Sukses


Contoh-Contoh Naskah Pidato Persuasif yang Bisa Jadi Referensi

Bola.com, Jakarta - Pidato merupakan cara menyampaikan pesan dari pembicara kepada pendengar. Ada beragam jenis pidato yang sering dilakukan, satu di antaranya pidato persuasif.

Mungkin belum banyak yang tahu, apa itu pidato persuasif. Pidato persuasif adalah pidato yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu.

Pidato persuasif bersifat mengimbau atau mengajak masyarakat untuk berbuat suatu hal yang berguna bagi kehidupan.

Pidato persuasif menjadi satu di antara cara menggerakkan masyarakat untuk berbuat lebih baik dan lebih kreatif. Jadi, tidak jarang pada setiap acara-acara tertentu pidato persuasif cukup efektif untuk inspirasi kepada khalayak.

Bagi yang ingin menyusun teks pidato persuasif, bisa memahami contoh-contohnya. Ada banyak contoh yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Berikut ini beberapa contoh naskah pidato persuasif yang bisa jadi referensi, dilansir dari repositori.kemdikbud.go.id, Rabu (10/8/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Pidato Persuasif

                                          Jaga Kebersihan Sungai

Assalamualaikum wr. wb

Yang terhormat Bapak Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)

Yang saya hormati Bapak Ibu Tutor, dan teman-teman semua yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup. Maka itu, perkenankanlah saya menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan PKBM kita dan menjadikan budaya bersih dalam kehidupan sehari-hari.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalkan penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Oleh karena itu, lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar-mengajar di kelas. Warga belajar dan tutor akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh keadaan lingkungan yang nyaman. Maka itu, marilah kita sebagai warga belajar Paket B dapat menjaga kebersihan lingkungan PKBM dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci karena dapat menjadi sarang nyamuk. Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga warga PKBM Permata kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan budaya bersih.

Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan. Saya mohon maaf.

Wasalamualaikum wr. wb.

3 dari 4 halaman

Contoh Pidato Persuasif

Budaya Bersih

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

 

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang terhormat Bapak dan Ibu tamu undangan serta para hadirin. Kehidupan orang Banjar di Kalimantan Selatan lekat dengan budaya sungai, sebagaimana tergambar pada permukiman tradisional Banjar yang berada di pinggiran sungai dan aktivitas pasar terapung (floating market).

Permukiman tradisional orang Banjar dapat ditemui di daerah yang dilewati oleh sungai besar maupun kecil. Di antara sekian banyak sungai itu, maka daerah aliran sungai terpenting dalam sejarah Banjar adalah Sungai Tabalong dan Sungai Martapura. Konsentrasi permukiman penduduk terdapat di sepanjang sungai itu mulai Tabalong, Kelua, Alabio, Sungai Banar, Amuntai, Babirik, Nagara, Muara Rampiau, Muara Bahan sampai Banjarmasin.

Pada permukiman di tepian sungai, antara rumah satu dengan yang lain dihubungkan dengan titian, dan setiap rumah memiliki batang, yaitu sejenis rakit yang ditempatkan di sungai depan rumah yang berfungsi sebagai tempat mandi, cuci, dan jamban (MCK), serta sekaligus tempat menambatkan jukung. Sungai bagi masyarakat Banjar, khususnya yang tinggal di tepian sepanjang sungai, tidak hanya sebagai tempat arus transportasi atau mobilisasi manusia, tetapi tempat pemasaran komoditas perdagangan dan pemenuhan kebutuhan rumah tangga, seperti air minum, mandi, dan lain-lain.

Oleh karena itu, sungai perlu dijaga kebersihannya, yaitu tidak membuang sampah ke sungai dan tidak membuat MCK di pinggiran sungai yang menyumbang tercemarnya air sungai. Pencemaran tidak hanya bakteri koli, berbagai limbah yang secara langsung maupun tidak langsung dapat membahayakan kesehatan bagi masyarakat, sebab pemenuhan kebutuhan rumah tangga seperti air minum bersumber pada air sungai.

Diharapkan bagi mereka yang tinggal di bantaran sungai diharapkan membuat kamar mandi permanen agar tinja sebagai biang bakteri koli tidak merembes ke sungai dan tidak membuang sampah pada aliran sungai.

Marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita, khususnya menjaga kebersihan air sungai dengan menghindari kebiasaan membuang sampah, termasuk kebiasaan buang air besar di sungai, dengan membuat jamban di rumah.

Jadi, mari kita jaga kebersihan sungai kita, karena dengan sungai yang bersih, hidup menjadi sehat!

Demikianlah yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan jika ada tutur kata yang salah, saya mohon maaf. Sekian terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

4 dari 4 halaman

Contoh Pidato Persuasif

Pandemi COVID-19

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. karena sampai saat ini kita masih dalam keadaan sehat walafiat.

Pandemi virus corona saat ini sudah melanda hampir di seluruh penjuru dunia. Virus corona merupakan virus jenis baru dari corona virus yang menular ke manusia. Virus ini ditemukan di kota Wuhan, China, akhir Desember 2019. Virus ini bisa menyebabkan infeksi sistem pernapasan manusia. Biasanya gejala manusia yang terkena virus corona, yakni demam, batuk, dan sesak napas. Cepatnya penyebaran virus ini membuat masyarakat makin khawatir dan cemas karena jumlah korban yang terpapar makin hari makin meningkat.

Selain itu, pandemi corona ini juga mempengaruhi beberapa sektor kehidupan manusia. Misalnya melemahnya perekonomian, proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan dan berbagai sektor lainnya yang mengalami perubahan dalam pola kerjanya.

Oleh sebab itu, kita harus segera melakukan antisipasi menghindari serangan virus corona. Sebab penomena ini diperkirakan akan terus bertambah jika pola hidup masyarakat tidak disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Misalnya saat ini sedang digalakkan sosialisasi untuk mencegah penyebaran virus corona di antaranya:

1. Mulai menggunakan masker bila beraktivitas di luar rumah.

2. Menghindari bepergian jauh.

3. Sering mencuci tangan.

4. Hindari kerumunan orang dan jaga jarak

5. Menjaga pola makan, dan mengkonsumsi makanan sehat.

Karena menurut saya virus corona ini, walau dapat mematikan juga dapat diantisipasi serta disembuhkan. Jadi mulai sekarang pemberian sanksi sosial perlu diterapkan agar memberikan efek jera. Kemudian pembatasan wilayah juga harus terus dilakukan untuk menghambat penyebaran virus corona. Bila semua pihak bekerja sama, pastilah penyebaran virus corona bisa dikendalikan dan perlahan perekonomian akan kembali stabil.

Mari, bersama kita cegah penyebaran virus corona dengan melaksanakan protokol kesehatan, menjaga pola hidup sehat demi imunitas tubuh yang kuat.

Demikian pidato saya mohon maaf atas segala kekurangan,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Sumber: Modul Kemdikbud

Dapatkan artikel seputar pidato persuasif lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer