Sukses


Contoh-Contoh Paragraf Induktif yang Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Paragraf adalah kumpulan kalimat yang saling berhubungan. Secara umum, paragraf dipakai untuk menyatakan atau mengembangkan sebuah gagasan dalam teks.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru).

Dalam suatu karangan, semua gagasan dikemas dalam bentuk paragraf-paragraf. Kemudian dalam paragraf ada gagasan pokok atau utamanya dan gagasan penjelasan.

Perlu diketahui, berdasarkan letak gagasan utama, ada lima jenis paragraf. Satu di antaranya jenis paragrafnya ialah paragraf induktif.

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat pokoknya terdapat pada bagian akhir. Paragraf induktif mempunyai ciri-ciri umum yang bisa kamu cermati.

Ciri yang pertama yaitu diawali dengan penyebutan peristiwa-peristiwa khusus yang berfungsi sebagai penjelas dan merupakan pendukung gagasan utama. Kemudian ciri yang kedua, menarik simpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus itu.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencermati contoh paragraf induktif. Ada banyak contoh paragraf induktif bisa kamu pahami.

Berikut ini kumpulan contoh paragraf induktif yang mudah dipahami, dilansir dari laman Gurupendidikan, Jumat (5/8/2022).

2 dari 5 halaman

Contoh Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Induktif 1

Salju yang turun dari langit memberikan hiasan yang indah untuk bumi. Beberapa kota disulap dengan nuansa putih, menghasilkan pemandangan cantik danĀ  memikat bagi penikmat keindahan. Hawa dinginnya makin hari menggigit kawasan-kawasan yang beriklim sub tropis dan sedang ini. Inilah musim dingin yang terjadi di Negeri Matahari Terbit.

Contoh Paragraf Induktif 2

Bagi peserta yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan, tentu akan dijatuhi sanksi pada pelanggarnya. Adanya aturan yang ditetapkan oleh panitia ini dilakukan untuk menunjang ketertiban peserta yang mengikuti acara tersebut. Jadi, setiap peserta dan panitia wajib menaati peraturan yang berlaku agar acara terselenggara dengan lancar.

3 dari 5 halaman

Contoh Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Induktif 3

Bagi warga Jakarta, membuang sampah senaknya ke sungai sudah jadi kebiasaan, bahkan tradisi sejak dulu. Padahal, kebiasaan buruk ini sudah dirasakan akibatnya hampir setiap tahun. Sampah-sampah ini bisa menyebabkan aliran sungai terhambat dan akhirnya menimbulkan banjir. Tidak heran banjir yang terjadi di Jakarta sering kali disebabkan oleh tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai.

Contoh Paragraf Induktif 4

Belajar dengan sistem SKS alias Sistem Kebut Semalam bukan hal yang patut dicontoh. Apalagi kalau esok harinya adalah hari ujian. Akibat yang bisa dirasakan adalah rasa kantuk ketika sedang mengerjakan ujian. Maka itu, persiapkan diri dan mulai belajar sejak jauh-jauh hari sebelum waktu ujian tiba.

4 dari 5 halaman

Contoh Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Induktif 5

Rasulullah Muhammad saw. memiliki sifat penyayang terhadap sesama manusia. Makanya, ketika isu terorisme merebak, sejumlah tokoh Islam menegaskan untuk tidak mengaitkannya dengan Islam. Justru Islam dengan tegas menolak kekerasan dan lebih memilih musyawarah dalam menyelesaikan segala persoalan. Ini disebabkan Islam yang memang merupakan agama yang cinta damai dan menekankan tentang pentingnya toleransi.

Contoh Paragraf Induktif 6

Secara ekonomi, kota ini sangat kondusif untuk berbisnis. Secara budaya, kota ini amat kaya akan ragam budaya etnis. Penduduknya relatif terbuka terhadap unsur etnis yang berbeda-beda. Secara geografis, kota ini terletak di daerah yang relatif tinggi, tetapi tidak terlalu tinggi. Artinya, kota ini relatif sejuk. Itulah antara lain tiga hal yang membuat kami merasa amat kerasan tinggal di Kota Bandung ini.

5 dari 5 halaman

Contoh Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Induktif 7

TidakĀ  bisa dimungkiri, fenomena yang sekarang berkembang adalah anak-anak yang lebih familier dengan cerita Tom and Jerry, Spongebob, Naruto, Avatar (the legend of Ang), serial Barbie, dan cerita lainnya yang biasa disajikan oleh media televisi. Begitu juga para remaja yang lebih menggemari cerita serial Harry Potter, Batman, Spiderman, daripada cerita daerah seperti Ande-Ande Lumut, Timun Mas, Roro Jonggrang, dan sebagainya. Dalam hal permainan, mereka lebih mengenal UNO, puzzle, dan game-game lain dari komputer atau PS daripada permainan daerah semisal gobak sodor, engklek, gundu, dakonan, dan lainnya. Gejala ini menunjukkan bahwa budaya luar menjadi kiblat dan makin akrab pada anak dan remaja sekarang ini.

Contoh Paragraf Induktif 8

Banyak gajah yang mati karena kelaparan dan kurus. Hal ini karena gajah tersebut tinggal di habitat yang tidak semestinya. Di tempat yang mereka tinggali, makanan tidak tersedia dengan cukup dan tidak seimbang dengan jumlah gajah. Akibatnya, mereka banyak yang mati kurus karena kelaparan. Tak heran jika kini gajah makin berkurang jumlahnya.

Ā 

Sumber: gurupendidikan.com

Dapatkan artikel seputar paragraf lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer