Sukses


3 Cara Terbebas dari Cacar Monyet yang Perlu Dicermati

Bola.com, Jakarta - Penyakit cacar monyet (monkeypox) kini sedang menjadi pembicaraan hangat. Penyakit ini dilaporkan telah menyebar di negara Eropa dan Amerika Utara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa penyakit cacar monyet sebagai darurat kesehatan global, Juni lalu.

Bagi sebagian besar orang, mungkin penyakit ini terdengar asing karena memang jarang ditemukan.

Penyakit cacar monyet adalah penyakit zoonosis, di mana virus penyebabnya dapat menyebar dari hewan ke manusia.

Hewan yang terinfeksi umumnya adalah monyet, tupai, dan tikus Gambian. Selain itu, penyebaran penyakit ini dapat terjadi dari manusia ke manusia.

Pada orang yang terinfeksi penyakit cacar monyet, biasanya mengalami gejala seperti demam, ruam, dan pembengkakan kelenjar getah bening, serta dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Penyakit cacar monyet tak bisa dianggap remeh. Perlu adanya tindakan pencegahan yang Anda lakukan untuk memperkecil risiko tertular penyakit cacar monyet.

Berikut ini beberapa cara agar terbebas dari penyakit cacar monyet, yang perlu dicermati, disadur dari Klikdokter, Jumat (5/8/2022).

2 dari 4 halaman

Hindari Kontak Langsung dengan Hewan yang Berasal dari Benua Afrika

Menurut organisasi kesehatan Center of Disease Control and Prevention, hingga kini langkah pencegahan yang dianggap paling efektif untuk melawan cacar monyet adalah menghindari kontak langsung dengan hewan dari Afrika, terutama yang dicurigai terinfeksi cacar monyet.

Apabila sudah terlanjur melakukan kontak langsung, orang tersebut harus dikarantina dan diobservasi ketat selama 30 hari. Setelahnya, jika tidak terdapat tanda-tanda infeksi, orang tersebut baru diperbolehkan beraktivitas.

3 dari 4 halaman

Rajin Cuci Tangan

Mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air hangat adalah cara yang efektif untuk mencegah penyebaran penyakit cacar monyet.

Usahakan membiasakan diri Anda untuk mencuci tangan setelah beraktivitas atau sebelum makan.

4 dari 4 halaman

Urungkan Niat Bepergian ke Negara yang Sedang Mengalami Wabah

Sebisa mungkin hindari rencana bepergian ke daerah sumber wabah cacar monyet seperti negara-negara di Afrika Tengah.

Jika Anda terpaksa harus pergi, disarankan untuk tetap menghindari kontak secara langsung dengan hewan yang dapat menularkan virus cacar monyet, seperti tupai dan tikus.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/9/2018)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer