Sukses


3 Contoh Teks Eksemplum, Lengkap beserta Strukturnya yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta - Teks eksemplum merupakan sebuah teks yang menceritakan perilaku atau pengalaman pada tokoh yang sebenarnya tidak diinginkan atau tidak diduga oleh tokoh dalam ceritanya.

Biasanya teks eksemplum diawali dengan pengenalan tokoh dalam cerita, kemudian kejadian-kejadian yang dialami oleh tokoh, ditutup dengan interpretasi yang timbul dari tokoh.

Tujuan teks eksemplum ialah memberikan nasihat pada pembaca agar tidak salah melakukan sesuatu.

Teks eksemplumtermasuk jenis karya yang mengandung pengalaman makhluk hidup.

Nah, untuk bisa memahami lebih jelas apa itu teks eksemplum, kamu bisa menyimak contohnya di artikel ini.

Berikut ini beberapa contoh teks eksemplum lengkap beserta strukturnya, yang bisa dicermati, dikutip dari laman Pendidikan dan Yuksinau, Rabu (10/8/2022).

2 dari 4 halaman

Persahabatan

- Orientasi

Di pagi hari yang cerah, ada seorang gadis bernama Lina berjalan menuju kelasnya. Lina murid yang rajin, baik, dan mudah bergaul. Dia memiliki banyak teman dan tiga orang sahabat. Ketiga sahabat itu adalah Beni, Bena, dan Asti.

- Insiden

Sesampainya Lina di kelas, ia mendengar seorang temannya bercerita tentang Asti yang hanya memanfaatkan dirinya. Mendengar sahabatnya menjadi perbincangan, Lina pun bertanya-tanya pada diri sendiri dan mulai bertanya pada teman-temannya.

Setelah bertanya ke beberapa temannya yang ada di kelas, ia mulai terpengaruh dengan teman-teman kelasnya. Ia menganggap Asti sebagai teman yang tidak tahu berterima kasih. Lalu Lina datang dan memarahi Asti dengan kata-kata kasar.

- Interpretasi

Dengan nada pelan, Asti meminta maaf atas kesalahannya dan mengaku bahwa dulu ia sempat mengejek Lina. Namun, Lina tidak mau memaafkannya, Bena dan Beni datang membujuk Lina.

Bena dan Beni berhasil membuat Lina memaafkan kesalahan Asti. Lina menghampiri Asti yang sedang menangis dan meminta maaf lantaran sudah membentaknya di depan teman-temannya. Akhirnya Asti dan Lina saling memaafkan satu sama lain dan memulai persahabatan mereka seperti semula.

3 dari 4 halaman

Orang Tak Dikenal

- Orientasi

Aku punya pengalaman yang mengerikan bulan lalu. Ketika itu, aku pergi ke sebuah desa terpencil di selatan Jawa Barat. Aku sedang menuju ke kota berikutnya.

- Insiden

Dalam perjalanan, seorang pemuda melambai kepadaku. Aku menghentikan mobilku dan dia meminta tumpangan. Begitu dia masuk ke mobil, aku mengucapkan selamat pagi kepadanya dan dia menjawabnya.

Tiba-tiba, ia mengambil pisau dari sakunya. Aku sangat takut. Lalu, ia meminta uang padaku. Aku memberinya segera. Setelah itu, dia memintaku untuk menghentikan mobil dan dia pun keluar. Aku berterima kasih pada Tuhan karena menyelamatkanku waktu itu.

- Interpretasi

Sekarang, aku menyadari bahwa jika kita ingin membantu orang lain, kita harus berhati-hati. Hal yang aneh bila kita memberikan tumpangan kepada seseorang di jalan.

Padahal, kita tidak tahu dan belum pernah bertemu sebelumnya. Hal ini sangat berbahaya bagi diri kita. Mungkin, ia akan menyakiti kita atau meminta uang. Dari kejadian ini, aku belajar untuk berhati-hati.

4 dari 4 halaman

Semangat dalam Menyelasaikan Masalah

- Orientasi

Pagi sudah datang saatnya bersiap-siap untuk pergi ke sekolah, aku pun bergegas mandi kemudian menyantap sarapanku supaya menambah energi untuk dapat mengerti pelajaran yang ada di sekolah, dengan semangat dan riang aku pun berangkat ke sekolah bersama ayahku yang sedari tadi sudah menunggu di garasi rumah.

- Insiden

Aku dan ayahku akhirnya berangkat, di perjalanan sudah tidak sabar aku untuk bisa belajar dan bertemu dengan teman-temanku, tetapi di tengah perjalanan ternyata kendaraan yang kami gunakan mengalami mengalami kerusakan dan tidak mau untuk dinyalakan lagi dan karena hal itu membuat hatiku sedih karena aku ingin sekali belajar dan bertemu dengan teman-temanku.

Aku jadi lesu dan termenung sedih karena hal itu juga membuat semangatku hilang, tapi ayahku menyemangatiku dan memastikan bahwa aku tidak akan telat. Setelah itu ayahku memesan taksi dan pada saat taksi itu datang bergegas kami masuk ke dalamnya dan menitipkan kendaraan kami yang rusak, setelah itu kami pergi berangkat ke sekolah dengan taksi yang dipesan ayahku. Di perjalanan ayahku mengatakan bahwa selalu ada jalan keluar untuk segala masalah yang ada dan tetap semangat, akhirnya aku sampai ke sekolah tanpa telat.

- Interpretasi

Oleh karena apa yang ayahku katakan di perjalanan tadi membuatku sadar bahwa selalu ada solusi dalam masalah apa pun, dan harus menjalani segala sesuatu itu dengan semangat, meski dalam sebuah masalah sekalipun.

 

Sumber: Pendidikan, Yuksinau

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer