Sukses


Pebulutangkis Muda PB Djarum Bawa Jawa Tengah Juara Umum di Piala Presiden 2022

Bola.com, Jakarta - Kontingen Jawa Tengah sukses meraih titel juara umum pada kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022 di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

Sembilan gelar juara berhasil diraih kontingen Jawa Tengah, yang seluruhnya disumbangkan pebulutangkis muda PB Djarum. Aroma kemenangan sejatinya sudah tercium sejak semifinal yang didominasi atlet Jawa Tengah.

Pada fase ini pula, tim kuat seperti Jawa Barat dan Jawa Timur tidak berhasil mengirimkan atletnya. Selepas laga puncak Piala Presiden 2022, tim Jawa Tengah memastikan diri sebagai juara umum dengan sukses mengkoleksi 9 medali emas, 7 medali perak, dan 12 medali perunggu.

Sementara itu, DKI Jakarta mengekor sebagai runner-up dengan raihan 1 medali emas, 4 medali perak, dan 8 medali perunggu. Lalu, disusul Sumatera Utara di posisi ketiga dengan 1 medali emas. Terakhir ada Banten dengan raihan 2 medali perunggu.

Pemberian Trophy Piala Presiden diserahkan langsung oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto yang mewakili Presiden Joko Widodo, kepada Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf.

Presiden Jokowi berhalangan hadir karena harus menutup pesta olahraga ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah. Selain mendapatkan Piala Presiden, Jawa Tengah juga mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 250 juta.

 

2 dari 4 halaman

Dipuji Menhan

Dalam sambutannya, Menhan Prabowo turut mengakui kehebatan atlet-atlet muda Jawa Tengah yang sukses meraih gelar juara umum di kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022.

"Olahraga adalah bagian penting dalam pembangunan bangsa, kalau rakyatnya kuat, bangsanya kuat. Kalau rakyatnya lemah, bangsanya lemah. Karena itu olahraga adalah salah satu tolak ukur pembangunan suatu bangsa," ujar Prabowo dalam rilis yang diterima Bola.com.

"Dari kejuaraan ini kita harapkan tiga sampai empat tahun yang akan datang akan mewakili Indonesia di kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia. Dalam kejuaraan ini dari 30 provinsi dan seperti yang kita tahu bersama Jawa Tengah keluar sebagai juara umum," kata Prabowo dalam sambutannya.

 

3 dari 4 halaman

Buah Manis Pembinaan

Sementara itu, Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin menyatakan kemenangan yang dipersembahkan atlet muda PB Djarum bagi kontingen Jawa Tengah di Piala Presiden 2022 merupakan buah manis dari pembinaan atlet usia dini yang selama ini telah berjalan.

"Turnamen Piala Presiden 2022 ini memang menjadi ajang bagi para atlet yang telah kami bina untuk menunjukkan kemampuan mereka di atas lapangan. Dan ternyata, mereka menjawabnya dengan prestasi," kata Yoppy.

"Tak hanya jadi juara umum, tapi kami juga melampaui target yang semula mengincar enam gelar juara, tapi berhasil membawa pulang sembilan gelar. Meski begitu tetap ada evaluasi yang harus dilakukan. Terutama untuk sektor tunggal putri," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Atlet Jawa Tengah Peraih Medali Emas di Piala Presiden 2022:

TAPA U13 : Alif M. Akbar

TAPI U13 : Aqelatul Amaliyah Rahma

TPA U15 : Radithya Bayu Wardana

GPA U15 : Muhammad Rizki Mubarrok/Raihan Daffa Edsel

GPI U15 : Jolin Angelia/Shaafiya Yasmin Maitsaa

TRA U17 : Moh. Zaki Ubaidillah

GRA U17 : Dapa Lesmana/Pulung Ramadhan

GRI U17 : Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma

GRC U17 : Darren Aurelius/Titis Maulida Rahma

Video Populer

Foto Populer