Sukses


Daftar Minuman Penambah Stamina saat Bermain Sepak Bola, Tubuh Jadi Bertenaga

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan satu di antara olahraga yang mengandalkan kekuatan dan fisik bagus. Selain skill dan teknik bermain, stamina yang bagus penting dimiliki oleh seorang pemain sepak bola.

Jika aspek tersebut telah dimiliki, performa seorang pemain sepak bola saat berada di lapangan akan maksimal. Beragam cara bisa dilakukan untuk menambah stamina, seperti dengan minuman.

Banyak pemain sepak bola yang meminum minuman penambah stamina. Mengonsumsi minuman penambah stamina saat bermain bola dapat memaksimalkan performa saat bertanding.

Performamu yang baik di lapangan, tentu bisa membantu tim meraih kemenangan di akhir pertandingan.

Ada banyak minuman penambah stamina bola bisa ditemukan di sekitarmu. Bahkan, minuman penambah stamina tersebut sering dikonsumsi. Apa saja minuman penambah stamina?

Berikut ini daftar minuman penambah stamina saat bermain sepak bola, disadur dari Liputan6, Rabu (17/8/2022).

2 dari 5 halaman

Minuman Penambah Stamina

1. Madu

Madu terbukti menjadi satu di antara bahan minuman yang bisa menambah stamina. Dari berbagai penelitian menyebutkan, jenis minuman tersebut mengandung karbohidrat dari glukosa atau fruktosa, vitamin serta antioksidan seperti madu, sangat baik untuk memberi tambahan stamina.

Selain itu, madu dapat menjaga kondisi gula darahmu agar tidak mudah turun drastis. Cara mengnsumsinya mudah, cukup tuangkan 1-2 sendok madu murni ke dalam segelas air putih. Kemudian aduk sampai larut dan minum tepat sebelum bermain sepak bola.

2. Kopi

Banyak penemuan yang membuktikan kebaikan kopi sebelum melakukan kegiatan olahraga. Satunya di antaranya adalah penelitian di Jepang yang menyatakan jika kopi bisa meningkatkan sirkulasi darah sebanyak 30 persen selama 75 menit.

Kondisi sirkulasi darah yang baik akan menghasilkan latihan maksimal sebab otot manusia butuh tambahan oksigen ketika berolahraga. Bahkan, konsumsi kopi juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri.

3 dari 5 halaman

Minuman Penambah Stamina

3. Teh Hijau

Teh hijau merupakan satu di antara minuman penambah stamina saat bermain bola. Selain itu, teh hijau memiliki kemampuan untuk mengontrol berat badan karena kandungan epigallocatechin gallate (EGCC) yang bisa mengoptimalkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori sehingga juga berguna dalam menurunkan berat badan.

4. Susu

Dengan kandungan karbohidrat dan protein yang ada dalam susu, dibutuhkan sebelum memulai olahraga. Pada sebuah penelitian, dari sembilan atlet sepeda menunjukkan, jika mereka lebih tahan lama di lapangan bahkan mencapai angka 50 persen.

Untuk menambah kandungan nutrisi di dalamnya, ada baiknya mengonsumsi susu dengan campuran cokelat.

4 dari 5 halaman

Minuman Penambah Stamina

5. Jus Mangga

Mengonsumsi jus mangga bisa membantu meningkatkan stamina. Sebab, di dalam 100 gram buah mangga terdapat 59,8 kalori yang mampu meningkatkan energi dalam tubuh dalam waktu cepat.

Selain itu, mangga memiliki berbagai kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan.

6. Jus Ubi Manis

Ubi manis mungkin jarang diolah jadi minuman. Padahal, ubi ini nikmat jika diolah dengan benar. Di dalam ubi manis, terkandung sekitar 85,8 kalori untuk setiap 100 gramnya.

Selain itu, ubi manis memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan. Ubi manis juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral di dalamnya.

5 dari 5 halaman

Minuman Penambah Stamina

7. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt baik sebelum bermain bola. Sebab, yoghurt bisa memberi tambahan kalori dari lemak serta memiliki kandungan probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Bahkan, selain mampu meningkatkan stamina, dengan kandungan probiotik yang cukup banyak bisa mempertajam respons kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh agar cepat pulih dari rasa lelah.

8. Purica

Minuman penambah stamina saat bermain bola yang terakhir merupakan inovasi dari anak bangsa. Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dari Fakultas MIPA dan Fakultas Ilmu Keolahragaan, membuat sebuah minuman energi yang dibuat dari bahan alami, yaitu tanaman purwaceng dan dipadukan dengan buah carica.

Tanaman purwaceng diketahui memiliki khasiat yang identik seperti ginseng, terutama untuk memberi tambahan stamina bagi tubuh.

Khasiat untuk menambah stamina ini juga berasal dari kumarin. Kumarin adalah senyawa bergapten dan iso bergapten yang berfungsi untuk meningkatkan stamina tubuh.

Sedangkan tambahan buah carica, dapat memberi asupan berbagai enzim, vitamin, dan mineral. Kandungan vitamin A carica bahkan lebih banyak dari wortel dan vitamin C-nya lebih tinggi dari jeruk. Carica juga kaya dengan vitamin B kompleks dan vitamin E.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Fakhriyan Ardyanto, Editor: Fadila Adelin. Published: 27/10/2020)

Dapatkan artikel seputar sepak bola lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer