Sukses


Cara Mudah dan Efektif Menjaga Kesehatan Ginjal

Bola.com, Jakarta - Ginjal merupakan satu di antara organ terpenting dari tubuh manusia. Selain membersihkan darah Anda, ginjal membantu mengatur tekanan darah, menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh, dan mengelola produksi vitamin D.

Jika tidak dijaga kesehatannya, Anda bisa rentan terkena berbagai penyakit terkait ginjal, seperti penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang perlu Anda hindari untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, satu di antaranya jarang minum air putih.

Ginjal yang telah mengalami masalah akan berakibat fatal kepada fungsi organ tubuh secara keseluruhan dan butuh waktu yang lama untuk mengobatinya.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, seperti mengurangi konsumsi alkohol dan melakukan aktivitas fisik.

Selain itu, agar ginjal tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari gangguan, Anda perlu mengonsumsi berbagai makanan sehat serta bernutrisi setiap saat.

Yang terpenting dalam menjaga organ dalam tubuh adalah memperhatikan pola hidup sehat serta menjauhi berbagai hal yang bisa menimbulkan penyakit.

Berikut beberapa cara mudah dan efektif menjaga kesehatan ginjal, seperti dikutip dari Healthline dan NDTV, Kamis (18/8/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mudah dan Efektif Menjaga Kesehatan Ginjal

Minum Air Putih yang Cukup

Anda mungkin sudah bosan mendengar nasihat untuk minum air putih yang cukup delapan gelas setiap harinya. Faktanya, minum air putih yang cukup setiap hari memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, termasuk kesehatan ginjal. Usahakan untuk minum air putih 1,5-2 liter setiap harinya.

Jumlah air yang Anda konsumsi bergantung dari kondisi kesehatan dan pola hidup Anda. Beberapa faktor seperti cuaca, intensitas olahraga, jenis kelamin, kondisi kesehatan keseluruhan, hamil atau tidak, menyusui atau tidak, akan menentukan jumlah air putih yang sebaiknya Anda konsumsi.

Selain itu, bagi Anda yang pernah memiliki riwayat batu ginjal, minum air putih yang cukup sangat dianjurkan.

Kendalikan Gula Darah

Orang dengan diabetes atau suatu kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda.

Namun, jika Anda dapat mengontrol gula darah, Anda mengurangi risiko kerusakan. Hal itu menyebabkan pengidap diabetes lebih rentan mengalami sakit ginjal. Maka itu, penting bagi Anda untuk mengontrol jumlah gula darah agar kondisi Anda tak makin parah.

Awasi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jika tekanan darah tinggi terjadi dengan masalah kesehatan lain, seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, dampaknya pada tubuh Anda bisa signifikan.

Tekanan darah tinggi yang terus menerus menyebabkan ginjal bekerja lembur. Pantau tekanan darah secara teratur, dan patuhi obat yang direkomendasikan yang diresepkan oleh dokter.

3 dari 4 halaman

Cara Mudah dan Efektif Menjaga Kesehatan Ginjal

Aktif Berolahraga

Berolahraga secara rutin dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal. Selain itu, berolahraga secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung yang penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Olahraga jenis apa pun bisa Anda lakukan, mulai jalan kaki, joging, bersepeda, berenang, dan sebagainya, Yang penting, usahakan untuk melakukannya rutin minimal 30 menit setiap harinya.

Kurangi Konsumsi Alkohol

Yang terbaik adalah menahan diri dari alkohol. Orang yang ingin minum alkohol lebih sering, disarankan untuk membatasi asupan satu gelas sehari untuk wanita dan satu sampai dua gelas sehari untuk pria.

Jika Anda dapat menghilangkan minuman alkohol secara total dari kehidupan sehari-hari, hal tersebut dapat membuat ginjal menjadi lebih sehat dan bekerja dengan normal.

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok mengganggu pembuluh darah di mana alirannya ke seluruh tubuh, termasuk ginjal, bisa tersendat. Merokok juga bisa meningkatkan risiko kanker. Jadi, lebih baik segera berhenti dari kebiasaan buruk satu ini.

Jika Anda kesulitan berhenti merokok, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan beberapa cara tepat yang membantu Anda terlepas dari kebiasaan merokok.

4 dari 4 halaman

Cara Mudah dan Efektif Menjaga Kesehatan Ginjal

Hindari Sembarangan Mengonsumsi Obat

Penggunaan obat tertentu, terutama obat analgetik yang tidak tepat (tidak sesuai indikasi dan dosis), dapat berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal.

Rutin mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen, misalnya untuk nyeri kepala atau nyeri sendi, juga bisa berisiko untuk kesehatan ginjal Anda.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi obat antinyeri sama sekali. Anda boleh menggunakan obat antinyeri asalkan sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Mengonsumsi Apel

Mengonsumsi apel sebagai camilan tidak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, tetapi juga bermanfaat mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan ginjal.

Apel kaya kandungan serat dan antioksidan. Keduanya membantu tubuh menurunkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, kolesterol, dan diabetes.

Penyakit diabetes akan membahayakan bagi seseorang yang memiliki masalah ginjal sehingga mengonsumsi apel secara rutin akan membantu menyehatkan ginjal.

Mengonsumsi Oats

Oat merupakan sumber makanan yang terbuat dari gandum utuh, yang mengandung banyak serat. Oats mengandung beta glukan, yang merupakan serat larut penting.

Oats makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal karena dapat membantu menurunkan risiko munculnya batu ginjal. Oats biasanya dikonsumsi saat sarapan dan dapat membantu perut untuk kenyang dengan waktu yang lama.

 

Sumber: Healthline, NDTV

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer