Sukses


Cara Daftar Google Adsense, Mudah dan Tidak Ribet

Bola.com, Jakarta - Di era modern, istilah Google Adsense merupakan hal yang umum didengar. Google Adsense adalah program kerja sama periklanan melalui media internet yang dibuat oleh Google.

Seluruh pengguna dapat mengikuti layanan ini dengan syarat mempunyai blog atau website.

Melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya, diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, atau yang biasa dikenal dengan sistem pay per click (ppc)atau bayar per klik.

Biasanya website yang mengikuti program Google AdSense ini ditandai dengan adanya iklan pada bagian sidebars atau tengah-tengah artikel. Hal ini tergantung pada pemilik website mengaturnya.

Berikut cara daftar Google Adsense, disadur dari Liputan6, Senin (8/8/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Akun Google Adsense

1. Buka https://www.google.com/adsense/start.

2. Klik Daftar Sekarang.

3. Masukkan URL situs tempat Anda ingin menampilkan iklan. Pelajari lebih lanjut cara memasukkan URL. (Jika situs Anda ada di satu di antara situs partner host Google (seperti Blogger atau YouTube, dan sejenisnya), Anda dapat menyelesaikan langkah-langkah ini dengan mengklik Lanjutkan Di… setelah memasukkan URL. Dengan begitu, Google dapat menyiapkan akun Anda lebih cepat karena situs partner host menggunakan proses pembuatan akun yang berbeda.)

4. Masukkan alamat email.

5. Pilih apakah Anda ingin AdSense mengirimkan rekomendasi performa dan bantuan yang disesuaikan. (Sebaiknya Anda memilih Ya agar Google dapat membantu Anda memaksimalkan AdSense. Anda dapat mengubah setelan kontak nanti.)

6. Klik Simpan dan lanjutkan.

7. Login ke Akun Google.

8. Pilih negara atau wilayah Anda.

9. Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.

10. Klik Buat akun.

3 dari 3 halaman

Cara Mendaftarkan Google AdSense di YouTube

Masuk pada Pengaturan Video Manager YouTube

Jika telah memiliki akun Google dan channel YouTube, Anda bisa mendaftar Google Adsense. Langkah yang harus dilakukan adalah pengaturan video manager yang ada pada akun Anda.

Akan muncul pada gambar bagian pojok kanan atas pada gambar profil, lalu cari dan klik Creator Studio. Akan muncul tampilan Buat Saluran.

Upload Video

Selanjutnya jangan lupa untuk upload video di akun YouTube Anda minimal tiga hingga lima video. Video harus asli buatan sendiri dan buatlah konten yang menarik agar banyak yang suka dan subscribe.

Perhatikan juga pada saat mengunggah video, pilihlah judul video dan deskripsi video serta tags yang sesuai dengan video yang Anda unggah.

Aktifkan Monetisasi YouTube

Pilih menu Creator Studio, kemudian masuk ke menu Saluran - Status dan Fitur. Terdapat kolom Monetisasi, kemudian pilih Aktifkan’ Kemudian beri tanda checklist pada semua kolom kotak yang tersedia, lalu klik Saya Setuju.

Beri tanda checklist pada kolom kotak dan klik Monetisasi. Anda hampir selesai membuat akun Adsense dan video yang dikirim sedang dalam tahap peninjauan oleh pihak Google Adsense.

Kaitkan AdSense YouTube

Klik Monetisasi, kemudian klik Bagaimana Saya akan Dibayar dan klik Mengaitkan Akun Adsense. Selanjutnya Anda bisa klik pilihan Berikutnya. Kemudian isi data, jangan sampai asal isi data saat mendaftar Adsense di Youtube. Kemudian pilih Kirim Permohonan Saya.

Pasang Unit Iklan di YouTube

Anda akan menerima e-mail mengenai status pengajuan kurang lebih dalam waktu seminggu. Nantinya, jika pengajuan permohonan Adsense diterima, Anda akan mendapat surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat e-mail.

Nikmati Penawaran Terbaik dari Google

Dengan membaca ulasan yang diberikan, Anda akan makin bersemangat mencari penghasilan dari Google. Mendapatkan penghasilan dari Google bukan sesuatu hal yang mustahil. Asal Anda melakukannya dengan tekun dan konsisten, Anda akan dapat menikmati keuntungannya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 23/12/2020)

Yuk, baca artikel artikel daftar lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer