan.

Di sisi lain, penyakit ginjal tidak hanya disebabkan karena organ tersebut berhenti bekerja. Adanya peradangan atau infeksi juga bisa menyebabkan munculnya penyakit ginjal.

Ada beberapa jenis penyakit ginjal yang perlu Anda waspadai lebih lanjut agar Anda lebih memahami dan bisa menjaga kesehatan ginjal lebih maksimal.

Berikut jenis-jenis penyakit ginjal yang harus diwaspadai, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (5/8/2022).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Ginjal

1. Batu Ginjal

Batu ginjal adalah satu di antara jenis penyakit ginjal yang umum ditemukan. Hal ini terjadi ketika mineral dan zat lain di dalam darah menumpuk, lalu mengkristal, hingga membentuk massa seperti batuan di ginjal.

Batu ginjal biasanya ditandai dengan gejala sakit pinggang, kencing terasa sakit, dan air kencing bewarna keruh atau berdarah.

Batu ginjal bisa diatasi dengan melakukan extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Ini adalah proses memecahkan batu ginjal dengan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi.

2. Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis juga disebut sebagai gagal ginjal. Penyakit ginjal kronis umumnya disebabkan oleh penyakit lain yang mendasari. Di antaranya sebagai berikut:

- Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan tekanan pada glomerulus. Glomerulus adalah area di ginjal yang berfungsi untuk membersihkan darah.

Makin tinggi tekanan di pembuluh darah, makin memburuk fungsi ginjal Anda. Nantinya, ginjal berisiko rusak dan tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah atau glukosa yang tinggi. Ketika kadar glukosa tinggi, pembuluh darah di ginjal dapat rusak. Alhasil, ginjal tidak bisa menyaring darah dengan benar dan tubuh dapat dipenuhi oleh racun.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Ginjal

3. Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik adalah kelainan genetik yang menyebabkan adanya kista atau kantung kecil berisi cairan di ginjal. Kista tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal dan menyebabkan gagal kerja organ tersebut.

4. Infeksi Saluran Kemih

Kondisi ini terjadi akibat infeksi bakteri yang menyerang sistem saluran kemih. Masalah kesehatan ini dapat segera diobati dan jarang menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Namun, jika dibiarkan begitu saja, infeksi ini dapat menyebar dan menyebabkan gagal ginjal.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Ginjal

5. Glomerulonefritis

Jenis penyakit ginjal ini disebabkan karena adanya peradangan pada glomerulus. Peradangan glomerulonefritis dapat disebabkan oleh infeksi, efek samping pemakaian obat-obatan, atau kelainan bawaan.

6. Kanker Ginjal

Kanker ginjal merupakan penyakit yang sering terjadi pada orang usia lanjut. Kanker ginjal juga biasa disebut sebagai karsinoma sel ginjal.

Kondisi ini terjadi ketika sel kanker mulai tumbuh dan menyebar pada filter kecil di ginjal. Umumnya, fungsi ginjal untuk menyaring darah tidak lagi maksimal.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Ginjal

7. Nefropati Diabetik

Ini adalah komplikasi dari penyakit diabetes tipe 2, di mana fungsi ginjal, terutama bagian nefron, terganggu akibat kadar glukosa tinggi.

Nefropati diabetik juga dapat terjadi ketika Anda tidak mengobati kondisi diabetes Anda dengan benar.

Kerusakan pada nefron atau bagian ginjal akibat gula darah yang tinggi nantinya akan berujung pada gagal ginjal.

8. Nefritis Lupus

Nefritis lupus adalah istilah yang terjadi saat ada pembengkakan atau iritasi di ginjal akibat mengidap penyakit lupus.

Lupus adalah penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem imun keliru dan menyerang sel-sel sehat tubuh sendiri. Saat sistem imun menyerang ginjal, organ tersebut dapat mengalami pembengkakan, iritasi, lalu berakhir dengan kerusakan serius.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/10/2020)

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer