Sukses


Pengertian Paragraf dan Jenis-Jenisnya

Bola.com, Jakarta - Paragraf merupakan satu di antara kata yang sering didengar saat membuat tulisan. Paragraf adalah gabungan dari tiga hingga tujuh kalimat yang berisi pikiran, gagasan, atau ide pokok.

Paragraf juga disebut sebagai karangan singkat karena berisi satu gagasan dalam sebuah topik.

Dalam menyusun sebuah paragraf, kamu perlu mengenali unsur-unsur yang diperlukan. Apalagi, paragraf terdiri dari beberapa jenis yang memiliki tujuan dan letak ide pokok yang berbeda.

Paragraf termasuk menjadi bagian suatu karangan. Memahami tentang paragraf bisa membantumu menentukan jenis paragraf mana yang harus ditulis.

Hal ini juga bisa membantu penyusunan karya yang baik sesuai kaidah penulisan yang benar.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman terkait paragraf, disadur dari Liputan6, Kamis (18/8/2022).

2 dari 6 halaman

Pengertian Paragraf

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru).

Paragraf adalah suatu gagasan yang berbentuk serangkaian kalimat yang saling berkaitan satu sama lain. Fungsi dari paragraf adalah untuk menjadi penanda dimulainya topik baru dan memisahkan gagasan-gagasan utama yang berbeda.

Adanya paragraf memudahkan pembaca dalam memahami bacaan dengan menyeluruh. Dalam satu paragraf terdiri dari beberapa kalimat.

Jumlah kalimat dalam paragraf ditentukan oleh cara pengembangan dan ketuntasan uraian gagasan yang disampaikan. Jumlah kalimat di dalam paragraf dapat menentukan kualitas bacaan.

Ada beberapa unsur paragraf, yaitu gagasan utama yang terletak dalam kalimat topik dan kalimat penjelas yang memperjelas kalimat topik.

Kriteria sekumpulan kalimat yang dapat menjadi paragraf adalah adanya kesatuan, kepaduan, ketuntasan, keruntutan, dan sudut pandang yang tidak berubah-ubah.

3 dari 6 halaman

Unsur Pembentuk Paragraf

1. Gagasan Utama

Inti permasalahan di dalam paragraf terletak pada topik utama atau gagasan utama. Pembicaraan utama dalam suatu paragraf terdapat pada gagasan utama. Penyampaian gagasan utama berbentuk sebuah kalimat topik.

2. Kalimat Topik

Kalimat topik adalah kalimat yang mengandung permasalahan yang dapat diperinci dan diuraikan lebih lanjut.

Informasi dalam kalimat topik bersifat lengkap dan dapat dipahami tanpa adanya kalimat penjelas. Letak kalimat topik umumnya di awal atau akhir paragraf. Fungsinya adalah mengendalikan untuk gagasan utama.

3. Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas adalah kalimat yang tidak dapat dipahami artinya tanpa adanya kalimat lain. Kalimat penjelas berfungsi mendukung kalimat topik, sehingga berisi keterangan terperinci, contoh, dan informasi tambahan lainnya.

4 dari 6 halaman

Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuannya

Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah jenis paragraf yang bertujuan menceritakan suatu kejadian atau peristiwa. Ciri-ciri dari paragraf narasi adalah ada kejadian, ada pelaku, dan ada waktu kejadian.

Cerita dalam paragraf narasi dituliskan secara runtut dan urut. Jenis paragraf narasi dapat dibedakan menurut jenis ceritanya, yaitu narasi ekspositoris dan narasi sugestif.

Narasi ekspositoris adalah narasi yang berisikan rangkaian perbuatan yang disampaikan secara informatif sehingga pembaca mengetahui peristiwa itu secara tepat.

Sementara narasi sugestif adalah narasi yang hanya mengisahkan suatu hasil rekaan, khayalan, atau imajinasi pengarang.

Paragraf Deskripsi

Paragraf deskiripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca.

Jenis paragraf ini bertujuan menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.

Ciri-ciri paragraf deskiripsi adalah menggambarkan suatu benda, orang, makhluk, tempat, atau suasana tertentu. Penggambaran dilakukan dengan melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan).

Paragraf ini bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan. Paragraf ini biasanya menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

5 dari 6 halaman

Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuannya

Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik kepada pembaca.

Tujuan dari paragraf ini adalah memberikan informasi sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Gaya penulisan paragraf eksposisi bersifat informatif.

Paragraf eksposisi menginformasikan sesuatu yang tidak bisa dicapai oleh alat indra. Paragraf eksposisi umumnya juga menjawab pertanyaan apa, siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana.

Ciri-ciri paragraf eksposisi adalah memaparkan definisi dan memaparkan langkah-langkah, metode atau melaksanakan suatu tindakan.

Ada bermacam-macam paragraf eksposisi, seperrti eksposisi definisi, klasifikasi, proses, ilustrasi, berita, pertentangan, perbandingan, dan analisis.

Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah jenis paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta.

Argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya. Tujuan dari paragraf ini agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.

Ada tiga jenis pola paragraf argumentasi, yakni pola analogi, pola generalisasi, dan pola hubungan sebab akibat.

Pola analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Pola generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data.

Sementara pola hubungan sebab akibat adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi merupakan jenis paragraf yang bertujuan membujuk pembaca agar mau berbuat sesuatu sesuai keinginan penulisnya.

Dalam paragraf persuasi penulis harus mampu mengemukakan pembuktian dengan data dan fakta. Mirip dengan argumentasi, paragraf persuasi juga memerlukan fakta dan data untuk meyakinkan pembaca.

Ciri-ciri paragraf persuasi adalah berasal dari pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah. Paragraf persuasi harus menimbulkan kepercayaan para pembacanya.

Persuasi harus dapat menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan antara penulis dengan pembaca.

6 dari 6 halaman

Jenis Paragraf Berdasarkan Lokasi Ide Pokok

Paragraf deduktif

Paragraf deduktif merupakan jenis paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.

Pada paragraf deduktif, kalimat tubuh paragraf merupakan pernyataan yang mendukung gagasan utama. 

Paragraf Induktif

Paragraf Induktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif. Jenis paragraf ini memiliki kalimat utama di akhir paragraf.

Paragraf induktif dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat topik. Paragraf induktif dapat dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu generalisasi, analogi, dan kausalitas.

Paragraf induktif dimulai dengan penjelasan secara umum dan diakhiri secara lebih spesifik. 

Paragraf campuran

Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan akhir paragraf. Jenis paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama lagi sebagai penjelas.

Paragraf ini didahului dengan menuangkan kalimat ide pokok di awal paragraf. Kemudian kalimat ide pokok tersebut dikembangkan menjadi beberapa kalimat penjelas.

Setelahnya, di akhir paragraf ditarik simpulan berupa kalimat pendukung untuk menegaskan gagasan pokok di awal paragraf.

Paragraf transisi

Paragraf transisi adalah paragraf pendek, biasanya terdiri dari beberapa kalimat. Paragraf ini berfungsi sebagai kesimpulan untuk topik A dan pengantar ke bagian berikutnya, topik B.

Paragraf transisi paling sering digunakan untuk meringkas ide dari satu bagian teks sebagai persiapan untuk awal bagian lainnya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 17/4/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer