Sukses


Daftar Danau Terbesar di Dunia beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Danau merupakan satu di antara fenomena alam yang menyajikan pemandangan yang menakjubkan.

Keberadaan danau sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup di bumi. Adanya danau tersebut bisa sebagai sumber air, habitat untuk para makhluk hidup, pengendali bencana alam, pembangkit listrik, dan juga sarana irigasi.

Danau terbentuk melalui proses glasial, aktivitas tektonik, aktivitas vulkanik, atau manusia sengaja menciptakannya.

Ada beberapa danau terbesar di dunia yang tersebar di berbagai negara. Setiap danau tersebut mempunyai karakteristik unik.

Tak sedikit orang yang penasaran dan ingin mengetahui danau terbesar di dunia. Bagi kamu yang ingin mengetahui danau terbesar di dunia, kamu bisa menyimak ulasan pada artikel ini.

Berikut ini daftar danau terbesar di dunia beserta penjelasannya, dikutip dari laman id.topworldtraveling.com, Jumat (5/8/2022).

2 dari 6 halaman

Daftar Danau Terbesar di Dunia beserta Penjelasannya

1. Laut Kaspia

Meskipun namanya laut, secara teknis Laut Kaspia merupakan sebuah danau terbesar di dunia, karena sepenuhnya tertutup dan membentang di lima negara yang berbeda.

Total luas permukaannya adalah 371.000 kilometer persegi. Laut Kaspia ini menampung 78.200 km kubik air.

Laut Kaspia  juga merupakan danau terdalam ke-3 di dunia. Danau ini bagian terdalamnya mencapai 1.025 m di bawah permukaan.

Adapaun kedalaman rata-ratanya adalah 211 m. Laut Kaspia mempunyai "cekungan endorheik" diakibatkan tidak adanya arus keluar. Cekungan danau ini berada di Iran, Turkmenistan, Kazakhstan, Azerbaijan dan Rusia.

2. Danau Superior

Danau Superior terletak di provinsi Ontario, Kanada, dan negara bagian AS di Michigan, Minnesota, dan Wisconsin, Danau Superior merupakan danau terbesar dari Great Lakes di Amerika Utara dan danau air tawar terbesar di dunia.

Danau Superior memiliki luas permukaan 82.170 km2. Danau Superior memiliki garis pantai sepanjang 2.783 kilometer serta menjadi rumah bagi banyak pulau.

Danau Superior mempunyai kedalaman maksimum 400 m. Sedangkan usia Danau Superior adalah 10.000 tahun. Danau Superior merupakan rumah bagi sekitar 58 spesies anggrek.

3 dari 6 halaman

Daftar Danau Terbesar di Dunia beserta Penjelasannya

3. Danau Victoria

Danau Victoria dikenal sebagai Victoria Nyanza. Danau Victoria merupakan danau terbesar di Afrika dengan area permukaan mencapai 68.800 km2.

Selain itu, Danau Victoria juga merupakan danau air tawar terbesar kedua di dunia. Sebagian besar danau berada di Tanzania (49 persen), sementara 45 persen di Uganda dan hanya enam persen di Kenya.

Ada 85 pulau berbeda di dalam danau, yang semuanya berada di Uganda selain dari yang terletak di Kenya.

4. Danau Huron

Danau Huron adalah satu di antara dari danau terbesar di Amerika Utara. Danau ini terletak di antara negara bagian Michigan di Amerika Serikat dan Ontario di Kanada.

Danau Huron memiliki total luas permukaan 59.570 km². Tidak hanya luas, danau ini juga cukup dalam. Danau Huron memiliki kedalaman hingga 229 meter.

4 dari 6 halaman

Daftar Danau Terbesar di Dunia beserta Penjelasannya

5. Danau Michigan

Danau Michigan memiliki ukuran kira-kira 57.757 km² dari luas permukaan. Danau Michigan merupakan danau terbesar ketiga di Amerika Utara.

Danau Michigan melewati beberapa wilayah seperti Manitowoc, Ludington, dan Benton Harbor. Tiga wilayah tersebut membentuk pola segitiga, sehingga banyak orang menjuluki Danau Michigan sebagai kembaran dari Segitiga Bermuda.

Sedangkan kota terbesar yang ada di Danau Michigan ini adalah Chicago.

6. Danau Tanganyika

Danau Tanganyika memiliki luas wilayah 32.893 km², Danau Tanganyika dikategorikan sebagai danau terluas keenam di dunia.

Danau yang juga disebut Great Lake-nya Afrika ini memiliki cekungan yang mencakup negara Tanzania, Zambia, Burundi, dan Republik Kongo.

Danau yang terbentuk melalui pergerakan tektonik ini menghasilkan enam pulau, yakni Mamba-Kayenda, Kavala, Mutondwe, Milima, Kibishie dan Kumbula.

Bahkan, danau ini disebut-sebut sebagai danau terdalam kedua di dunia yang mana kedalamannya sekitar 570 meter - 1.460 meter.

5 dari 6 halaman

Daftar Danau Terbesar di Dunia beserta Penjelasannya

7. Danau Baikal

Danau Baikal dikatakan sebagai danau air tawar tertua yang ada di bumi. Danau Baikal sudah ada selama sekitar 25-30 juta tahun.

Danau ini berada di bagian tenggara Siberia, dan memiliki kedalaman sekitar 744 meter - 1.642 meter. Danau Baikal dikategorikan sebagai danau terdalam peringkat pertama.

8. Danau Great Bear

Danau Great Bear atau The Great Bear Lake, bertetanggaan dengan Danau Slave di Kanada. Luasnya yang sebesar 31.000 km persegi membuat danau ini terlihat seperti lautan lepas.

Danau Great Bear terbentuk dari aktivitas gunung berapi dan memiliki kedalaman rata-rata yang cukup dangkal, yaitu sekitar 71 meter.

6 dari 6 halaman

Daftar Danau Terbesar di Dunia beserta Penjelasannya

9. Danau Malawi

Danau Malawi dikenal sebagai Danau Nyasa dan Lago Niassa. Danau Malawi merupakan danau terbesar kesembilan di dunia dan terdalam kedua di Afrika.

Danau Malawi memiliki luas 29.500 km². Danau tersebut membentang di sepanjang sebagian besar perbatasan timur Malawi.

10. Danau Great Slave

Walaupun Danau Great Slave berada di daftar paling akhir, danau ini merupakan danau terdalam di Amerika Utara dengan kedalaman 614 meter.

Danau ini luas totalnya sekitar 28.930 km2 dan terletak di Northwest Territories, Kanada.

 

Sumber: id.topworldtraveling.com

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer