Sukses


Pengertian Franchise beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Bola.com, Jakarta - Bisnis franchise atau waralaba merupakan satu di antara jenis usaha yang cukup populer dan diminati banyak orang. Franchise merupakan kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai kesepakatan.

Kata "franchise" berasal dari bahasa Prancis yang berarti waralaba. Sementara dalam bahasa Inggris disebut dengan franchising.

Dengan sistem waralaba, peminat bisnis dapat dengan tenang menjalankan usaha mereka, walau hanya mempunyai pengalaman dan pengetahuan minim dalam menjalankan bisnis tersebut.

Maka itu, Anda akan banyak melihat restoran, kafe, dan kios-kios makanan dengan nama yang sama di tempat atau kota yang berbeda.

Banyak orang yang beranggapan menjalankan bisnis franchise berarti mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Akan tetapi, hal tersebut tidak pasti terjadi karena terdapat banyak biaya yang diperlukan untuk menjalankan dan keuntungan yang terpotong untuk pemberi waralaba.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman terkait sistem bisnis franchise atau waralaba, disadur dari Liputan6, Senin (8/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pengertian Franchise

Franchise merupakan hak kelola atau hak pemasaran secara sederhananya. Kegiatan waralaba atau franchise adalah saat Anda mempunyai hak untuk membuka usaha dengan merek dagang dan sistem bisnis yang telah dimiliki orang lain sebelumnya.

Franchise adalah bisnis saat franchisor (pemberi waralaba) yang dapat berupa badan usaha atau individu yang memberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas penemuan atau kekayaan intelektual serta ciri khas usaha miliknya kepada pihak lain.

Dengan kata lain, penerima waralaba (franchisee) mempunyai hak untuk melakukan usaha menggunakan merek dagang (nama dagang) dan menggunakan sistem bisnisnya.

Dalam Peraturan Pemerintahan No. 42 Tahun 2007 menyebutkan bahwa franchising adalah atau waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang, perorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan atau digunakan oleh pihak berdasarkan perjanjian waralaba.

Sekarang ini sudah sangat banyak bisnis franchise atau waralaba di Indonesia, baik yang sudah berskala besar maupun yang masih berskala kecil.

3 dari 5 halaman

Jenis Franchise

Jenis franchise, sebagai berikut:

  • Waralaba luar negeri, franchise yang cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima di berbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi. Tentunya jenis franchising ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
  • Waralaba dalam negeri, juga menjadi satu di antara pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha, tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup peranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.

Selain itu, ada juga jenis franchise yang dibagi berdasarkan produknya, yaitu franchise produk, franchise jasa, dan franchise gabungan. Ketiganya merupakan jenis franchise yang dibedakan dari produk yang ditawarkan bisnis waralaba tersebut.

4 dari 5 halaman

Tipe Franchise

Trade Name Franchising

Trade name franchising adalah tipe franchise yang sudah mendapatkan hak dari franchisor untuk melakukan produksi secara langsung, tetapi masih dalam pengawasan franchisor.

Product Distribution Franchising

Product distribution franchising adalah tipe franchise yang hanya memiliki hak untuk melakukan pendistribusian produk pada wilayah tertentu saja. Bisa jadi setiap wilayah memiliki perusahaan distribusi yang berbeda, walaupun dengan produk yang sama.

Pure Franchising

Tipe franchise ini adalah jenis waralaba yang mendapatkan hak secara penuh dari franchisor mulai proses produksi, penjualan, manajemen, distribusi, dan lainnya.

5 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan bisnis yang tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, yakni:

Kelebihan bisnis franchise

  • Bisnis yang telah terbangun dan telah teruji serta realisasi dengan baik dapat membuat Anda terhindar dari kegagalan bisnis.
  • Bisnis tersebut sudah dikenal oleh masyarakat sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk melakukan pemasaran.
  • Manajemen finansial yang mudah karena franchisor telah menetapkan sistemnya dari awal kerja sama yang telah terbangun (dengan pemasok, pihak pemasaran atau iklan) dan memudahkan franchisee untuk meneruskannya.
  • Dukungan beragam yang diberikan oleh franchisor (pelatihan mengenai proses pemasaran, finansial, dan tips dalam menjalankan usaha).

Kekurangan bisnis franchise

  • Anda memiliki kendali minimal atas bisnis karena sistem yang telah ditentukan dari pertama.
  • Ketergantungan pada supplier yang telah ditentukan franchisor, walau Anda mendapatkan pemasok dengan harga yang lebih murah.
  • Ketergantungan pada reputasi waralaba lain, jika ada waralaba lain yang melakukan kesalahan hingga merusak reputasi merek dagang franchise tersebut. Hal ini akan berdampak bagi bisnis Anda karena nama dagang yang sama.
  • Biaya waralaba yang beragam seperti biaya pembelian merk dagang di awal perjanjian serta biaya lanjutan untuk dukungan dan pelatihan.

 

Disadur dari Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Tyas Titi Kinapti. Published: 24/12/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer