Sukses


Naskah Doa untuk Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus

Bola.com, Jakarta - Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan setiap 17 Agustus. Saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia biasanya identik dengan upacara bendera.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mengenang jasa pahlawan yang gugur. Upacara ini digelar dengan penuh hikmat, terlebih pada saat mengheningkan cipta dan detik-detik proklamasi kemerdekaan.

Seperti upacara pada umumnya, satu di antara susunan acara yang ada dalam upacara Hari Kemerdekaan adalah pembacaan doa oleh petugas untuk mengakhiri rangkaian acara.

Teks doa pada upacara Hari Kemerdekaan RI dibacakan dengan tujuan untuk memohon keselamatan dan perlindungan.

Doa tersebut juga jadi bentuk rasa syukur, memohon petunjuk untuk kemajuan negara, serta memohon pertolongan agar warga negara Indonesia bisa terbebas dari belenggu kesengsaraan dan bisa menggapai cita-cita.

Lantas, bagaimana bacaan doa upacara Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus?

Berikut ini naskah doa upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agutus, dilansir dari laman jatengprov.go.id, Senin (15/8/2022).

2 dari 4 halaman

Teks Doa pada Upacara 17 Agustus

اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ حَمْدَ النَّاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَ يُكَافِىءُ مَزِيْدَهُ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَ عَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِهِ وَ صَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

  • Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,

Dengan segala kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia bersimpuh dan mengangkat tangan mempersembahkan puji dan syukur kehadirat-Mu, atas karunia dan nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-77 tahun 2022, Engkaulah Maha Pencipta alam semesta ini. Oleh karena itu, hanya kepada-Mu kami berserah diri dan beriman, dan hanya kepada-Mu pula kami bertawakal.

  • Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ke-77 ini, berikanlah kami inspirasi yang tak putus-putus untuk mengiringi langkah kami dalam menjadikan Indonesia maju, Indonesia yang mampu untuk memperkukuh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan serta berkarya tanpa batas, mampu mengungguli dengan bangsa-bangsa di dunia.

  • Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemersatu,

Jadikanlah detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa kami dengan sepenuh jiwa, jauhkan kami dari perpecahan dan permusuhan.

3 dari 4 halaman

Teks Doa pada Upacara 17 Agustus

  • Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Engkau telah menganugerahi kami dengan kekayaan bumi, air, dan udara. Bukalah pikiran kami agar bijaksana memanfaatkan anugerah-Mu demi kejayaan negeri.

Lapangkan nurani kami agar senantiasa bersih dan suci dalam meraih kenikmatan. Kuatkan kaki dan tangan kami agar mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman.

Jadikan kami bangsa yang senantiasa bersyukur, menjunjung sikap jujur, dan memperoleh karunia-Mu sebagai negeri yang makmur.

  • Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemberi Petunjuk,

Engkau telah memberkati dan merahmati kami kemerdekaan yang amat berarti. Bimbinglah kami agar dapat merawat kemerdekaan itu sesuai dengan rida-Mu.

Segarkan ingatan kami untuk mengenang arti satu dua nyawa yang melayang demi kemerdekaan. Jernihkan hati kami untuk memahami makna sejati memanusiakan manusia dalam bingkai kemerdekaan.

Ringankan gerak kami untuk mengisi hari-hari merdeka dengan kekuatan iman, kemuliaan adab, keadilan hukum, dan kesejahteraan yang merata.

Mantapkan langkah kaki kami untuk menjejak jalan yang benar dalam menggapai masa depan bangsa dan negeri ini.

4 dari 4 halaman

Teks Doa pada Upacara 17 Agustus

  • Ya Allah Tuhan Yang Maha Melindungi,

Di masa pandemi COVID-19 yang belum dinyatakan berakhir sampai saat ini, kami menyadari kelemahan dan kekurangan kami, oleh karenanya Ya Allah, dengan Qudrat dan Iradah-Mu, angkatlah wabah COVID-19 dari negeri tercinta ini, lindungilah bangsa dan negara kami dari keterpurukan akibat wabah ini, sehatkan dan kuatkan kami.

  • Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun,

Ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa-dosa ibu bapak kami, guru-guru kami, dan para pemimpin kami. Terimalah amal dan perjuangan para syuhada kami, yang telah berjuang dengan tetesan keringat, darah dan air mata, karena kami tahu Engkau maha pengampun lagi maha penyayang.

 

Sumber: Jatengprov

Video Populer

Foto Populer