Sukses


4 Contoh Teks Prosedur Protokol Singkat, Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi langkah-langkah mengerjakan sesuatu. Teks prosedur tanpa kita sadari sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Sangat mudah mengenali teks prosedur karena teks prosedur mempunyai ciri khas, baik dari segi isi maupun kebahasaannya.

Secara umum, tujuan teks prosedur ialah untuk membantu seseorang memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat.

Jadi, dengan adanya teks prosedur saat kita membuat atau melakukan sesuatu, bisa sesuai langkah-langkah yang ada secara berurutan. Tentunya bisa berakibat fatal jika dilakukan secara acak atau tidak sesuai petunjuk yang ada.

Itulah sedikit penjelasan tentang teks prosedur. teks prosedur ini punya jenis-jenis berdasarkan susunan dan fungsinya masing-masing.

Satu di antara jenis teks prosedur tersebut ialah teks prosedur protokol. Teks prosedur protokol merupakan jenis teks prosedur yang langkah-langkahnya tidak harus berurutan.

Jadi, dapat dikerjakan pada bagian mana pun terlebih dahulu. Meski begitu, tujuan akhirnya tetap bisa tercapai.

Berikut ini beberapa contoh teks prosedur protokol yang bisa jadi referensi, dilansir dari laman Deckarenas, Selasa (9/8/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Menyehatkan Rambut dengan Kondisioner

Kondisioner merupakan satu di antara solusi untuk merawat kesehatan rambut. Dengan menggunakan kondisioner, rambut Anda akan terlihat lebih lembap dan halus, sehingga mudah ditata dan dirawat. Bahkan, cara ini bisa membuat rambut Anda lebih sehat jika dilakukan secara rutin.

Kondisioner juga akan senantiasa membantu menjaga dan meningkatkan volume rambut sehingga akan menunjang penampilan Anda. Oleh karena itu, untuk menggunakan kondisioner, diperlukan beberapa langkah yang tepat. Berikut langkah-langkah yang dimaksud:

1. Keramas menggunakan sampo terlebih dahulu. Gunakan sampo yang memang sesuai dan cocok dengan tipe rambut Anda.

2. Bilas sampo dan buang sisa air yang masih menempel pada rambut dengan meremasnya secara lembut atau menepuknya dengan handuk kering.

3. Tuang krim kondisioner secukupnya ke tangan, kemudian usapkan pada rambut secara lembut. Ulangi penggunaan pada rambut yang belum terkena kondisioner.

4. Diamkan rambut selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

5. Keringkan rambut dan Anda akan merasakan kelembutan yang luar biasa dari rambut Anda tersebut.

3 dari 5 halaman

Cara Mematikan Komputer Secara Aman

Saat ini komputer sudah menjadi satu di antara perangkat yang paling sering digunakan dalam kehidupan manusia. Selain membuat dokumen, komputer juga banyak digunakan untuk keperluan lain seperti desain atau aplikasi tertentu.

Supaya lebih awet dan tidak cepat rusak, komputer perlu dimatikan secara berkala. Oleh karenanya, pastikan Anda mengikuti beberapa langkah berikut untuk memastikan sudah shut down komputer secara benar dan tepat.

1. Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah semua aplikasi atau program sudah tertutup. Jika berkaitan dengan dokumen pribadi, jangan lupa untuk disimpan. Klik tombol/button Close (X) untuk keluar dari aplikasi tersebut.

2. Selanjutnya, pilih dan klik tombol Start pada laman desktop. Anda juga dapat menggunakan tombol dengan logo Windows pada keyboard.

3. Klik menu Shut Down, atau di beberapa versi sistem operasi adalah menu Power

4. Jika ingin mematikan komputer tanpa langsung dihidupkan, pilih Shut Down.

5. Tunggu komputer dan layar monitor benar-benar mati secara sempurna. Anda dapat tekan tombol power pada sisi monitor untuk mematikan monitor.

6. Cabut semua kabel yang terhubung pada komputer dan jangan lupa gunakan penutup supaya terhindar dari debu atau hal-hal lain yang dapat merusak kabel.

4 dari 5 halaman

Cara Memasang Tenda

Tenda merupakan satu di antara alat yang harus dibawa saat berkemah atau camping. Dengan tenda, kamu tetap bisa tidur dengan aman dan nyaman di lingkungan alam.

Supaya bisa dipakai dengan baik, tenda harus dipasang dengan benar. Berikut di bawah ini prosedur tata cara memasang tenda:

1. Siapkan terlebih dahulu tendanya, tiang dan perlengkapan-perlengkapan lain yang kira-kira dibutuhkan.

2. Kemudian letakkan tenda dengan bagian punggungnya di atas.

3. Selanjutnya pasang satu-satu tiang tenda, diikuti dengan patok-patok tenda di setiap sudutnya dengan menggunakan palu.

4. Berikutnya tegakkan semua tiang yang sudah dipasang dan segera ikat dengan tali pada patoknya.

5. Pasang juga tiang depan tenda, tegakkan dan ikatkan dengan tali pada patoknya.

6. Terakhir, masukkan tiang ke lubang atap tenda. Dan tenda siap untuk digunakan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Soda Gembira yang Segar

Es soda gembira merupakan satu di antara minuman segar yang banyak diminati. Warnanya yang menarik dan rasanya yang menyegarkan tentu membuat siapa pun yang menikmatinya menjadi puas. Membuat soda gembira juga mudah. Ikuti langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:

1. Siapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan. Mulai gelas saji, air soda tanpa rasa tambahan, kental manis atau susu rasa vanila, es baru, dan sirup cocopandan.

2. Anda juga dapat menambah beberapa tambahan lain sesuai selera. Misalnya agar-agar, biji selasih, dan sebagainya. Untuk menambah kesegaran, Anda bisa menggunakan es batu atau es serut.

3. Masukkan susu kental manis ke dalam sirup cocopandan ke dalam gelas. Tuang air soda hingga sekitar 3/4 gelas.

4. Aduk hingga rata, tambahkan agar-agar dan es batu secukupnya.

5. Es soda gembira sudah siap disajikan dan bisa segera Anda nikmati.

 

Sumber: Deckarenas

Dapatkan artikel seputar teks prosedur lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer