Sukses


9 Manfaat Memelihara Kucing bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kucing merupakan satu di antara hewan piaraan yang populer di masyarakat. Memelihara hewan ini merupakan hal yang cukup mengasyikan karena memiliki sifat mudah bersahabat dengan manusia.

Ada banyak ras kucing yang dijadikan hewan piaraan, seperti Persia, Angora, British Shorthair, Scottish Fold, Munchkin, dan lainnya.

Tidak sedikit juga yang lebih memilih untuk merawat kucing kampung yang mudah dijumpai. Kebanyakan orang memelihara kucing hanya sekadar hobi untuk mengisi waktu luang.

Namun, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memelihara kucing di rumah, baik secara fisik maupun mental.

Jika Anda belum mengetahui apa saja manfaat memelihara kucing, bisa menyimak penjelasannya pada artikel ini.

Berikut ini manfaat memelihara kucing bagi tubuh, yang jarang diketahui, dikutip dari laman Healthline dan Mentalfloss, Kamis (11/8/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Kucing bagi Tubuh

1. Memberikan Ketenangan

Manfaat pertama memelihara kucing adalah memberikan dukungan emosional kepada pemiliknya. Tanpa disadari, saat sedang mengalami mood swing, pemilik kucing akan mencari hewan kesayangan mereka agar bisa merasa lebih nyaman.

Hewan ini pun menunjukkan kesetiaan yang membuat rasa khawatir dan cemas menjadi tidak terlalu signifikan. Bahkan ketika melihat hewan kesayangan ini tidur, sudah bisa mendatangkan perasaan nyaman dan tenang.

2. Menghilangkan Rasa Kesepian

Anda yang masih tinggal sendirian tampaknya perlu mulai memelihara kucing di rumah. Hewan satu ini akan menemani dan menghilangkan rasa kesepian.

Mereka akan senantiasa ada di dekat Anda saat berada di rumah. Kucing bisa jadi teman Anda saat harus tinggal di rumah sendiri.

Anda bisa bermain bersama atau bercerita apa pun kepada kucing. Cara ini bisa bantu Anda keluar dari bayang-bayang depresi yang mengintai.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Memelihara kucing di rumah bisa menjaga kesehatan fisik karena akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian terbitan Circulation (2013) menyatakan, pemilik kucing memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada yang tidak memelihara hewan apa pun.

Memelihara kucing juga bisa meningkatkan aktivitas saraf parasimpatetik sehingga Anda lebih merasa tenang dan detak jantung tidak lagi berdegup kencang. Semua manfaat ini membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Kucing bagi Tubuh

4. Menurunkan Stres

Berdekatan atau berpelukan dan memiliki ikatan kasih sayang kuat dengan kucing bisa memicu tubuh mengeluarkan hormon oksitosin (hormon kasih sayang) yang bermanfaat mereduksi tingkat stres manusia.

5. Menurunkan Risiko Flu

Seseorang yang memiliki kedekatan dengan hewan peliharaan seperti kucing, tidak mudah terkena gangguan pusing, flu, demam, hingga nyeri punggung. Mereka memiliki sistem imun yang lebih kuat sehingga tak mudah terpapar penyakit.

6. Menyehatkan Otot dan Tulang

Suara dengkuran yang dikeluarkan kucing ketika mereka sedang bahagia dan tenang ternyata berguna menyehatkan tulang dan otot kita.

Berdasarkan studi ilmiah dikatakan, mendengarkan suara dengkuran kucing adalah terapi alami yang bisa digunakan mengurangi gangguan pada otot dan tulang manusia.

4 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Kucing bagi Tubuh

7. Mengurangi Risiko Terkena Stroke

Kehadiran kucing membuat Anda lebih sabar, nyaman, dan tenang sehingga risiko terkena stroke menjadi berkurang.

8. Membantu untuk Hidup Bersih

Hidup bersama hewan peliharaan memaksa Anda untuk menjaga kebersihan. Pasalnya, hewan butuh tempat yang nyaman untuk tinggal. Anda juga harus rutin memandikan serta membersihkan kotorannya.

9. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur bersama kucing bisa bikin tidur kita jadi lebih nyenyak. Sebuah penelitian membuktikannya, sebanyak 41 persen orang yang mengikuti penelitian itu mengaku kalau tidur mereka jadi jauh lebih nyenyak saat tidur bersama peliharaan mereka.

 

Sumber: Healthline, Mentalfloss

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer