Sukses


Contoh Buku Fiksi dan Non Fiksi yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Pembagian buku secara umum dapat dikelompokkan dalam dua genre, yakni fiksi dan non fiksi (bentuk bakunya nonfiksi). Istilah tersebut mungkin sudah tidak asing buatmu.

Buku fiksi bisa dipahami sebagai buku yang berisikan cerita rekaan, tidak berdasarkan kenyataan. Sementara buku non fiksi, merupakan kebalikannya, yakni yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan.

Beberapa ciri buku fiksi, di antaranya memuat hal yang bersifat imajinatif, menggunakan bahasa santai dan bersifat konotatif, tidak memiliki sistematika baku dalam penulisannya, serta bertujuan memengaruhi emosi atau perasaan para pembacanya sehingga terhanyut dalam cerita yang terdapat dalam buku.

Sedangkan ciri buku non fiksi, seperti penulisannya menggunakan bahasa formal, metode penulisannya bersifat denotatif, mengandung fakta atau bersifat faktual, dan berbentuk tulisan ilmiah populer.

Itulah sedikit perihal buku fiksi dan non fiksi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak contoh-contohnya. Ada banyak contoh buku fiksi dan non fiksi yang bisa kamu pahami.

Berikut contoh-contoh buku fiksi dan non fiksi, dirangkum Bola.com dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022).

2 dari 6 halaman

Contoh Buku Fiksi

Berikut beberapa contoh buku non fiksi:

Novel 

Novel ialah suatu karangan fiksi yang menceritakan seorang tokoh utama dengan pro dan kontra di dalam ceritanya, mulai awal hingga akhir novel yang memiliki klimaks atau ending.

Contoh novel: More Of you (karya Acha Sinaga dan Andy Ambarita), Imperfect (Meira Anastasya), Pergi (Tere Liye), Dilan 1990 (Pidi Baiq), dan masih banyak judul lainnya. 

Roman

Roman adalah suatu karya fiksi yang menceritakan mengenai beberapa tokoh dalam alur ceritanya. Roman mengandung banyak hikmah dalam ceritanya dan cenderung mengarah pada cerita klasik.

Contoh roman: Si Doel Anak Sekolah (karya Aman), Pertemuan Jodoh (Abdul Muis), Asmara Jaya (Adinegoro).

Cerpen

Cerpen adalah suatu karangan fiksi yang isinya jauh lebih sedikit ketimbang roman maupun novel.

Contoh cerpen: Cita Laki-Laki Biasa, Sepotong Cinta dalam Diam, dan Menanti Bangau Lewat yang kesemuanya merupakan karya Asma Nadia, dan masih banyak lagi lainnya.

 

3 dari 6 halaman

Contoh Buku Fiksi

Puisi

Puisi adalah satu di antara jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. 

Contoh puisi: Aku Ingin (karya Sapardi Djoko Damono), Aku (Chairil Anwar), Aku Bicara Perihal Cinta (Kahlil Gibran), dan masih banyak lainnya. 

Dongeng

Dongeng adalah satu di antara cerita rakyat yang beragam cakupannya serta berasal dari berbagai kelompok etnis, masyarakat, atau daerah tertentu di berbagai belahan dunia.

Contoh dongeng:  Timun Emas, Bawang Merah dan Bawang Putih, Malin Kundang, dan masih banyak lainnya.

Komik

Komik ialah kumpulan gambar yang berjajar dan dilengkapi dengan sedikit teks untuk memperjelas pesan komik. 

Contoh komik: One Piece, Detective Conan, Spy X Family, dan masih banyak lagi lainnya. 

Cerita Bergambar (Cergam)

Berbeda dengan komik, cergam ialah cerita yang dilengkapi dengan gambar. Isinya masih berupa cerita, dan gambar berperan untuk melengkapi cerita tersebut.

Contoh cergam:  Buku Kampungan Romansa, si Cacing dan Cerita Kesayangannya, dan lain sebagainya.

4 dari 6 halaman

Contoh Buku Fiksi

Hikayat

hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta.

Contoh hikayat: Hikayat Hang Tuah, Hikayat Si Miskin dan Marakarma, Hikayat Amir, Hikayat Putri Kemuning, Abu Nawas dan Dua Orang Ibu, dan lain sebagainya.

Fabel

Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia, namun bertokohkan hewan atau binatang.

Contoh fabel: Tupai yang Sombong, Gajah dan Semut, Bebek Buruk Rupa, Kisah Kera dan Ayam, Semut dan Belalang, dan lain sebagainya.

Mitos (Mite)

Mitos merupakan cerita yang mempunyai latar belakang sejarah, dipercayai oleh masyarakat sebagai cerita yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal yang ajaib.

Contoh mitos: Dewi Sri, Aji Saka, Nyi Roro Kidul, Jaka Tarub, dan lain sebagainya.

5 dari 6 halaman

Contoh Non Fiksi

Berikut beberapa contoh buku non fiksi:

 

Buku Biografi

Biografi merupakan sebuah tulisan yang berisi penjelasan tentang kisah dan berbagai keterangan mengenai seseorang yang memiliki pengaruh dalam kehidupan banyak orang dan menjadi motivasi atau sumber inspirasi banyak orang.

Buku Autobiografi

Buku autobiografi atau yang juga disebut otobiografi merupakan buku yang ditulis oleh seorang tokoh. 

Buku tersebut memuat berbagai kisah, perjalanan hidup, dan berbagai peristiwa yang dialami seorang tokoh atau penulis itu sendiri.

Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah karya rujukan yang berisi keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang ilmu pengetahuan, biasanya disusun menurut abjad atau tema

Buku Motivasi

Buku motivasi merupakan buku yang diperlukan seseorang untuk mendorong dirinya dan mengangkat semangat hidupnya agar kembali termotivasi. 

Buku Pelajaran Sekolah

Buku pelajaran sekolah atau buku teks atau buku utama untuk siswa merupakan buku yang digunakan sebagai sumber pelajaran utama untuk mencapai kompetensi dasar dan kompetensi inti.

Buku tersebut sudah diakui dan dinyatakan layak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk digunakan pada satuan pendidikan.

Buku Pendamping

Buku pendamping merupakan buku yang sifatnya mendampingi buku utama untuk anak sekolah. Buku pendamping ini juga biasanya disebut sebagai buku pengayaan.

 

6 dari 6 halaman

Contoh Non Fiksi

Buku Literatur

Buku literatur ini merupakan buku yang dijadikan sumber acuan atau sumber referensi yang kemudian digunakan ke dalam berbagai kegiatan atau aktivitas di dalam dunia pendidikan.

Buku Laporan

Buku laporan atau laporan buku merupakan buku yang berisi tentang berbagai laporan yang menjelaskan mengenai baik buruknya suatu aktivitas atau program tertentu yang sudah dikerjakan atau dilakukan.

Makalah Akademik

Makalah Akademik  merupakan tulisan akademik yang disusun oleh akademisi untuk memperoleh gelar akademik.

Buku Panduan

Buku panduan merupakan buku yang berisi berbagai informasi yang menjadi rujukan dan berisi berbagai instruksi agar pembaca dapat melakukan sesuatu.

Buku Kesehatan

Buku kesehatan merupakan buku yang berinformasi tentang kesehatan secara umum atau kesehatan secara spesifik yang ditulis oleh dokter atau tenaga ahli kesehatan.

Buku Jurnal

Buku jurnal adalah buku yang digunakan untuk mencatat berbagai aktivitas transaksi yang dilakukan. 

Buku Harian

Termasuk contoh jenis buku non fiksi yang berisi mengenai berbagai pengalaman sehari-hari, yang ditulis secara subjektif.

 

Dapatkan artikel edukasi dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer