Sukses


Klasemen Medali ASEAN Para Games 2022: Indonesia Sabet Juara Umum

Bola.com, Solo - Kontingen Indonesia memastikan tampil sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022. Indonesia selaku tuan rumah, berdiri kukuh di urutan pertama dalam perolehan medali, Jumat (5/8/2022) malam WIB.

Data hingga pukul 21.00 WIB, Indonesia merajai perolehan medali ASEAN Para Games 2022 dengan untuk sementara merengkuh total 38 medali. Terdiri dari 153 emas, 131 perak, dan 105 perunggu.

Posisi kedua diduduki Thailand dengan rincian 101 medali emas, 106 perak, dan 81 perunggu. Vietnam membuntuti di posisi ketiga dengan perolehan 64 medali emas, 52 perak, 49 perunggu.

Malaysia masih bertahan di posisi empat dengan 33 medali emas, 19 perak, dan 13 perunggu. Filipina mengunci posisi kelima dengan torehan 28 emas, 29 perak, dan 42 perunggu.

2 dari 6 halaman

Pecahkan Rekor dan Panen Emas

Kontingen Indonesia berjaya dengan terus memanen medali emas hingga memecahkan rekor. Dari cabor Parapowerlifting, Shebrioni sukses menuntaskan angkatan ketiga seberat 103 kg. Ia berhasil mengungguli lawannya Arawan Bootpo (Thailand) yang  gagal menyelesaikan angkatan ketiga seberat 101 kg.

Shebrioni memecahkan rekor angkatan terbaik ASEAN Paragames di kelas 67 kg atas nama atlet Thailand, Somkhoun Anon sebesar 95 kg. Tak hanya merebut emas dari angkatan terbaik, mojang Bandung ini juga mengamankan emas dari total angkatan (298 kg). Akumulasi angkatannya jauh meninggalkan Tran Thi Chau (Vietnam) di posisi kedua dengan 240 kg.

Shebrioni mempersembahkan prestasinya pada seluruh warga Indonesia. Dia berharap dua emasnya bisa menjadi kado manis bagi Indonesia yang akan berusia 77 tahun pada 17 Agustus nanti. “Emas ini persembahan untuk HUT Indonesia, tim pelatih serta keluarga,” ujar peraih emas Peparnas Papua 2021 itu.

3 dari 6 halaman

Parabadminton Juara Umum

Sementara itu dari cabang olahraga Parabadminton, kontingen Indonesia di atas kertas telah memastikan diri keluar sebagai juara umum meski kompetisi masih menyisakan satu hari.

Pundi-pundi medali emas Indonesia kembali bertambah. Tak tanggung-tanggung, ada sembilan nomor yang berhasil diamankan oleh tuan rumah. Dengan torehan 11 medali emas, Indonesia dipastikan tampil sebagai juara umum cabor Parabadminton ASEAN Paragames Solo 2022 yang total mempertandingkan 19 nomor.

4 dari 6 halaman

Blind Judo Gemilang

Status juara umum juga berhasil disabet tim judo tunanetra Merah Putih. Judoka Indonesia menambah dua emas di hari terakhir penyelenggaraan cabang olahraga judo tunanetra ASEAN Paragames Solo 2022 di Tirtonadi Convention Hall, Solo, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022).

Tambahan dua medali emas berhasil diraih dari nomor beregu putra (-60 kg, -73 kg, dan +73 kg) dan putri kelas -48 kg, -57 kg, dan +57 kg. Secara total, judoka Indonesia mempersembahkan 9 emas, 5 perak dan 3 perunggu dari 10 nomor yang dipertandingkan.

5 dari 6 halaman

Voli Duduk Penuhi Target

Capaian target emas juga berhasil dituntaskan oleh tim voli duduk putri Indonesia. Mereka menjadi kampiun setelah mengalahkan Thailand dengan skor 3-0 di GOR Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022) kemarin.

“Kami dari awal ditargetkan emas dan bersyukur ini bisa tercapai. Hasil ini atas kerja keras semuanya baik dari pemain, tim pelatih, ofisial, serta dukungan dari suporter,” kata Pelatih Tim Voli Duduk Putri Indonesia, Andri Asrul Setiyawan.

6 dari 6 halaman

Goalball Lepas

Tim goalball Thailand mengawinkan medali emas ASEAN Paragames 2022 di Solo, Jawa Tengah. Tim putra dan putri Thailand tampil dominan selama penyelenggaraan turnamen antar negara Asia Tenggara itu.

Dari sektor putri, tercatat anak asuhan Tarawoot Gumneudsook itu tidak terkalahkan dari lawan-lawannya. Sepanjang ASEAN Para Games 2022 tercatat tim goalball putri Thailand tidak terkalahkan dengan mengalahkan Indonesia (11-1), Myanmar (10-0), Singapura (9-5), dan Laos (7-3).

Pada babak semifinal, wakil Negeri Gajah Putih itu melaju ke laga pemungkas seusai mengalahkan Laos dengan skor telak 8-1. Puncaknya ialah saat mengatasi perlawanan Singapura di partai final dengan skor cukup telak 7-1.

 

Dengan kemenangan ini, Thailand berhak atas medali emas dan Singapura harus puas meraih medali perak. Medali perunggu di ajang goalball putri diraih oleh Indonesia seusai menang dramatis dalam babak adu penalti melawan Laos dengan skor 6-5.

Video Populer

Foto Populer