Sukses


Jadwal Siaran Langsung Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, 22-28 Agustus

Bola.com, Jakarta - Jadwal siaran langsung Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan bergulir. Wakil-wakil terbaik Indonesia akan berjibaku memperebutkan gelar juara di turnamen bergengsi tersebut. 

Hasil drawing Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 sudah resmi keluar. Wakil-wakil Indonesia mayoritas mendapat undian yang tidak terlalu berat. 

Drawing Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 digelar di kantor pusat BWF di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (10/8/2022). Turnamen bergengsi itu akan berlangsung pada 22-28 Agustus di Tokyo, Jepang. 

Indonesia tercatat mengirimkan 15 wakil pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis kali ini. Ganda putra mengirimkan empat wakil dan semuanya berstatus unggulan. 

Alhasil, empat wakil ganda putra Indonesia berhak mendapatkan bye dan langsung maju ke babak kedua alias 32 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Namun, tiga ganda Indonesia tergabung di satu pool, yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon, dan Fajar Alfian/Hendra Setiawan. 

Di sektor tunggal putra, Jonatan Christie mendapatkan lawan yang relatif mudah. Ginting ditantang pemain Brasil Ygor Coelho, sedangkan Jonatan akan bertemu wakil Prancis, Toma Junior Popov. 

Di sektor tunggal putri, Putri Kusuma Wardani, yang mendapatkan undangan tampil akan berjumpa pemain Malaysia, Sonia Cheah, di babak 64 besar. 

Pada sektor ganda putri, Siti Fadia Silva Ramadhanti akan bermain dengan pasangan lamanya, Ribka Sugiarto. Mereka akan berhadapan dengan ganda Chinese Taipei, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun. 

 

 

2 dari 5 halaman

Saksikan Pertandingannya

Laga-laga Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan disiarkan secara langsung di iNews dan melalui live streaming di RCTI Plus. 

Senin, 22 Agustus 2022

07.00 WIB - 19.00 WIB: Babak 32 besar

Selasa, 23 Agustus 2022

07.00 WIB - 19.00 WIB: Babak 32 Besar

Rabu, 24 Agustus 2022 

07.00 WIB - 19.00 WIB: Babak 16 besar 

Kamis, 25 Agustus 2022

09.00 WIB - 19.00 WIB: Babak 16 besar

Jumat, 26 Agustus 2022

08.00 WIB - 18.00 WIB: Perempat final

*Jadwal semifinal dan final menyusul 

3 dari 5 halaman

Tekad Fajar / Rian

Sementara itu, ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, siap berlaga di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Fajar/Rian bertekad meraih medali emas, sekaligus mempersembahkan kado perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia.

Penampilan konsisten di beberapa turnamen terakhir, dengan catatan tujuh kali final yang tiga di antaranya juara dan empat runner-up menjadi modal penting bagi Fajar/Rian mengukir prestasi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, dari 22 sampai 28 Agustus di Tokyo, Jepang.

Selain itu, kepercayaan tim pelatih yang menganggap pasangan nomor lima dunia itu adalah yang paling siap menghadapi Kejuaraan Dunia bisa menjadi motivasi tambahan.

"Persiapan sudah maksimal, tinggal menjaga kondisi saja. Latihannya sudah banyak ke teknik. Yang pasti kami mau menampilkan yang terbaik buat Indonesia, ganda putra dan semuanya," ujar Fajar.

"Ada tambahan semangat juga karena hari ini Indonesia merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke-77, semoga kami bisa memberikan kado untuk bangsa nantinya," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Asa Bangkit

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga mengungkap kunci kebangkitan mereka pada 2022. Setelah mengalami periode sulit pada awal tahun, Fajar/Rian mampu bangkit berkat perubahan pola pikir.

"Setelah kalah di All England 2022, kami mengubah pola pikir menjadi tidak berpikir target terlalu jauh, tetapi bagaimana menampilkan permainan terbaik di satu pertandingan ke pertandingan berikutnya," ungkap Fajar.

"Yang pasti kami terus kerja keras karena persaingan di ganda putra kan sangat ketat. Sesama Indonesia sudah ketat, belum lagi dari luar negeri. Jadi benar-benar fokus pada setiap pertandingan. Tidak menggebu-gebu untuk mau menang, tetapi mencoba enjoy dan mengeluarkan seluruh kemampuan," jelas Rian.

 

5 dari 5 halaman

Tiga Ganda Indonesia Tempati Pool Atas

Sebagai informasi, tiga ganda putra Merah-Putih berada di bagan atas undian Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Yaitu Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (1), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (3), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (5). Satu-satunya pasangan yang berada di bagan bawah adalah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (15).

Asisten pelatih ganda putra, Aryono Miranat, menyampaikan pendapatnya tentang hasil undian tersebut. Dia menganggap ada untung dan rugi dengan hasil undian ini.

"Kalau lihat undian tiga pasangan kita ada di bagan atas, satu di bawah. Ada menguntungkannya, ada tidak menguntungkannya. Menguntungkannya, bila bertemu, kita sudah pasti ada wakil pada babak-babak selanjutnya juga, karena semua statusnya unggulan jadi mendapat bye pada 64 besar," ujar Aryono.

"Tetapi, tidak menguntungkannya bertemu sesama pada babak-babak awal membuat rugi karena satu pasangan akan tersingkir. Ada plus-minusnya," lanjut Aryono.

Video Populer

Foto Populer