Sukses


Cara Efektif Menjaga Kesehatan Paru-Paru agar Tetap Prima

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan organ dalam tubuh menjadi kewajiban kita secara pribadi. Satu di antara organ yang harus dijaga dengan baik adalah paru-paru.

Paru-paru merupakan organ tubuh yang penting. Jika paru-paru sehat, seluruh organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Sebaliknya, apabila paru-paru memiliki gangguan kesehatan, untuk menyembuhkannya membutuhkan usaha yang tidak mudah.

Penyakit yang bisa menyerang paru-paru, di antaranya kanker, asma, pneumonia, dan tuberkolosis.

Kabar baiknya, beragam penyakit tersebut dapat dicegah sejak awal dengan cara menjaga kesehatan paru-paru dan menerapkan pola hidup sehat.

Gaya hidup sehat tentunya berperan penting dalam proses menjaga kesehatan paru-paru. Gaya hidup sehat, semisal menghindari rokok dan berolahraga secara rutin.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat dan berfungsi dengan normal.

Berikut cara efektif menjaga kesehatan paru-paru agar tetap prima, seperti dikutip dari Aakashhealthcare, Kamis (11/8/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Kurangi Polusi dalam Ruangan 

Tidak hanya di luar ruangan, polusi udara bisa terjadi di ruangan tertutup atau di dalam ruangan. Kabar buruknya, jenis polusi ini juga bisa merusak paru-paru.

Itulah mengapa, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk mengurangi polusi di dalam ruangan, termasuk menggunakan filter udara dan rutin menggantinya, jangan menggunakan bahan kimia berbau menyengat di ruangan tertutup, tutup pintu dan jendela jika udara di luar tercemar.

Jauhi Asap Rokok

Tidak hanya berhenti merokok, Anda harus menjauhi asap rokok agar kesehatan paru-paru selalu terjaga. Merokok menjadi satu di antara penyebab utama kanker paru-paru. Merokok dapat mempersempit saluran udara yang membuat sulit bernapas.

Banyak penelitian menyebutkan hampir 80 persen masalah pada paru-paru disebabkan oleh asap rokok. Hal tersebut dikarenakan setiap Anda mengisap sebatang rokok, Anda telah memasukkan beribu zat kimia ke paru-paru, semisal nikotin, karbon monoksida, dan tar.

Anda juga harus menyadari fakta bahwa merokok tidak hanya memengaruhi kesehatan pribadi Anda, tetapi juga memengaruhi semua orang di sekitar Anda.

Mengambil Napas Dalam-Dalam (Deep Breathing)

Bernapas lebih dalam atau deep breathing dapat membersihkan paru-paru serta menciptakan pertukaran oksigen dan karbon dioksida secara penuh.

Untuk mencoba deep breathing, Anda bisa duduk di suatu tempat dengan tenang. Kemudian, bernapaslah perlahan melalui hidung, lalu bernapaslah setidaknya dua kali lebih lama dari mulut.

Anda bisa menghitung saat bernapas. Misalnya, saat menghirup, berhitunglah dari satu hingga empat. Kemudian, saat mengeluarkan napas, hitunglah dari satu hingga delapan.

3 dari 4 halaman

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Melakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

Melakukan aktivitas fisik dan berolahraga secara rutin setiap hari menjadi satu di antara cara ampuh untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Saat Anda sedang melakukan aktivitas fisik, paru-paru Anda akan bekerja dan selalu terpompa sehingga makin sering Anda menggunakan paru-paru untuk berolahraga, makin baik pula kondisi kesehatannya.

Lakukan Pemeriksaan Secara Teratur

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur dapat mencegah penyebaran penyakit apa pun. Terutama pada penyakit paru-paru yang sulit dideteksi.

Selama pemeriksaan, akan membantu bagi Anda untuk mendeteksi masalah terkait paru-paru semenjak dini dan dapat memperbaikinya sebelum kesehatan paru-paru terganggu.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Cara berikutnya untuk menjaga kesehatan paru-paru ialah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan memiliki fungsi untuk menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya. 

Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan, seperti  sayuran hijau, stroberi, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan antioksidan dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Minum Cukup Air

Meminum cukup air tidak hanya dapat menyehatkan badan Anda secara keseluruhan, hal tersebut dapat membuat kesehatan paru-paru Anda selalu terjaga.

Usahakan untuk meminum air setidaknya 5-9 gelas dalam sehari, terlebih lagi saat cuaca panas yang dapat meningkatkan risiko tubuh kekurangan cairan.

Mencuci Tangan

Walau terlihat sepele, mencuci tangan merupakan cara paling efektif untuk menghindari paparan virus dan bakteri, termasuk menurunkan risiko penularan virus corona penyebab COVID-19.

Pastikan Anda mencuci tangan dengan tepat: basahi tangan dengan sabun, gosok telapak tangan, punggung tangan, di antara jari-jari, dan bawah kuku Anda. Tak usah terburu-buru, cucilah tangan selama 20 detik.

Hindari Polusi Udara

Kualitas udara di luar dapat memengaruhi paru-paru Anda dan membuat paru-paru Anda tidak sehat. Ikuti strategi dan tindakan pencegahan yang dapat meminimalkan paparan Anda dan anggota keluarga terhadap polusi udara luar ruangan.

Anda dapat menggunakan masker seperti N95 di luar ruangan, khususnya pada tempat yang Anda rasa memiliki kualitas udara yang buruk karena tercemar.

 

Sumber: Mana, Aakasshhealthcare

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer